Oscar 2021: Sinopsis Film Nominasi Best Picture, Minari hingga Mank

Oleh: Maria Ulfa - 23 April 2021
Dibaca Normal 3 menit
Berikut ini adalah sinopsis lengkap dari film nominasi Best Picture, termasuk Mank hingga Minari.
tirto.id - Ajang Academy Awards ke-93 atau Piala Oscar 2021 akan digelar 25 April 2021 (waktu setempat). Mereka juga telah mengumumkan daftar nominasi untuk sejumlah kategori, termasuk Film Terbaik atau Best Picture.

Adapun, sejumlah nominee untuk kategori Film Terbaik Oscar 2021 adalah The Father, Judas and the Black Messiah, Mank, Minari, Nomadland, Promising Young Woman, Sound of Metal dan The Trial of the Chicago 7.

Berikut ini adalah sinopsis lengkap dari film nominasi Best Picture Piala Oscar 2021.

1. The Father

The Father adalah film bergenre drama yang pertama kali diputar di Festival Film Sundance pada 22 Januari 2020.

Film ini disutradarai oleh Florian Zeller dan ia juga turut menulis naskah bersama Christopher Hampton.

Pemeran yang membintangi film ini antara lain Anthony Hopkins, Olivia Colman, Mark Gatiss, Imogen Poots, Rufus Sewell, dan Olivia Williams.

Film ini berkisah tentang seorang lelaki yang sudah lanjut usia bernama Anthony (Anthony Hopkins). Ia tinggal seorang diri di salah satu apartemen di kota London.

Putrinya, Anne (Olivia Colman), sudah beberapa kali menyewa perawat untuk merawat dan menemani ayahnya.

Namun Anthony selalu menolak dengan berbagai alasan. Anthony bersikeras bahwa ia bisa merawat dirinya sendiri.

2. Judas and the Black Messiah

Film yang dirilis oleh Warner Bros itu mengangkat cerita hidup tokoh aktivis kulit hitam Amerika Serikat Fred Hampton yang diperankan oleh Daniel Kaluuya.

Semasa hidupnya Fred Hampton pernah menjadi ketua Black Panther Party wilayah Illinois, organisasi politik yang didirikan Bobby Seale pada 1966.

Langkah aktivisme Hampton menarik FBI untuk menyelidikinya. Sosok Fred Hampton serta gerakan aktivisnya pernah muncul dalam film The Trial of the Chicago 7.

Selain menghadirkan Daniel Kaluuya sebagai Fred Hampton, film ini juga dibintangi oleh Martin Sheen yang berperan sebagai Direktur FBI J. Edgar Hoover.

Penggarapan naskah film ini Shaka King menggaet Will Berson. Sedangkan di kursi produser diduduki oleh Ryan Coogler.

3. Mank

Film Mank menandakan momen kembalinya sutradara ternama David Fincher.

Berbagai selebritas ternama pun ikut memeriahkan film ini, termasuk Gary Oldman, Amanda Seyfried, Lily Collins, Arliss Howard, Tom Burke, Tom Pelphrey.

Selanjutnya, Sam Troughton, Ferdinand Kingsley, Tuppence Middleton, Joseph Cross, Jamie McShane, Toby Leonard Moore, Monika Gossman, dan Charles Dance.

Berlatar belakang tahun 1930an, industri Hollywood dievaluasi ulang melalui sudut pandang seorang kritikus sosial yang pedas sekaligus penulis naskah yang alkoholik bernama Herman J. Mankiewicz (Gary Oldman).

Ceritanya tentang Herman yang berlomba untuk menyelesaikan naskah Citizen Kane untuk Orson Welles (Tom Burke).

4. Minari

Film Minari mengambil latar waktu tahun 1980 yang terinspirasi dari kisah hidup sang sutradara, yakni Lee Isaac Chung, pada masa kecilnya.

Film berdurasi 115 menit ini mengangkat cerita perjuangan keluarga imigran Korea Selatan dalam mengejar impian di Amerika Serikat.

Kisahnya terpusat pada keluarga pasangan Jacob Yi (Steven Yeun) dan Monica Yi (Han Yeri). Jacob dan Monica merupakan pasangan dengan karakter berkebalikan.

Jacob memiliki sifat ambisius, sedangkan Monica kerap skeptis. Demi mewujudkan mimpi Amerika-nya, Jacob memindahkan keluarganya dari California ke wilayah perdesaan di Arkansas.

Di Arkansas, Jacob beserta Monica dan 2 anaknya memulai hidup baru. Bertani menjadi pilihan Jacob untuk menafkahi keluarga.

Jalan yang mereka hadapi di Arkansas tidaklah mulus. Menanam dan menjual buah-buahan serta sayur-sayuran Korea di atas lahan seluas 50 hektar, adalah perkara yang tidak mudah.

5. Nomadland

Film ini diperankan oleh Frances McDormand, David Strathairn, Linda May, dan Swankie.

Ceritanya mengenai Fern (Frances McDormand) yang berduka karena merasa hidupnya benar-benar berada di titik terendah, apalagi sejak suaminya meninggal dunia.

Fern kehilangan pekerjaannya setelah pabrik Gypsum AS di Empire, Nevada ditutup. Dia bekerja di sana selama bertahun-tahun bersama suaminya yang baru saja meninggal.

Fern memutuskan untuk menjual sebagian besar barang miliknya dan membeli mobil van. Dia memutuskan untuk meninggalkan kota tersebut, demi mendapatkan kehidupan baru yang lebih indah.

Dia ingin berkeliling negara untuk mencari pekerjaan baru. Salah satunya, menjajal pekerjaan musiman di gudang pemenuhan Amazon selama musim dingin.

6. Promising Young Woman

Film Promising Young Woman dibintangi oleh Cassandra Thomas alias Cassie.

Di awal film, Anda dapat melihat Cassie yang terlihat setengah sadar dan berdiri sendirian di tengah sebuah klub malam.

Salah seorang pria pengunjung klub bernama Jerry (Adam Brody) yang melihat Cassie sempoyongan pun berniat untuk mengantarkannya pulang.

Namun ternyata Jerry tidak membawa Cassie ke rumahnya, melainkan ke tempat tinggal Jerry.

Di sana, Jerry memberikan sebuah minuman kepada Cassie yang membuatnya tidak lagi bertenaga.

Jerry pun berusaha memperkosa Cassie yang berkali-kali memintanya untuk berhenti. Tiba-tiba Cassie tampak segar bugar dan tidak mabuk.

Ternyata itu merupakan taktik yang Cassie lakukan untuk menjebak para pria predator seksual.

7. Sound of Metal

Film ini menceritakan Ruben (diperankah Riz Ahmed), seorang drumer heavy metal yang mengiringi pacarnya Lou (Olivia Cooke). Namun pendengarannya menghilang secara drastis.

Pada pertemuan pertamanya dengan seorang dokter, dia diberi tahu bahwa dia kehilangan 80-90 persen pendengarannya. Namun Ruben percaya telinganya masih bisa dioperasi. Semuanya akan baik-baik saja.

Namun, Lou tahu ada masalah lain yang perlu dipertimbangkan. Lou mengerti Ruben adalah seorang pecandu yang sedang direhabilitasi.

Di sisi lain, Ruben akan terancam kehilangan keahliannya bermain drum karena masalah pendengarannya. Lou membawa Ruben ke tempat seorang pria bernama Joe (Paul Raci).

Joe memberi tahu sang drumer bahwa ini bukan tempat untuk menyembuhkan tulinya, melainkan tempat yang akan mengajarinya bagaimana hidup dengan ketulian.

8. The Trial of the Chicago 7

Perang Amerika Serikat (AS) dan Vietnam yang terlah terjadi bertahun-tahun memunculkan gelombang protes di AS.

Banyak yang tidak setuju akan perang tersebut karena melanggar HAM dan pengiriman para tentara ke medan perang.

Tahun 1968, Partai Demokrat akan menyelenggarakan konferensi nasional di Chicago. Momen itu menjadi kesempatan para aktivis untuk menggelar aksi.

Tom Hayden (Eddie Redmayne) dari koalisi masyarakat demokrasi dan militan Yippies dalam arahan Abbie Hoffman (Sacha Baron Cohen) dan Jerry Rubin (Jeremy Strong) memimpin ribuan massa aksi.

Awalnya mereka menggelar aksi dengan damai. Namun keadaan berubah seiring berjalannya waktu. Terjadi bentrokan antara polisi dan massa aksi.

Akibat bentrokan itu, pihak keamanan menangkap tujuh orang. Pihak keamanan menuduh tujuh orang itu menjalankan konspirasi dari oposisi pemerintah.

Film yang disutradarai Aaron Sorkin ini juga dibintangi Alex Sharp John Carroll Lynch, Mark Rylance, Joseph Gordon-Levitt, dan Ben Shenkman.


Baca juga artikel terkait OSCAR 2021 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight