Daftar Harga Bahan Pokok yang Mulai Naik Jelang Ramadan 2018

Oleh: Mohammad Bernie - 7 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Harga ayam potong sudah mencapai Rp40 ribu per ekor.
tirto.id - Harga sejumlah kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional mulai merangkak naik menjelang Ramadan 2018. Beberapa di antaranya bahkan diprediksi akan meningkat hingga memasuki masa Lebaran.

1. Ayam Potong

Salah satu yang paling menonjol adalah kenaikan harga ayam. Sudarti (42 tahun), salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Warung Buncit, mengatakan, hari ini harga ayam sudah mencapai Rp40 ribu per ekor, padahal seminggu lalu harganya masih berada Rp35 ribu per ekor. Keterbatasan stok di level grosir menjadi penyebab kenaikan harga ini.

"Kayaknya naik terus sampai Ramadan nanti, biasanya juga naik terus sampai Lebaran," kata Sudarti di lapaknya, Senin (7/5/2018).

Hal senada pun dikeluhkan oleh Suyatmi (55 tahun). Pemilik salah satu lapak di Pasar Mampang Prapatan Jakarta Selatan ini mengatakan, kini harga ayam telah mencapai Rp29 ribu/kg.

Wanita yang sudah berjualan ayam potong sejak tahun 1977 ini memperkirakan harga ayam masih akan menanjak hingga Rp30 ribu/kg dan akan stabil hingga Lebaran. Meski begitu, ia berharap harga ayam tidak naik lagi ke depannya.

"Kalau naik lagi kita yang jual bingung, mas. Naik seribu aja langganan ngeluh," kata Suyatmi.

2. Telur Ayam

Kenaikan juga terjadi pada telur ayam. Seminggu lalu harga telur ayam masih berkisar di angka Rp 21 ribu/kg. Sementara hari ini harganya sudah mencapai Rp26 ribu hingga Rp28 ribu per kilogram.

Menurut Dwi (40 tahun), salah seorang pedagang bahan-bahan kebutuhan pokok di Pasar Mampang Prapatan, harga telur diperkirakan akan terus menanjak sampai lebaran sampai harga Rp30 ribu/kg.

"Dari sekarang udah mulai naik terus," kata Dwi di Pasar Mampang Prapatan, Senin (7/5/2018).

3. Bawang Merah

Kenaikan harga pun terjadi pada bawang merah. Menurut penuturan Sarti (55 tahun), salah seorang pedagang sayur di pasar Warung Buncit, saat ini ia menjual bawang merah dengan harga Rp 35 ribu/kg untuk yang masih berkulit, dan 40 ribu/kg untuk yang sudah dikupas. Sebelumnya ia menjual bawang merah dengan harga Rp25 ribu/kg.

Seorang pedagang sayuran di Pasar Mampang Prapatan, Sukartini (69 tahun) pun sama. Beberapa waktu sebelumnya harga bawang merah masih berkisar di angka Rp20 ribu/kg. Kini harganya melonjak mencapai Rp35 ribu/kg.

Meski begitu, menurutnya, kenaikan harga bawang dan hasil bumi lain bukan dipengaruhi oleh Ramadan atau hari raya, melainkan dipengaruhi kondisi panen di level petani.

"Kalau sayuran bukan masalah Ramadan atau Lebaran tapi tergantung hasil buminya," kata Sukartini di lapaknya di Pasar Mampang Praparan, Senin (7/5/2018).

4. Harga Beras Stabil

Kabar baik datang dari beras. Menurut penuturan sejumlah pedagang hingga saat ini harga beras masih cukup stabil di level harga Rp8 ribu/liter untuk beras kualitas sedang, hingga Rp14 ribu/liter untuk beras kualitas baik.

"Beras sempat naik sekarang sudah normal lagi [...] pokoknya kalau tahun baru pasti naik, tapi kalau Ramadan biasanya sih [harga] normal," kata Iwan (24 tahun) salah seorang pedagang sembako di Pasar Mampang Prapatan (07/05/2018).

5. Daging Sapi

Selain itu, Badrudin (55 tahun), pedagang daging sapi di Pasar Mampang Prapatan mengatakan harga daging sapi saat ini sudah mencapai harga Rp110 ribu/kg.

Namun, ia tidak bisa memperkirakan saat mendekati Ramadan harga akan naik atau stabil. Pasalnya, harga daging tergantung pada suplai di level grosir. Meski begitu, Badrudin mengatakan harga daging akan menyentuh harga Rp120 ribu/kg.

"Paling mahal daging 12 [Rp 120 ribu/kg] tapi belum bisa diprediksi. Kalau daging banyak, murah. Enggak monoton," ungkapnya.


Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight