Daftar 9 Provinsi dengan Kenaikan Kasus Corona, Kata Satgas COVID

Reporter: Irwan Syambudi - 4 Nov 2021 18:29 WIB
Menurut Satgas COVID-19, per 31 Oktober 2021 terdapat 9 provinsi yang mengalami kecenderungan peningkatan rata-rata jumlah kasus Corona.
tirto.id - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyatakan berdasarkan pemantauan per 31 Oktober 2021 terdapat 9 provinsi yang mengalami kecenderungan peningkatan rata-rata jumlah kasus COVID-19 dibandingkan pekan sebelumnya.

"9 provinsi tersebut antara lain, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Papua," kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/11/2021).

Namun, kata Wiku, 9 provinsi tersebut masih dapat dikategorikan memiliki kasus COVID-19 yang terkendali. Sebab, peningkatan kasus positif di 9 provinsi tersebut dinilai masih rendah.

"Namun, pergerakan ini harus terus dipantau untuk dilakukan mitigasi terhadap potensi kenaikan kasus di masa libur panjang," katanya.

Wiku menjelaskan dari 9 provinsi yang mengalami tren kenaikan kasus tersebut, yang mengalami penambahan kasus mingguan terbanyak adalah Jawa Barat dengan 740 kasus baru.



Selain itu, Jawa Barat juga memiliki kasus aktif terbanyak yakni 1.424 kasus dan memiliki kabupaten kota dengan peningkatan kasus terbanyak yakni 8 kabupaten kota.

Kemudian untuk provinsi dengan persentase kesembuhan paling rendah yakni Lampung dengan 90,63 persen.

"Penambahan kematian tertinggi adalah Jawa Timur dengan 39 orang," kata Wiku.

Untuk bed occupancy rate (BOR) rumah sakit COVID-19 yang paling tinggi yakni Papua di angka 11,41 persen. Sedangkan cakupan vaksinasi yang paling rendah adalah di Provinsi Maluku Utara yaitu 17,5 persen.



Baca juga artikel terkait KASUS COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Maya Saputri

DarkLight