Timnas Indonesia

Daftar Pemain TC Timnas Senior Shin Tae-yong: Ada Egy Maulana Vikri

Oleh: Hendi Abdurahman - 22 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Timnas Indonesia senior asuhan Shin Tae-yong bakal TC mulai 23 Juli-8 Agustus 2020.
tirto.id - Timnas Indonesia senior asuhan Shin Tae-yong bakal menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) mulai 23 Juli-8 Agustus 2020. Sebanyak 29 pemain dipanggil, termasuk Egy Maulana Vikri.

TC timnas senior sebagai persiapan menjalani lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan digelar di Stadion Madya, Jakarta. Para pemain diagendakan berkumpul pada Kamis (23/7).

Guna mematuhi protokol kesehatan lantaran pandemi COVID-19 yang belum mereda, seluruh pemain akan mengikuti tes swab pada Jumat (24/7). Sehari kemudian, Sabtu (25/7) para pemain akan memulai latihan perdana.

Kendati dipastikan gagal melaju ke babak berikutnya, Timnas Indonesia tetap mengusung hasil maksimal. Sebagaimana yang dicanangkan Ketua Umum PSSI, Moch. Iriawan, hal itu dimaksudkan agar posisi Merah Putih di ranking FIFA membaik.

Dilansir laman FIFA.com, per tanggal 16 Juli 2020 posisi Indonesia berada di peringkat 173 dengan poin 964.

Posisi dan poin Indonesia sama dengan Kamboja. Sementara negara-negara Asia Tenggara lain seperti Singapura, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam berada di atas Garuda.

Panggil Para Debutan

Di antara para pemain langganan timnas, pelatih Shin Tae-yong memanggil beberapa debutan. Mereka yakni Arif Satria (Persebaya), Miswar Saputra (PSM Makassar), I Kadek Agung (Bali United), Deka Muhammad Toha (ASAD 313), Erlangga Setyo Dwi Saputra (Persib), Elkan Baggot (Ipswich Town), hingga Kushedya Hari Yudo (Arema FC).

Hari Yudo, misalnya, mengaku senang mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia untuk kali pertama. Di lini depan, eks PSS Sleman itu akan bersaing dengan nama-nama seperti Irfan Bachdim, Dendy Sulistyawan, hingga Ilija Spasojevic.

“Alhamdulillah sangat bersyukur akhirnya dapat panggilan Timnas Indonesia, ini adalah impian saya sejak kecil. Dan saya tidak akan menia-nyiakan kesempatan ini. Semoga saya dapat menembuat skuad utama Timnas Indonesia,” ucapnya.



Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2020

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang semestinya digelar Maret dan Juni digeser menjadi Oktober dan November 2020. Konfederasi sepak bola Asia, AFC, akan menggelar laga matchday ketujuh pada 8 Oktober 2020 sedangkan matchday delapan dihelat 13 Oktober 2020. Adapun matchday 9 dan 10 berlangsung pada 12 dan 17 November 2020.

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada 8 Oktober, disusul melawan Uni Emirat Arab (UEA) lima hari berselang. Pada pertandingan pemungkas, anak asuh Shin Tae-yong akan menghadapi Vietnam pada 12 November 2020.

“Keputusan akhir telah diambil dengan tujuan untuk menyelesaikan kualifikasi pada 2 November 2020, dan memainkan putaran final kualifikasi. Begitu pula dengan babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang harus selesai sebelum Maret 2021 disesuaikan dengan kalender FIFA,” tulis pernyataan AFC.

Matchday 7, 8 Oktober 2020
Thailand vs Indonesia

Matchday 8, 13 Oktober 2020
Indonesia vs Uni Emirat Arab

Matchday 9, 12 November 2020
Vietnam vs Indonesia

Daftar 29 Pemain yang Dipanggil

Bagas Adi Nugroho (Arema FC)
Johan Alfarizie (Arema FC)
Hendro Siswanto (Arema FC)
M. Rafli (Arema FC)
Kushedya Hari Yudo (Arema FC)
Nadeo Argawinata (Bali United)
I Kadek Agung (Bali United)
Ilija Spasojevic (Bali United)
M. Riyandi (Barito Putera)
Adam Alis (Bhayangkara FC)
Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC)
Egy Maulana Vikri (Lechia Gdanks)
Fachruddin (Madura United)
Asep Berlian (Madura United)
Zulfiandi (Madura United)
Rivky Mokodompit (Persebaya)
Koko Ari Araya (Persebaya)
Rachmat Irianto (Persebaya)
Arif Satria (Persebaya)
Febri Hariyadi (Persib)
Ryuji Utomo (Persija)
Evan Dimas (Persija)
Osvaldo Haay (Persija)
Miswar Saputra (PSM)
Asnawi Mangkualam (PSM)
Yakob Sayuri (PSM)
M. Arfan (PSM)
Irfan Bachdim (PSS)
Andy Setyo (TIRA-Persikabo)

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight