Contoh Tes Wawancara Mitra BPS 2024 dan Info Jadwalnya

Kontributor: Balqis Fallahnda, tirto.id - 30 Nov 2023 18:00 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Berikut contoh tes wawancara Mitra BPS 2024 yang mencakup sejumlah pertanyaan terkait motivasi, integritas, dan kompetensi pelamar.
tirto.id - Mempelajari contoh tes wawancara Mitra BPS 2024 perlu dilakukan oleh pelamar posisi ini untuk memperbesar peluang diterima. Sebab, tes wawancara merupakan tahap akhir dari rangkaian seleksi calon mitra BPS 2024.

Setelah melakukan pendaftaran rekrutmen Mitra BPS 2024 yang dibuka selama tanggal 1-30 November 2023, pelamar harus menjalani beberapa tahap seleksi. Setelah lolos dalam seleksi administrasi, pelamar Mitra BPS 2024 diharuskan mengikuti tes kompetensi.

Sebagaimana pendaftaran, pelamar bisa mengikuti tes kompetensi Mitra BPS 2024 secara online melalui situs web atau aplikasi SOBAT BPS. Pelamar perlu login ke situs web resmi milik Badan Pusat Statistik, yakni mitra.bps.go.id dengan akun yang dibuat saat daftar.

Lalu, pelamar bisa memilih jadwal uji kompetensi. Tes kompetensi Mitra BPS 2024 lantas dapat diikuti dengan menjawab sejumlah soal pilihan ganda yang disajikan di sistem. Jika nilai hasil menjawab soal tes kompetensi Mitra BPS 2024 memenuhi syarat, pelamar bisa dinyatakan lolos dan berhak mengikuti seleksi wawancara.

Adapun pengumuman hasil akhir seleksi calon Mitra BPS 2024 akan disiarkan tanggal 15 Desember 2023.


Kapan Jadwal Wawancara Mitra BPS 2024?

Pengumuman daftar peserta tes wawancara Mitra BPS 2024 umumnya dirilis via online di situs web masing-masing Badan Pusat Statistik kabupaten/kota. Dalam pengumuman itu juga disertai informasi jadwal pelaksanaan tes wawancara Mitra BPS 2024.

Ada kemungkinan jadwal wawancara Mitra BPS 2024 berbeda-beda di setiap kabupaten atau kota. Penyelenggara tes wawancara pun berasal dari instansi BPS perwakilan di tiap kabupaten/kota.

Sebagai contoh, BPS Surabaya merilis pengumuman jadwal wawancara Mitra BPS 2024 yang berlangsung pada 27 November - 1 Desember 2023, dengan 2 sesi setiap harinya.

Lain halnya dengan jadwal tes wawancara Mitra BPS 2024 di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara. Akun Instagram BPS Mandailing Natal, yakni @bpsmadina, merilis jadwal tes wawancara pada 28 November hingga 8 Desember 2023.


Di Kabupaten Pati, Tengah, laman BPS setempat mengumumkan jadwal wawancara calon Mitra BPS 2024 berlangsung pada 27 November hingga 1 Desember 2023. Tes wawancara Mitra BPS 2024 di sebagian daerah malah ada yang sudah digelar akhir November.

Tes wawancara digelar demi memastikan supaya Mitra yang dipilih memiliki kompetensi, visi, dan komitmen yang sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai organisasi. Saat mengikuti tes wawancara, calon Mitra diminta membawa dokumen administrasi pendaftaran guna mempermudah proses verifikasi.

Contoh Tes Wawancara Mitra BPS 2024

Sebagai tahap seleksi akhir, tes wawancara akan menentukan lolos tidaknya calon Mitra BPS 2024. Maka itu, mempelajari contoh tes wawancara penting bagi pelamar posisi ini.

Berdasarkan info di laman resmi Badan Pusat Statistik, materi soal tes wawancara Mitra BPS 2024 umumnya berkaitan dengan motivasi atau alasan pelamar ingin menjadi mitra BPS, integritas, hingga kompetensinya.

Seperti halnya melamar pekerjaan, calon Mitra BPS 2024 akan diajukan pertanyaan yang mencakup pemahaman diri terhadap tugas yang akan dilakukan jika nanti lulus seleksi.

Tidak hanya itu, kemungkinan besar pertanyaan akan menyinggung seputar pemahaman tentang statistik, keterampilan analisis data, serta kemampuan komunikasi.

Sebagai bahan referensi , berikut ini contoh pertanyaan tes wawancara Mitra BPS 2024 lengkap dengan jawaban yang mungkin bisa diberikan oleh pelamar.

1. Apa motivasi dan alasan kamu tertarik untuk menjadi Mitra BPS 2024?

Jawaban: Saya tertarik untuk menjadi Mitra BPS karena saya memiliki minat yang kuat dalam bidang statistik dan analisis data. Saya percaya bahwa BPS memiliki peran yang sangat penting dalam menyediakan informasi statistik yang akurat dan dapat diandalkan untuk mendukung pengambilan keputusan di berbagai sektor. Saya ingin berkontribusi dalam pengumpulan dan analisis data untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

2. Apa pengalaman dan keterampilan yang dapat mendukung peran kamu sebagai Mitra BPS 2024?

Jawaban: Saya telah memiliki pengalaman dalam menganalisis data dalam konteks proyek-proyek sebelumnya. Selain itu, saya memiliki keterampilan dalam menggunakan berbagai alat analisis data seperti Microsoft Excel, Python, dan SPSS. Pendidikan saya di bidang [sebut bidang studi terkait] juga memberikan landasan kuat dalam pemahaman konsep-konsep statistik. Saya yakin bahwa kombinasi pengalaman dan keterampilan ini akan memungkinkan saya untuk berkontribusi secara signifikan dalam tugas-tugas yang diemban oleh Mitra BPS.

3. Menurut kamu, apa pentingnya data statistik dalam pengembangan suatu daerah atau sektor-sektor strategis tertentu?

Jawaban: Saya meyakini bahwa data statistik adalah fondasi utama dalam merancang kebijakan dan mengukur kinerja suatu daerah atau sektor. Tanpa data yang akurat dan terkini, sulit untuk membuat keputusan yang tepat. Data statistik membantu dalam mengidentifikasi tren, mengevaluasi dampak kebijakan, dan menyediakan dasar yang solid untuk perencanaan jangka panjang. Sebagai Mitra BPS, saya ingin berperan aktif dalam menyediakan data yang handal untuk mendukung pembangunan dan pengambilan keputusan yang efektif.

4. Bagaimana kamu akan mengatasi tantangan dalam pengumpulan atau analisis data statistik untuk BPS?

Jawaban: Saya percaya bahwa setiap proyek dapat menghadapi tantangan, terutama dalam pengumpulan dan analisis data. Untuk mengatasi hal ini, saya biasanya mulai dengan merencanakan langkah-langkah dengan cermat sebelum memulai proyek. Selama proses, saya senantiasa berkomunikasi dengan tim untuk memastikan pemahaman yang tepat dan mengidentifikasi potensi hambatan. Jika menghadapi kesulitan, saya tidak ragu untuk mencari bantuan atau pendekatan kreatif untuk memecahkan masalah. Keuletan dan kolaborasi tim, menurut saya, kunci dalam mengatasi berbagai tantangan yang mungkin muncul.

5. Bagaimana kamu memastikan akurasi dan kualitas data yang kamu kumpulkan?

Jawaban: Saya selalu memberikan perhatian khusus terhadap detail dalam setiap langkah pengumpulan dan analisis data. Saya melakukan validasi berkala, melakukan cross-check terhadap sumber data, dan menggunakan metode statistik yang sesuai guna memastikan keakuratan hasil. Selain itu, saya siap terbuka terhadap umpan balik maupun permintaan revisi yang diperlukan. Kualitas data menjadi kunci dalam menghasilkan informasi yang bermakna dan berguna. Maka itu, saya berkomitmen untuk menjaga standar tinggi dalam setiap aspek pekerjaan saya sebagai Mitra BPS.

Catatan: Jawaban akan sangat bergantung kepada pertanyaan yang diajukan oleh penguji dan pengalaman pribadi setiap calon Mitra. Maka, contoh di atas tidak selalu bisa menjadi patokan utama. Namun demikian, contoh tes wawancara Mitra BPS 2024 tersebut dapat digunakan sebagai bahan latihan.

Baca juga artikel terkait LOWONGAN atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Addi M Idhom

DarkLight