Daftar Film Indonesia yang Rilis Saat Hari Valentine 14 Februari

Oleh: Sirojul Khafid - 12 Februari 2019
Dibaca Normal 3 menit
Ada 3 film Indonesia yang akan rilis tepat di hari Valentine, yaitu Antologi Rasa, Calon Bini dan Kain Kafan Hitam.
tirto.id - Pekan ini, tepatnya pada tanggal 14 Februari atau Hari Valentine, ada tiga film Indonesia yang akan rilis.

Mulai dari film adaptasi novel laris Ika Natassa yang dibintangi Michelle Ziudith dengan Rizky Nazar hingga film horor karya sutradara Yudhistira Bayuadjie. Berikut adalah daftar dan sinopsisnya:

Antologi Rasa

Antologi Rasa, film yang diangkat dari novel laris Ika Natassa dengan judul yang sama, digarap oleh sutradara Rizal Mantovani.

Film ini bercerita tentang persahabatan yang lama-kelamaan menjadi cinta. Perubahan tersebut bisa terjadi sejak awal-awal berteman atau datang seiring lamanya mengenal.

Tapi yang pasti, perasaan itu sudah tidak murni rasa sayang persahabatan. Mereka adalah para banker bernama Haris (Herjunot Ali), Keara (Carissa Perusset), Ruly (Refal Hady), dan Denise (Atikah Suhaime).

Hubungan empat sahabat itu kira-kira seperti ini, Harris cinta mati pada Keara, Keara yang percaya Ruly adalah belahan jiwanya, Ruly yang hatinya telah terpatri pada Denise, dan Denise yang telah menikah pada orang lain. Agak rumit memang, tapi begitulah adanya. Bisa jadi anda juga pernah mengalami.

Terkadang, masalah yang paling sering muncul adalah takut mengutarakan perasaan yang sebenarnya.

Alasannya bermacam-macam, salah satunya khawatir apabila menyatakan cinta, dan sahabat kita tidak balik mencintai kita, hubungan akan menjadi renggang.

Jadi ada semacam rumus, menyatakan cinta kepada sahabat berpotensi mendapat perasaan cinta lebih atau hilang sama sekali.

Tidak hanya menonjolkan kisah persahabatan dan percintaan, dalam trailer juga menampilkan sudut-sudut kota modern, salah satunya di Singapura.

Tidak hanya memberikan suasana kota, film ini juga memberikan unsur alam yang menarik, seperti air terjun, pantai serta pegunungan.

Selain empat pemain di atas, akan bermain juga Angel Pieters sebagai Dinda.

Ferry Lesmana dan Donny Dhirgantoro bertindak sebagai penulis naskah. Antologi rasa berada dalam naungan studio produksi Soraya Intercine Films.

Sejak trailer diunggah di akun YouTube officialnya pada 12 Januari lalu, video tersebut sudah tayang lebih dari 780.000 kali.

Di akhir trailer, Haris menutupnya dengan berkata bahwa, “Kalau dia bikin lo ketawa, itu tandanya lo suka sama dia. Kalau dia bikin lo nangis, itu tandanya lo cinta sama dia.”

Calon Bini

Calon Bini, film yang berkisah tentang cita-cita, harta, ego dan cinta dibintangi oleh Michelle Ziudith dan Rizky Nazar.

Cerita berawal dari ambisi paman Ningsih (Michelle Ziudith) yang ingin menjadi kepala desa. Agar niatnya lancar, Ningsih dipaksa menikahi Sapto (Dian Sidik), anak orang kaya dan terpandang di kampung.

Persiapan pernikahan digelar. Sehari sebelum acara pernikahan, Ningsih kabur ke Jakarta. Selain tidak mau menikah dengan Sapto, dia juga masih ingin mengejar cita-citanya, salah satu caranya dengan kuliah. Sapto stres bukan kepalang. Seluruh warga kampung pun gempar.

Selama perjalanan ke Jakarta, Ningsih semakin membulatkan tekadnya mengejar cita-cita. Ningsih bekerja di Jakarta sebagai pembantu di keluarga besar Oma (Niniek L Karim).

Oma dan menantunya tidak begitu harmonis. Namun cucu Oma, Satria Bagus (Rizky Nazar), menjadi penawarnya. Oma dan Satria sangat akrab.

Sayangnya Satria harus kuliah di London. Kesedihan Oma tertutupi dengan datangnya Ningsih.

Keseharian Ningsih yang ceria dan baik, membuat Oma merasa nyaman. Bahkan ada rencana menjodohkan Ningsih dengan Satria. Tentu hal itu tidak disetujui oleh orang tua Satria.

Tersebab suatu hal, Ningsih harus kembali ke kampung. Dia akan berhadapan lagi dengan Sapto dan pamannya.

Satria yang sudah pulang, diberi amanat oleh Oma untuk menjemput Ningsih di kampung. Banyak masalah yang perlu dipecahkan oleh Ningsih dalam hal cita-cita, ego keluarga, serta cinta yang semakin bertumbuh terhadap Satria.

Dalam film ini, sebagian percakapan akan menggunakan bahasa Jawa, terutama pada setting tempat di kampung.

Selain pemain di atas, Calon Bini akan menampilkan Slamet Rahardjo, Minati Atmanegara, Cut Mini, Butet Kertaradjasa, Ramzi dan Maya Wulan.

Asep Kusdinar bertindak sebagai sutradara, sementara Titien Wattimena dan Novia Faizal sebagai penulis naskah.

Calon Bini berada dalam naungan studio produksi Screenplay Films. Sejak trailer diunggah di akun YouTube officialnya pada 9 Januari lalu, video tersebut sudah tayang lebih dari dua juta kali.

Kain Kafan Hitam

Kain Kafan Hitam merupakan film horor karya sutradara Yudhistira Bayuadjie dan Maxime Bouttier.

Film ini bercerita tentang Evelyn (Haico Van Der Veken) yang sedang menjalani masa-masa kuliah. Dia memiliki dua adik bernama Arya (Rayhan Cornellis) dan Maya (Jessica Lucyana Taroreh) yang masih belajar di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Kedua orang tua mereka meninggal akibat kecelakaan. Sejak saat itu, Evelyn harus pindah rumah. Hal itu dikarenakan rumah yang sekarang ditempati telah lama digadaikan ke bank, dan Evelyn tidak mampu membayarnya.

Evelyn menceritakan kondisinya tersebut kepada Bimo (Maxime Bouttier), pacar yang dia kenal di kampus.

Prihatin dengan kondisi Evelyn, Bimo menawarkan solusi untuk mencari kontrakan yang dekat kampus dan tentu saja murah.

Setelah mencari informasi, ditemukanlah satu rumah yang tergolong sangat murah. Maka berkunjunglah Evelyn ke rumah tersebut untuk melihat secara langsung kondisinya.

Dengan harga yang murah, rumah tersebut tergolong sangat lengkap. Evelyn tidak menyangka sama sekali. Rumahnya besar, ada ruang tamu, kamar mandi dan halaman yang sangat memadai.

Tapi ada satu permintaan aneh dari penjaga rumah, “Barang-barang yang sudah tertata di sini sama sekali tidak boleh dipindah,” kira-kira begitu pesan penjaga rumah.

Kekurangan dari rumah itu adalah akses yang jauh dari keramaian dan lingkungan sekitar yang cukup horor.

Tapi apa boleh buat, sewa yang murah jadi solusi masalah Evelyn saat ini. Maka tinggalah Evelyn dan dua saudaranya di rumah tersebut.

Selama tinggal beberapa hari, mereka merasakan ada hal yang aneh. Evelyn merasa bukan cuma mereka bertiga yang tinggal di rumah tersebut, terutama bagian kamar mandi. Ada juga kotak musik kecil yang mengeluarkan suara yang indah tapi mengerikan.

Lama-kelamaan, gangguan dari suara bahkan penampakan mulai bermunculan. Apa sebenarnya yang terjadi dan cerita apa di balik rumah tersebut?

Selain pemain di atas, Kain Kafan Hitam juga dibintangi oleh Shandy Willian, Claudy Putri, Egi Fedly, Ike Muti, Elsa Diandra dan Liliek Andraini. Girry Pratama bertindak sebagai penulis naskah.

Film ini berada dalam naungan studio produksi Lingkar Film. Sejak trailer diunggah di akun YouTube officialnya pada 11 Januari lalu, video tersebut sudah tayang lebih dari 110.000 kali.


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)


Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yandri Daniel Damaledo