Daftar Drakor yang dibintangi Kim Byung Chul Pemeran Sigma

Kontributor: Dewi Rukmini, tirto.id - 23 Mar 2021 08:35 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Goblin, Mr. Sunshine, Sky Castle hingga yang terbaru Sisyphus: The Myth adalah beberapa drakor yang dibintangi Kim Byung Chul.
tirto.id - Nama Kim Byung Chul kembali naik setelah perannya sebagai Sigma, villain utama dalam drakor Rabu-Kamis unggulan JTBC, Sisyphus: The Myth. Dalam drakor yang juga tayang di Netflix itu, Sigma menjadi sosok antagonis pemegang kunci atas tragedi yang dialami Gang So Hae (Park Shin Hye) dan Han Tae Sul (Cho Seung Woo).

Aktor kelahiran 1974 itu memulai kariernya dalam film Once Upon a Time in a Battlefield yang dirilis pada tahun 2003 sebagai mata-mata. Setelah itu, ia tak pernah absen memerankan sejumlah karakter dalam film dan drama berbeda.

Kim Byung Chul merupakan salah satu aktor Korea Selatan paling produktif. Dia dapat memerankan sedikitnya dua karakter dalam film dan drakor berbeda di tahun yang sama. Aktor kawakan Korea Selatan ini mulai dikenal namanya sejak memerankan sejumlah drakor prestisius seperti Descendants of The Sun, Sky Castle hingga yang terbaru Sisyphus: The Myth.

Aktor Kim Byung Chul pernah memenangkan penghargaan Popular Character Award karena perannya di drakor Guardian: The Lonely and Great God yang diadakan oleh Korea Drama Award pada 2017.

Selain itu pada 2019, Kim Byung Chul berhasil membawa pulang piala penghargaan Best Supporting Actor di Baeksang Art Award 2019 dan KBS Drama Award 2019 karena perannya di drama Sky Castle serta Doctor Prisoner.


Berikut daftar drakor yang diperankan oleh Kim Byung Chul dengan berbagai karakter yang berbeda:

Guardian: The Lonely and Great God (2016)

Guardian: The Lonely and Great God (2016) dikenal juga dengan Goblin adalah drakor karya sutradara Lee Eung Bok dan penulis naskah Kim Eun Sook. Drakor ini dibintangi oleh Gong Yoo, Lee Dong Wook, Kim Go Eun, dan Yoo In Na.

Drakor itu bercerita tentang perjalanan Kim Shin (Gong Yoo) mencari pengantin wanitanya agar dapat bebas dari kutukan Goblin. Setelah menunggu selama 900 tahun, akhirnya Kim Shin berjumpa dengan Ji Eun Tak (Kim Go Eun) dan kisah cinta mereka dimulai dari sana.

Dalam drakor ini Kim Byung Chul berperan sebagai Park Joong Hun, kasim jahat yang berhasil menghasut Raja Wang Yeo (Kim Min Jae) untuk membunuh Jenderal Kim Shin (Gong Yoo). Setelah meninggal, Kasim Park Joong Hun berubah menjadi arwah jahat yang memburu Ji Eun Tak karena ia adalah pengantin sang Goblin.

Drama Guardian: The Lonely and Great God menjadi salah satu drakor paling populer dengan perolehan rating tinggi sebesar 20,5 persen pada episode terakhirnya.


Mr. Sunshine (2018)

Mr. Sunshine adalah drakor produksi tvN yang ditulis oleh Kim Eun Sook dan disutradarai Lee Eung Bok bersama Jung Ji Hyun. Drakor ini dibintangi oleh aktor kelas A macam Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, Yoo Yeon Seok, Kim Min Jung, dan Byun Yo Han.

Mr. Sunshine termasuk drakor dengan bujet fantastis yang menghabiskan dana sekitar Rp539 miliar. Drakor berjumlah 24 episode ini bercerita tentang seorang pria Joseon yang tinggal dan bekerja sebagai tentara Amerika bernama Eugene Choi (Lee Byung Hun).

Suatu hari ia ditugaskan untuk bekerja sebagai tentara Amerika di tanah kelahirannya, Korea Selatan. Di sana Eugene Choi bertemu dan jatuh cinta dengan Go Ae Shin (Kim Tae Ri). Namun, Eugene Choi harus bersaing dengan pria lain yang juga mencintai Go Ae Shin, hal ini menjadi awal mula konflik mereka.

Dalam drakor ini Kim Byung Chul berperan sebagai Il Sik, mantan pemburu budak yang membuka toko kelontong setelah perbudakan dilarang. Bersama rekannya Choon Sik (Bae Jeong Nam), Il Sik menjadi agen informasi bagi Eugene Choi.


Sky Castle (2018)

Drakor selanjutnya yang diperankan oleh Kim Byung Chul adalah Sky Castle. Pada drakor ini Kim Byung Chul berperan sebagai Cha Min Hyuk, profesor sekolah hukum yang keras kepala dan egois. Cha Min Hyuk adalah suami dari No Seung Hye (Yoon Se Ah), mereka memiliki dua anak kembar bernama Cha Seo Joon (Kim Dong Hee) dan Cha Ki Joon (Joe Byeong Gyu).

Sky Castle menceritakan tentang 4 keluarga kaya yang tinggal di lingkungan elite bernama Sky Castle. Para ibu di keluarga itu sangat terobsesi untuk membawa anak-anak mereka ke perguruan tinggi paling elite di Korea yaitu Seoul National University (SNU). Mereka pun melakukan berbagai cara, termasuk menyewa konselor paling mahal di Korea.

Drama ini berhasil mendapatkan perhatian dari masyarakat Korea Selatan dan dinobatkan sebagai drama dengan rating tertinggi dalam sejarah TV kabel. Drama Sky Castle berhasil meraih rating 24,6 persen untuk episode 19.


Pegasus Market (2019)

Setelah biasanya Kim Byung Chul selalu memerankan karakter antagonis, arogan dan serius, di drakor Pegasus Market ini ia menunjukkan kemampuan aktingnya dalam memerankan karakter komedi. Pada drakor Pegasus Market, Kim Byung Chul berkesempatan memerankan tokoh utama sebagai Jung Bok Dong.

Drakor ini menceritakan tentang Jung Bok Dong seorang eksekutif Cheonrima Group yang diturunkan dari jabatannya menjadi CEO di Cheonrima Mart. Jung Bok Dong yang dendam pada perusahaan induk karena penurunan pangkatnya, berencana menghancurkan Cheonrima Mart.

Namun, ide-ide gila demi usaha balas dendamnya itu justru membuat Cheonrima Mart menjadi ramai pelanggan. Drama ini diadaptasi dari webtoon berjudul “Ssabnida Cheonrimamateu” karya Kim Kyu Sam.


Doctor Prisoner (2019)

Terakhir, drakor yang dibintangi oleh Kim Byung Chul adalah Doctor Prisoner. Drakor ini bercerita tentang usaha Na Yi Je (Nam Goong Min), seorang dokter bedah jenius yang memiliki kemampuan luar biasa, dalam membalaskan dendam seusai dijebak dan dikeluarkan dari rumah sakit tempatnya bekerja.

Demi rencana balas dendam itu, Na Yi Je memutuskan bekerja sebagai kepala klinik medis di penjara untuk mendekati orang-orang berpengaruh yang sedang berada di dalam penjara. Orang-orang itu antara lain para pebisnis, selebriti yang terjerat kasus Narkoba hingga bintang olahraga yang gemar berjudi.

Dalam drakor ini, Kim Byung Chul berperan sebagai Sun Min Sik, direktur klinik penjara yang mengumpulkan kekayaan dan kekuasaan dengan memberi akomodasi pada tahanan VIP. Sun Min Sik adalah lawan tangguh yang harus dikalahkan Na Yi Je, jika ingin menguasai para tahanan VIP tersebut.

Doctor Prisoner berhasil mendapatkan rating tertinggi 17,2 persen pada episode terakhirnya. Berkat drakor ini Kim Byung Chul menyabet piala penghargaan sebagai Best Supporting Actor di KBS Drama Award 2019.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Dewi Rukmini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dewi Rukmini
Penulis: Dewi Rukmini
Editor: Ibnu Azis

DarkLight