Daftar Artis Pendukung Palestina Saat Konflik dengan Israel 2021

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 20 Mei 2021 14:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Daftar selebritas pendukung Palestina dalam pusaran konflik dengan Israel.
tirto.id - Israel masih terus melakukan serangan ke Palestina hingga Kamis (20/5/2021). Jet tempur Israel mengantam Jalur Gaza pada Kamis hari ini, menewaskan setidaknya satu warga Palestina dan melukai beberapa lainnya,

Dalam 11 hari perang Israel dan Palestina ini, 227 warga Palestina, termasuk 64 anak-anak tewas. Sementara itu, di pihak Israel, 12 orang tewas akibat serangan balik dari Hamas.

Konflik di antara kedua negara ini telah menjadi perhatian internasional, termasuk tokoh publik dan selebriti terkemuka. Dilansir Aljazeera dan Khaleej Times, berikut ini beberapa artis yang mendukung Palestina melalui unggahannya di media sosial.

1. Bella Hadid

Model keturunan Amerika-Palestina ini secara terang-terangan menunjukkan dukungannya untuk Palestina melalui media sosial. Ia memposting pesan dukungan untuk warga Palestina di akun Instagram-nya @bellahadid.

“Generasi mendatang akan melihat ke belakang dengan ketidakpercayaan dan bertanya-tanya bagaimana kita membiarkan penderitaan Palestina berlanjut begitu lama. Tragedi kemanusiaan terjadi tepat di depan mata kita," tulis perempuan berusia 24 tahun ini.

“Politisi mengeluarkan kata-kata netral karena takut ditegur, sementara dunia tetap diam untuk menghindari menyinggung orang yang salah. Sejarah telah mengajari kita untuk berbicara. Anda berada di sisi yang benar atau tidak. Sesederhana itu."

2. Zayn Malik

Musikus asal Inggris, Zayn Malik, juga memberikan dukungan dengan membagikan laporan UNICEF kepada 31 juta pengikutnya di Twitter menginformasikan kepada mereka tentang anak-anak Palestina yang tewas dalam konflik tersebut.

Ia juga mengunggah postingan di Instaragam @zayn soal apa yang terjadi di Palestina dengan keterangan foto:

"Saya mendukung rakyat Palestina dan mendukung perlawanan mereka terhadap penjajahan dan perlindungan hak asasi manusia mereka. Hati saya sakit melihat keluarga yang kehilangan orang yang dicintai. Kita tidak bisa diam saja melihat anak-anak jadi yatim piatu dan dibunuh dan tidak bisa menuntut hak asasi manusia bagi semua orang Palestina! Ini harus diakhiri. Bebaskan Palestina."

3. Gigi Hadid

Seperti saudara perempuannya, Bella, Gigi Hadid juga mengambil posisi yang sama, membela Palestina.. Ia mengunggah foto di Instagram @gigihadid, bertuliskan:

“Seseorang bisa mengadvokasi kesetaraan ras, LGBT dan hak-hak perempuan, mengutuk rezim yang korup dan kejam dan ketidakadilan lainnya namun memilih untuk mengabaikan penindasan Palestina. Anda tidak bisa memilih mana hak asasi manusia yang lebih berarti daripada yang lain."

4. Malala Yousafzai

Aktivis kemanusiaan Malala Yousafzai mengunggah video di akun Twitter @Malala yang mengekspresikan "solidaritas untuk rakyat Palestina".

“Seorang anak Palestina harus duduk di ruang kelas, bukan di reruntuhan,” Yousafzai (23) menulis dalam pesan yang menyertai videonya.

"Para pemimpin dunia harus segera bertindak untuk melindungi hak asasi manusia Palestina."

5. Susan Sarandon

Aktris dan aktivis Amerika, Susan Sarandon sudah beberapa kali mengunggah postingan untuk mendukung Palestina di akun Twitter @SusanSarandon.

Dalam satu posting, dia berkata: “Berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Palestina yang menghadapi pembersihan etnis dan diteror oleh pemerintah Israel dan organisasi pemukim Yahudi. DUNIA MELIHAT."


Baca juga artikel terkait KONFLIK ISRAEL PALESTINA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight