CPNS 2021

Daftar Instansi yang Sediakan Swab Antigen Gratis Peserta CPNS/PPPK

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 9 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
Daftar instansi yang gelar tes swab antigen gratis untuk peserta Ujian SKD CPNS/PPPK 2021.
tirto.id - Sejumlah instansi pemerintah di Indonesia memberikan pelayanan swab antigen secara gratis untuk para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021.

Upaya menggratiskan biaya swab antigen tersebut adalah untuk memperlancar pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan CPNS dan PPPK 2021 serta mencegah terjadinya penyebaran kasus COVID-19.

Beberapa instansi yang memberikan pelayanan swab antigen untuk peserta ujian SKD CPNS dan PPPK 2021 adalah Pemkab Pasuruan, Pemkot Lubuklinggau, Pemkab dan Pemkot Kediri, Pemkot Mojokerto, Pwmkab Bojonegoro, dan Pemkab Blora.

Pemkab Pasuruan

Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggratiskan biaya swab antigen gratis bagi ribuan peserta Tes CPNS dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) tahun 2021.

Penggratisan biaya swab antigen ini berlaku untuk seluruh pelamar yang dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi dan akan mengikuti SKD (seleksi kompetensi dasar).

Adapun pengambilan sample swab dilakukan di puskesmas terdekat pada jam kerja di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, penggratisan biaya swab antigen dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1092, sehingga para peserta tak perlu merogoh kocek untuk membayar biaya swab antigen.

"Sesuai intruksi Bupati Pasuruan bahwasanya semua pelamar yang lolos seleksi administrasi dan akan ikut ujian atau seleksi kompetensi dasar, swab antigen digratiskan semuanya," kata Anang, saat ditemui di ruangannya, Kamis (02/09/2021), seperti dilansir dari laman resmi bkppd.pasuruankab.go.id.

Syarat Swab Gratis

1. Membawa KTP Domisili Kab. Pasuruan

2. Kartu Peserta Ujian SKD 2021

3. Pelamar yang belum mendapatkan vaksin dosis 1 dan dapat mendaftarkan diri dan melakukan vaksinasi maksimal 7 hari sebelum ujian

4. Swab antigen dilakukan 1 hari sebelum ujian.

Pemkot Lubuklinggau

Wali Kota Lubuklinggau, H S.N. Prana Putra Sohe menjelaskan bahwa swab antigen akan digratiskan untuk peserta CPNS 2021 saja. Namun, swab antigen tidak digratiskan untuk peserta PPPK 2021, lantaran pelaksanannya tidak di bawah pihak Pemkot Kota Lubaklinggu.

Sementara, untuk tempat pelaksanaan swab antigen di Kota Lubaklinggu akan diadakan di Pukesmas terdekat sesuai dengan domisili masing-masing peserta.

“Ya untuk CPNS itu, kita gratiskan, nanti akan kita lakukan di puskesmas masing-masing wilayah. Jadi, silakan yang wilayah terdekat dengan domisili masing-masing minta vaksinasi di sana ya. Jadi untuk CPNS ini. Karena, untuk PPPK ini kan pelaksanaannya bukan Pemkot”, pungkas Wali Kota Lubaklinggu.

Pemkab Kediri

Peserta SKD Calon ASN Kabupaten Kediri bisa mendapatkan fasilitas gratis layanan Swab Antigen untuk mengikuti ujian SKD di seluruh puskesmas pada H-1 jadwal SKD.

Syarat Swab

1. Menyerahkan fotokopi KTP dan menunjukkan Kartu Peserta Ujian

2. Swab gratis hanya berlaku periode 7-10 September 2021.

Pemkot Kediri

Pemkot Kediri menyediakan fasilitas swab antigen gratis bagi peserta SKD CASN 2021 Kota Kediri. Selain itu, bagi peserta yang belum vaksin juga akan difasilitasi mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

Swab antigen dilakukan tanggal 14,15,16 September 2021 di seluruh puskesmas di Kota Kediri dan RSUD Gambiran.

Bagi pelamar PPPK Guru, pelaksanaan swab antigen menyesuaikan dengan jadwal SKD.

Peserta cukup membawa KTP Kota Kediri dan Kartu Peserta Ujian. Untuk informasi terkait jadwal swab antigen, silakan dicek di Instagram @pemkotkediri.

Pemkot Mojokerto

Peserta ujian SKD CPNS Kota Mojokerto 2021 bisa mendapatkan fasilitas swab antigen gratis dengan syarat memiliki KTP Kota Mojokerto dan kartu peserta ujian SKD.

Rapid antigen gratis dilaksanakan di puskemas wilayah masing-masing h-1 jadwal SKD. Sementara itu, bagi yang belum mendapatkan vaksin dosis 1, dilaksanakan pada 25 September 2021.

Pemkab Bojonegoro

Peserta ujian SKD CPNS dan PPPK Kabupaten Mojokerto 2021 bisa mendapatkan layanan swab antigen gratis.

Syarat Swab Gratis

1. KTP Domisili Kabupaten Bojonegoro

2. Kartu Peserta Ujian SKD 2021

Adapun lokasi pengambilan Swab antigen yaitu di puskesmas-puskesmas terdekat di wilayah Bojonegoro.

Pemkab Blora

Layanan rapid antigen gratis dibuka khusus untuk peserta seleksi CPNS dan PPPK 2021 Kabupaten Blora.

Pendaftaran dapat dilakukan sejak tanggal ujian diumumkan sampai H-2 tanggal ujian masing-masing peserta ya ! Untuk pelaksanaan rapid antigen dilaksanakan H-1 tanggal ujian.

Link pendaftaran Rapid Antigen CPNS/PPPK UPTD Puskesmas Menden: https://bit.ly/daftar_antigenCASN21

Rapid antigen gratis berlaku peserta ujian atau yang mendaftar di Kabupaten Blora dan peserta asal Kabupaten Blora yang ujian di luar Kab. Blora.

Pelaksanaan swab setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00 - 11.00 WIB dengan membawa fotokopi KTP dan fotokopi kartu ujian CPNS/PPPK.


Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight