Daftar Film Terbaik Oscar Tahun 2010 hingga 2020

Oleh: Dede Mudopar - 24 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Daftar film terbaik dalam ajang Oscar dari tahun 2010 hingga 2020, The Hurt Locker hingga Parasite.
tirto.id - Gelaran penghargaan bergengsi Academy Awards akan segera dilaksanakan pada 25 April 2021 waktu setempat dan bertempat di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, California.

Ajang penghargaan yang diawasi oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) itu, tahun ini telah merilis nominasi dalam berbagai kategorinya. Kategori yang kerap jadi sorotan yaitu The Academy Award for Best Picture atau film terbaik dalam ajang Piala Oscar tersebut.

Pada gelaran yang ke-93 ini, terdapat 8 film yang masuk nominasi Film Terbaik salah satunya yaitu film Nomadland. Peraih film terbaik dalam Golden Globe 2021 ini bersaing dengan tujuh film lainnya di antaranya The Father, Judas and the Black Messiah, Mank, Minari, Promising Young Woman, Sound of Metal dan film The Trial of the Chicago 7.

Dikutip dari Variety, pada nominasi ini nampaknya Oscar akan membuat sejarah dengan masuknya perempuan dan orang kulit berwarna dalam mendapatkan pengakuan di ajang penghargaan tahunan tersebut.

Dari tahun ke tahun, pemenang kategori film terbaik dalam ajang Oscar kadang memberikan kejutan. Tahun lalu, secara mengejutkan film Parasite karya Bong Joon-ho keluar sebagai juara.

Bukan cuma itu, Joon-hoo juga berhasil meraih gelar sutradara terbaik dalam ajang tersebut menyingkirkan nama-nama besar seperti Sam Mendes (1917), Todd Phillips (Joker) Martin Scorsese (The Irishman) dan Quentin Tarantino (Once Upon a Time in Hollywood).

Berikut adalah film terbaik dalam ajang Oscar dari tahun 2010 hingga 2020:

The Hurt Locker

Film karya Kathryn Bigelow ini menjadi pemenang piala Oscar kategori film terbaik pada tahun 2010. Film drama perang Irak itu menghadirkan Jeremy Renner, Anthony Mackie dan Brian Geraghty.

The King's Speech

Dalam ajang Oscar 2011, The King's Speech meraih piala kategori film terbaik. Film yang disutradarai oleh Tom Hooper ini menghadirkan Colin Firth, Geoffrey Rush dan Helena Bonham Carter.

Film drama biografi sejarah yang bercerita tentang King George VI ini berhasil meraup penghasilan sebesar 427 juta dolar AS dari pemutarannya secara Global.

The Artist

Di tahun 2012, giliran film The Artist yang menyabet penghargaan Oscar untuk kategori Best Picture. Film hitam putih di bawah arahan Michel Hazanavicius ini mampu menyingkirkan film lainnya dalam kategori tersebut seperti The Descendants, Extremely Loud and Incredibly Close, The Help, Hugo, Midnight in Paris, Moneyball, The Tree of Life, dan War Horse.

Argo

Dalam ajang Academy Awards 2013 kategori film terbaik diraih oleh film Argo. Film yang menceritakan tentang orang-orang Amerika Serikat yang berusaha keluar dari Iran ini mampu meraup 232 dolar AS dari pemutarannya secara global. Film ini disutradarai dan dibintangi oleh Ben Affleck serta menghadirkan Bryan Cranston dan John Goodman.

12 Years a Slave

Di tahun 2014, Piala Oscar kategori best picture diraih oleh 12 Years a Slave. Film tentang sejarah kelam masa perbudakan di Amerika Serikat itu mampu menggeser pesaingnya yaitu American Hustle, Captain Phillips, Dallas Buyers Club, Gravity, Her, Nebraska, Philomena, dan The Wolf of Wall Street.

Birdman

Birdman menjadi film terbaik dalam ajang Oscar 2015. Film yang disutradarai oleh Alejandro Gonzalez Inarritu itu dibintangi oleh Michael Keaton, Zach Galifianakis, Edward Norton hingga Naomi Watts.

Spotlight

Spotlight bercerita tentang bagaimana awak media dalam mengungkap skandal pelecehan seksual anak yang ditutup-tutupi di dalam lembaga agama.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini dibintangi oleh Mark Ruffalo, Michael Keaton dan Rachel McAdams serta disutradarai oleh Tom McCarthy. Film ini berhasil meraih best picture dalam ajang Oscar 2016.

Moonlight

Dalam ajang Oscar 2017, secara mengejutkan film Moonlight berhasil meraih film terbaik. Film yang bercerita tentang seorang pemuda Afro Amerika yang bergumul dengan identitas dan seksualitasnya itu disutradarai oleh Barry Jenkins. Film ini dibintangi oleh Mahershala Ali, Naomie Harris dan Trevante Rhodes.

The Shape of Water

Di tahun 2018, giliran film karya Guillermo del Toro yang meraih film terbaik dalam ajang Oscar melalui filmnya yang berjudul The Shape of Water.

Film drama fantasi tersebut dibintangi oleh Sally Hawkins, Octavia Spencer dan Michael Shannon. Film ini bercerita tentang kisah cinta antara seorang perempuan dengan makhluk yang disebut amfibia-humanoid pada sebuah tempat penelitan.

Green Book

Film yang dibintangi oleh Viggo Mortensen dan Mahershala Ali itu berhasil meraih piala Oscar sebagai film terbaik pada 2019.

Film yang mengangkat tema rasisme di Amerika Serikat itu disutradarai oleh Peter Farrelly. Dari pemutarannya di seluruh dunia, Green Book mampu meraup penghasilan sebesar 321 juta dolar AS.

Parasite

Dalam ajang Academy Awards ke-92 film Parasite berhasil meraih sebagai film terbaik. Film Korea Selatan yang digarap oleh Bong Joon Ho mampu menorehkan sejarah dengan memborong tiga penghargaan lainnya seperti Original Screenolay, International Feature Film dan Directing.

Film yang mengangkat tentang kesenjangan sosial di Negeri Ginseng itu dibintangi oleh Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik dan Park So-dam. Dari pemutarannya secara global, Parasite mampu meraup penghasilan sebesar 258 juta dolar AS.


Baca juga artikel terkait PIALA OSCAR 2021 atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dede Mudopar
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight