Daft Punk, Profil dan Keputusan Bubar yang Masih Misteri

Oleh: Alexander Haryanto - 23 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sampai saat ini, keputusan Daft Punk untuk bubar masih menjadi misteri.
tirto.id - Daft Punk, duo musik elektronik asal Perancis pemenang Grammy memutuskan untuk bubar setelah 28 tahun berkarier di dunia musik. Kabar soal pembubaran itu mereka umumkan melalui video berdurasi delapan menit berjudul "Epilogue" yang mereka unggah ke YouTube.

Sepanjang karier mereka, duo yang beranggotakan Guy-Manuel de Homem-Christon dan Thomas Gangalter ini sudah dinominasikan untuk 12 Grammy Awards, enam di antaranya dimenangkan oleh mereka.

Daft Punk dibentuk pada tahun 1993 saat mereka tinggal di Paris. Secara bersama, duo ini membantu mendefinisikan musik house Perancis lewat album debut bertajuk Homework yang dirilis pada tahun 1997.

Selanjutnya, mereka kemudian merilis berbagai album, termasuk untuk scoring film berjudul Tron: Legacy dan Discovery. Mereka baru mencapai puncak ketenaran usai merilis single berjudul "Get Lucky" pada tahun 2014 yang memenangkan banyak penghargaan, termasuk Record of the Year di Grammy Awards.


Mengapa Daft Punk Memilih Bubar?


Seperti diwartakan Variety, humas lama Daft Punk secara resmi telah mengonfirmasi bahwa duo ini memutuskan untuk bubar. Akan tetapi, dia enggan memberikan keterangan lebih lanjut, terlebih soal alasan mereka bubar.

Terkait apakah duo ini akan terus bekerja sama dengan nama berbeda, perwakilan mereka menolak untuk memberitahu hal tersebut. Begitu pula dengan apakah mereka akan mengerjakan proyek baru lainnya.

Akan tetapi, dalam kesempatan yang berbeda, duo ini mengatakan bahwa mereka akan terus merilis musik, video dan proyek apa pun yang mereka sukai. Bahkan, mungkin saja pengumuman ini bisa menjadi awal dari sebuah proyek baru, demikian Variety melaporkan.

Daft Punk berdiri pada tahun 1993 di Paris. Guy-Manuel de Homem-Christon dan Thomas Gangalter pertama kali bertemu di sekolah di Paris pada tahun 1987. Keduanya, seperti diwartakan Antara, membentuk band rock indie bernama Darling.

Sepanjang perjalanan kariernya, Daft Punk pernah menerima penghargaan musik Grammy Awards dengan total 12 nominasi. Mereka mendapat nominasi pertama kali pada tahun 1997 lewat kategori Rekaman Dance Terbaik dengan "Da Funk."

Pada tahun 2008, duo ini berhasil menang Grammy pertama kali untuk Best Dance Recording atas karya "Harder Better Faster Stronger." Melalui hit single "Get Lucky," duo ini berhasil meraih peringkat No. 1 di tangga lagu Billboard 200.


Baca juga artikel terkait DAFT PUNK atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight