Mutasi Polri Terbaru September 2023: Ada Nama-Nama Jenderal

Kontributor: Balqis Fallahnda, tirto.id - 29 Sep 2023 09:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Daftar mutasi Polri terbaru September 2023, ada beberapa nama-nama jenderal.
tirto.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mutasi 60 personel Polri yang terdiri dari perwira tinggi atau pati dan perwira menengah atau pamen pada Selasa, 26 September 2023.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram dengan nomor ST/2163/IX/KEP./2023 dan ST/2164/IX/KEP./2023 tanggal 26 September 2023.

“Total 60 personel yang mutasi,” kata Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Dedi Prasetyo dikutip laman Humas Polri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan, mutasi adalah hal lumrah yang terjadi di tubuh Polri, ini dilakukan sebagai bagian dari perjalanan tugas para personel Polri.

Selain itu, mutasi atau perpindahan tugas juga diharapkan dapat membawa pembaharuan di tubuh Polri.

“Mutasi dan rotasi di tubuh Polri adalah hal biasa merupakan bagian tour of duty dan penyegaran organisasi,” kata Ahmad Ramadhan.

Daftar Mutasi Polri 26 September 2023

Di antara 60 personel Polri yang mengalami mutasi itu, ada sejumlah jabatan tinggi tingkat daerah yang akan mengalami pergantian yaitu Kapolda Aceh, Wakapolda Aceh, dan Wakapolda NTT. Ketiga pimpinan wilayah itu dimutasi karena memasuki masa pensiun.

Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar digantikan oleh Irjen Achmad Kartiko yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri dan ditugaskan sebagai Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI.

Wakapolda Aceh Brigjen Syamsul Bahri digantikan oleh Kombes Pol Armia Fahmi. Sementara, Wakapolda NTT Brigjen Heri Sulistianto digantikan Brigjen Awi Setiyono yang sebelumnya menjabat sebagai wakil gubernur Akademi Kepolisian (Akpol).

Antara News melaporkan, dari daftar mutasi itu, ada sejumlah personel Polri yang mendapatkan promosi, yang meliputi:
  • Satu personel berpangkat inspektur jenderal polisi (irjen);
  • Satu personel berpangkat brigadir jenderal (brigjen);
  • Lima personel berpangkat komisaris besar polisi (kombes);
  • Satu personel berpangkat AKBP;
  • Dua personel jabatan kapolres golongan IIB;
  • Empat personel jabatan kapolres golongan IIIA2.
Sedangkan terdapat 25 personel yang masuk masa pensiun, 13 personel dimutasi karena penugasan khusus, tiga personel selesai penugasan khusus, dan dua personel dalam rangka evaluasi jabatan.


Baca juga artikel terkait MUTASI POLRI 2023 atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight