Daftar Artis Idol Korea Terkaya 2021: PSY, G-Dragon, IU hingga Suzy

Oleh: Maria Ulfa - 26 Oktober 2021
Dibaca Normal 6 menit
Berikut ini adalah beberapa idola Kpop dan penyanyi terkaya di Korea Selatan tahun 2021, seperti yang telah dihimpun Tirto dari beberapa sumber.
tirto.id - Sebagian besar idola Kpop mengawali karier dengan sangat sederhana di asrama bersama dengan utang trainee yang menumpuk. Memulai debutnya dengan sekelompok artis berbakat lainnya, kesuksesan tidak akan pernah bisa dijamin di dunia Kpop.

Beberapa grup bahkan bubar, dan yang lainnya mulai berkembang. Namun, beberapa dari mereka kemudian menjadi mega bintang dan mendapatkan ketenaran atas nama mereka sendiri di industri musik.

Kpop adalah industri bernilai miliaran dolar dan di puncak rantai tersebut, berikut ini adalah beberapa idola Kpop dan penyanyi terkaya di Korea Selatan tahun 2021, seperti yang telah dihimpun Tirto dari beberapa sumber.

1. Kim Jaejoong

Kim Jaejoong
Penyanyi dan aktor Korea Selatan Kim Jaejoong menyanyikan sebuah lagu di Open Talks untuk mempromosikan gerakannya 'Code Name: Jackal' selama Festival Film Internasional Busan di Busan, Korea Selatan, Jumat, 5 Oktober 2012. (AP Photo/Ahn Young-joon)


Mantan anggota grup Kpop terkenal TVXQ, Kim Jaejoong memperluas karier dengan berkelana ke dunia akting, penyutradaraan, desain, dan kewirausahaan.

Dia memiliki banyak real estate di sekitar kota dan sangat terkenal karena sesekali memamerkan daftar panjang mobil mewahnya.

Sebagian besar kekayaannya memang berasal dari perusahaan fashion-nya, dan semuanya bernilai sekitar 80-100 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp1,1-1,4 triliun (kurs Rp 14.148).

2. PSY

PSY
Rapper Korea Selatan Park Jae-Sang atau dikenal dengan nama panggung PSY. (AP Photo/John Carucci)


PSY atau Park Jae Sang adalah pengenal pertama tentang Kpop bagi kebanyakan orang di dunia ketika single hitnya “Gangnam Style” merajai internet.

Meskipun PSY berasal dari keluarga kaya, dia berhasil berdiri sendiri dan berhasil membangun kerajaan musiknya sendiri.

Usaha terbarunya adalah agensi hiburannya sendiri bernama P Nation yang memiliki banyak artis Kpop terkenal seperti Jessi dan Hyuna di bawahnya. Sampai sekarang, dia memiliki kekayaan bernilai sekitar 60-65 juta dolar AS (Rp848-Rp919 miliar).

3. G-Dragon BIGBANG

G-Dragon
Rapper Korea Selatan Kwon Ji Yong, lebih dikenal dengan nama panggungnya G-Dragon, meninggalkan koleksi busana Haute Couture Musim Semi-Musim Panas 2015 milik Chanel, dipresentasikan di Paris, Prancis, Selasa, 27 Januari 2015. (AP Photo/Zacharie Scheurer)


Sebagai anggota BIGBANG, G-dragon atau GD telah menulis banyak lagu hit untuk grup tersebut dan hingga saat ini memiliki sekitar 180 lagu berhak cipta atas namanya. Dia bahkan bisa mendapatkan jumlah kekayaan yang signifikan dari royalti penulisan lagu-lagu tersebut.

GD adalah seorang penyanyi, rapper, penulis lagu dan ikon mode di Korea Selatan dengan beberapa dukungan merek atas namanya. Kekayaan bersihnya saat ini sekitar 45-55 juta dolar AS (Rp636-778 miliar).

4. Rain

Rain
Jung Ji-hoon, juga dikenal sebagai Rain, tiba di Gala Museum Palu Tahunan ke-16 di Taman pada hari Minggu, 14 Oktober 2018 di Los Angeles. (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)


Seorang idola K-Pop, penulis lagu dan produser yang sukses, Rain telah membuat nama di industri terlepas dari debutnya yang sederhana.

Pada tahun 2015, ia memulai perusahaannya sendiri bernama Rain Company dan bahkan memiliki karier solo yang sangat mengesankan sejak saat itu. Kekayaan bersihnya saat ini mencapai 40-55 juta dolar AS (Rp565-778 miliar).

5. Siwon Super Junior

Siwon Suju
Siwon Super Junior dalam gelaran kegiatan 'Virtual Fan Event bersama Siwon Choi' pada Rabu (7/4/2021). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Dikenal sebagai raja pengikut di Twitter, anggota grup Korea Super Junior ini memiliki kekayaan tidak kurang dari 35-50 juta dolar AS (Rp494-Rp706 miliar) bahkan sebelum ia mewarisi kekayaan keluarganya. Dia adalah idola yang sukses, aktor dan sekarang menjadi YouTuber.

6. IU

Penyanyi IU
Peyanyi IU. Instagram/dlwlrma


Saat ini, IU adalah salah satu bintang Kpop wanita paling populer di Korea. Dia juga termasuk yang terkaya pada tahun 2021, menurut banyak laporan media termasuk Seoul Space dan Korea Portal.

IU dikenal multitalenta dengan kemampuan memproduksi dan menggubah musik. Penyanyi tersebut telah menulis lebih dari 50 lagu untuk albumnya sendiri serta untuk artis, drama, dan film lain, yang memberinya keunggulan dalam royalti.

Dia juga melakukan iklan untuk merek-merek terkenal seperti Samsung, Sony Korea, Guess dan banyak lagi.

Selain karier musiknya, IU juga membintangi K-drama seperti Hotel del Luna dan Scarlet Heart Ryeo, yang menambah penghasilan tahunannya. Kekayaannya saat ini ditaksir mencapai 31-45 juta dolar AS (Rp438-Rp637 miliar).

7. Lee Hyori

Lee Hyori
Lee Hyori. (Instagram/leehyori.leehyolee)


Lee Hyori adalah salah satu penyanyi wanita dengan bayaran tertinggi di industri Kpop. Dia memulai debutnya sebagai anggota girl group Fin.K.L dan kemudian menjadi penyanyi wanita dengan bayaran tertinggi pada tahun 2006.

Akan tetapi, tidak hanya mengandalkan bakat musiknya untuk menghasilkan uang, ia juga telah mendapatkan iklan dan kesepakatan dukungan dengan berbagai merek seperti Samsung dan merek soju Lotte Liquor.

Pada 2013, ia menikah dengan produser Lee Sang Soon. Bersama-sama, mereka melanjutkan untuk menciptakan kerajaan mereka sendiri dengan acara Netflix populer yang disebut Hyori's Bed and Breakfast (atau Hyori's Homestay), yang menambah kekayaan bersihnya hingga 30-40 juta dolar AS (Rp424-Rp566 miliar).

8. T.O.P BIGBANG

TOP BIGBANG
T.O.P BIGBANG. (Instagram/choi_seung_hyun_tttop)


Rapper, penyanyi, dan penulis lagu T.O.P atau Choi Seung Hyun adalah salah satu dari tiga anggota BIGBANG yang masuk dalam daftar idol Kpop terkaya.

Ia memiliki aset kekayaan berkisar 23-35 juta dolar AS (Rp325-Rp495 miliar). Kekayaan itu terutama berasal dari kredit lagu, dukungan merek, iklan TV, dan produksi rekaman.

9. Taeyang BIGBANG

Taeyang BIGBANG
Taeyang BIGBANG. (Instagram/__youngbae__)


Anggota lain dari grup legendaris BIGBANG, Taeyang adalah seorang penyanyi dan penulis lagu yang memiliki kekayaan senilai 20-35 juta dolar AS (Rp283-Rp495 miliar).

Ia bahkan pernah bermitra dengan Fendi dan bersama G-Dragon, ia dikenal sebagai salah satu ikon fashion Kpop. Taeyang memiliki banyak properti dan bahkan memegang beberapa saham di agensinya, YG Entertainment.

10. Sandara Park

Sandara Park
Sandara Park. (Instagram/daraxxi)


Sandara Park, yang dikenal dengan nama panggung Dara, debut sebagai anggota 2NE1. Setelah grup dibubarkan pada tahun 2016, ia memulai karier solo yang sukses.

Selain sebagai penyanyi berbakat, akting Dara mendaratkan perannya dalam film-film seperti Cheese in the Trap dan One Step dan Bcuz of U. Bintang multitalenta ini juga muncul di K-drama, reality show TV dan film Filipina.

Menjadi salah satu wajah paling laris di Korea Selatan dan Filipina, Dara telah mendapatkan penawaran iklan utamanya dengan merek mewah dan merek sehari-hari seperti Clio, Etude House, Nikon, sampo Head and Shoulders, dan banyak lagi.

Dara juga menunjukkan sisi petualangan dan kesenangannya untuk para penggemarnya di saluran YouTube-nya yang disebut Dara TV, yang memiliki sekitar 1,3 juta pelanggan sampai sekarang.

Kekayaan bersih Sandara Park ditaksir mencapai 30-32 juta dolar AS (setara dengan Rp424-Rp453 miliar).

11. BoA

BoA
Penyanyi BoA berpose untuk potret di West Hollywood, California pada Senin, 18 Mei 2009. (AP Photo/Dan Steinberg)


Seorang veteran legendaris yang dijuluki "Ratu Kpop", BoA sama terkenalnya dengan musiknya di Jepang dan sebagian besar Asia Timur seperti halnya di Korea Selatan.

Sejak debutnya pada tahun 2000, bintang ini telah merilis dua puluh album studio, termasuk 10 dalam bahasa Korea, sembilan dalam bahasa Jepang dan satu dalam bahasa Inggris.

Dia telah muncul sebagai juri di acara TV realitas Korea Selatan K-pop Star, berakting di beberapa film dan K-drama, dan bahkan membintangi film tari Hollywood Make Your Move 3D dengan lawan main aktor Derek Hough.

Kekayaan bersih BoA ditaksir mencapai 25 juta dolar AS (setara dengan Rp353 miliar).

12. YoonA Girls’ Generation

Yoona SNSD
Yoona SNSD. Instagram/yoona__limSudah Diverifikasi•


Selain pekerjaan utamanya sebagai anggota Girls’ Generation, sumber penghasilan utama YoonA lainnya adalah K-drama. Dia memulai karier aktingnya pada tahun yang sama dengan debut Girls' Generation, sehingga popularitas grup meningkat.

Dia telah muncul di K-drama terkenal seperti The King in Love, Hush dan The K2, serta drama China seperti God of War, Zhao Yun dan lainnya.

YoonA juga dijuluki "Ratu CF" karena mendukung dan muncul di lebih dari 40 iklan merek. Jumlah kekayaan YoonA ditaksir mencapai 18-25 juta dolar AS (Rp254-Rp353 miliar).

13. Suzy

Bae Suzy
Bae Suzy. (Instagram/baesuzyoficiall)


Bae Suzy menandai debutnya sebagai bagian dari girl grup ikonik Miss A. Setelah pembubaran mereka pada tahun 2017, Suzy melanjutkan kesuksesannya melalui bakatnya sebagai solois dan aktris, membintangi drama populer seperti Vagabond dan Start-Up.

Lewat akun Instagram-nya, terungkap bahwa Suzy adalah wajah utama untuk banyak merek mulai dari produk perawatan kulit hingga gadget teknologi. Dia juga disebut-sebut memiliki properti di Gangnam bernilai lebih dari 3,8 juta dolar AS (Rp53,7 miliar).

Suzy juga dilaporkan menghasilkan hingga 16.700 dolar AS (Rp236 juta) per episode untuk K-drama. Jumlah kekayaan Suzy ditaksir mencapai 17-25 juta dolar AS (Rp240-Rp353 miliar).


Baca juga artikel terkait IDOL KPOP TERKAYA 2021 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Maria Ulfa
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight