CPNS 2021 & PPPK Akan Segera Dibuka: Jenis Formasi yang Dibutuhkan

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari - 30 Okt 2020 14:56 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pemerintah saat ini tengah membahas rencana pembukaan pendaftaran CPNS 2021 serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.
tirto.id - Pengumuman kelulusan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah diumumkan secara resmi hari ini, Jumat, 30 Oktober 2020.

Pengumuman hasil seleksi CPNS 2019 ini bisa Anda lihat melalui laman resmi instansi tempat Anda mendaftar.

Namun, jika hasil seleksi CPNS 2019 tak sesuai harapan dan Anda dinyatakan tidak lolos, jangan langsung berkecil hati.

Sebab pemerintah saat ini tengah membahas rencana pembukaan pendaftaran CPNS 2021 serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN RB sekaligus Juru Bicara KemenPAN RB, Andi Rahadian saat dihubungi redaksi Tirto mengatakan, saat ini pemerintah tengah menyusun jenis formasi yang dibutuhkan untuk penerimaan PPPK dan CPNS 2021.

"Proses penerimaan/pengadaan CPNS dan PPPK untuk formasi 2021 masih sedang dalam tahap penyusunan jenis formasi, jumlah formasi dan berbagai persiapan lainnya," ujarnya.

Menurutnya jumlah formasi yang dibuka pada penerimaan PPPK dan CPNS 2021 sedang menunggu hasil pendataan dan penghitungan berapa PNS yang akan segera pensiun dalam waktu dekat, baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Jumlahnya masih belum dapat finalnya, jumlah formasi memperhitungkan jumlah yang pensiun di daerah dan pusat," katanya.

Sedangkan saat ditanya apakah jumlah penerimaan pada 2021 akan lebih banyak CPNS atau PPPK, Anda menegaskan bahwa itu akan tergantung dari kebutuhan.

"Ini tergantung dari kebutuhan instansi mana yang lebih mereka perlukan, tergantung yang mereka usulkan. Tapi yang kami perkirakan kebutuhan 2021 akan lebih besar karena 2020 kita tidak membuka rekrutmen," kata Andi.

"Selain itu, dalam melakukan perencanaan jabatan, komposisi dan jumlah formasi CPNS dan PPPK 2021, akan mempertimbangkan juga kebutuhan dan perkembangan sesuai tatanan kenormalan baru saat ini sebagai dampak pandemi Covid-19," tambahnya.

Kapan pendaftaran CPNS 2021 dibuka dan jenis formasi yang dibutuhkan?


Andi mengatakan hingga saat ini masih belum ada kepastian kapan penerimaan PPPK maupun CPNS 2021 akan dilakukan.

"Hingga saat ini, pemerintah sedang fokus menyelesaikan rangkaian penerimaan CPNS untuk formasi 2019 dan juga membahas waktu/bulan yang tepat untuk mengumumkan penerimaan CPNS dan PPPK untuk formasi 2021," katanya.

Namun, menurutnya itu untuk jenis formasi yang akan diprioritaskan pada penerimaan PPPK dan CPNS 2021 secara garis besar masih sama seperti 2019, yaitu tenaga kesehatan, tenaga pengajar (guru, dosen), serta tenaga penyuluh.


Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH

DarkLight