tirto.id - Sejumlah contoh soal tes PPPK untuk formasi Guru tahun 2023 beserta jawabannya yang tersaji di bawah ini dapat digunakan sebagai bahan latihan sebelum menghadapi seleksi kompetensi dalam proses penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
Pelaksanaan tes kompetensi untuk seleksi PPPK tahun 2023 telah dijadwalkan akan dilaksanakan pada 8 November hingga 2 Desember 2023 mendatang.
Dalam seleksi kompetensi itu sendiri meliputi beberapa materi seperti tes kompetensi teknis, tes kompetensi manajerial, sosial kultural, serta wawancara.
Adapun kompetensi manajerial yang menjadi salah satu materi dalam seleksi PPPK 2023 berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta dalam berorganisasi.
Di samping itu, melalui tes kompetensi manajerial ini juga dapat mengukur integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, hingga cara yang dilakukan oleh peserta dalam mengambil suatu keputusan.
Contoh Soal Tes PPPK Guru 2023 Kemampuan Manajerial
Berikut ini disajikan 25 contoh soal tes PPPK untuk formasi Guru 2023 dengan materi Kemampuan Manajerial yang turut disertai dengan kunci jawabannya.
1. Perhatikan tujuan dari fungsi-fungsi manajemen berikut!
- Mengetahui jalannya program
- Mengetahui hasil pekerjaan
- Memberikan motivasi kerja
- Membagi pekerjaan
- Mengembangkan kemampuan dan keterampilan pegawai
- Memperbaiki kesalahan yang dilakukan pegawai
a. 1, 2, 6
b. 1, 2, 3
c. 2, 3, 4
d. 1, 2, 4
e. 4, 5, 6
Jawaban: a
2. Ada 4 unsur penting yang perlu diperhatikan oleh suatu perusahaan ketika memasarkan produknya. Keempat unsur tersebut yang biasanya disebut 4P yaitu ...
a. promotion, person, place, product
b. person, price, product, promotion
c. power, place, person, promotion
d. product, power, place, price
e. product, price, promotion, place
Jawaban: e
3. Psikologi keorganisasian adalah ilmu yang membahas tentang …
a. perilaku manusia berhubungan dengan manusia lain
b. perilaku manusia untuk berproduksi
c. perilaku manusia dalam berorganisasi
d. perilaku manusia dalam masyarakat
e. perilaku manusia dengan lingkungan
Jawaban: c
4. Berikut urutan proses pemilihan pasar yang benar adalah ...
a. Positioning, Targeting, Segmentasi
b. Segmentasi, Targeting, Positioning
c. Targeting, Segmentasi, Positioning
d. Segmentasi, Positioning, Targeting
e. Targeting, Positioning, Segmentasi
Jawaban: c
5. Sikap Kepemimpinan dalam organisasi yang baik, kecuali ....
a. Menggebu -gebu
b. Kharismatis
c. Menghargai orang lain
d. Tenang
e. mengayomi
Jawaban: a
6. Pertimbangan dalam memilih anggota tim adalah …
a. Yang sevisi saja
b. Yang memiliki latar belakang yang berbeda
c. Pentingnya pendapat atasan
d. Yang mau bergabung
e. Yang mudah bergaul dengan siapa saja
Jawaban: b
7. Masalah paling vital dalam organisasi dan sering menjadi tantangan manajer …
a. masalah sistem dan prosedur kerja
b. masalah teknologi yang selalu berubah
c. masalah konsep dan perencanaan
d. masalah manusia dan perilakunya
e. masalah manusia dan keinginannya
Jawaban: d
8. Kamu menemukan artikel di internet yang bisa membantu pekerjaan, bagaimana sikap anda
a. Menerapkan dalam pekerjaan
b. Memberitahu rekan kerja yang dekat saja
c. Memberitahu saat rapat
d. Memberitahu rekan kerja yang mau tahu saja
e. Memberitahu kepada rekan – rekan sekantor
Jawaban: c
9. Kepuasan jangka panjang dapat terpenuhi dengan memperhatikan hal-hal berikut, kecuali ...
a. Diskon dan keuntungan
b. Diskon dan pelayanan purna jual
c. Pelayanan purna jual dan keuntungan
d. Kualitas produk dan kemudahan mendapatkan produk
e. Mudah mendapatkan produk dan kualitas produk
Jawaban: a
10. Kemampuan yang harus dimiliki oleh manajemen tingkat menengah adalah ...
a. Kemampuan personalia, teknis dan konseptual dibawah lower management
b. Kemampuan teknis melebihi lower management
c. Teknis melebihi lower management dan top management dan tidak ada ketrampilan manusiawi
d. Konseptual melebihi lower management dan menekankan pada ketrampilan manusiawi
e. Konseptual melebihi top management
Jawaban: c
11. Seorang staf HRD di sebuah instansi menawarkan kepada Anda bahwa Anda bisa diterima sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Namun Anda dimintai sejumlah dana agar proses tersebut berjalan lancar. Sikap Anda adalah …..
a. Memberikan dana tersebut asal Anda bisa bekerja di perusahaan itu
b. Menolak tawaran itu dan mencoba melamar dengan cara yang baik/ikut seleksi
c. Mempertimbangkan tawaran itu
d. Melaporkan ulah HRD itu kepada pimpinan perusahaan
e. Menerima tawaran itu, toh tidak ada orang yang tahu
Jawaban: b
12. Saya ditugaskan untuk memimpin tim kerja dengan batas waktu yang sangat ketat. Anggota tim kerja memperlihatkan sikap tidak peduli dengan tugas yang diemban. Sikap saya adalah :
a. Bekerja sendiri yang penting tugas selesai
b. Mengancam mengeluarkan anggota yang tidak serius dari tim kerja
c. Melaporkan mereka pada pimpinan agar diberi sanksi
d. Membagi tugas secara adil dan memotivasi anggota untuk menyelesaikannya
e. Menasehati mereka agar sadar akan penyelesaian tugas yang diembannya
Jawaban: d
13. Sebuah organisasi sedang mengalami permasalahan internal seputar manajemen keuangan (kerugian atau defisit yang cukup besar). Pendapat saya terhadap kondisi ini adalah ….
a. Saya akan menjaga kerahasiaan permasalahan yang terjadi dan tidak ingin ikut campur masalah keuangan.
b. Seharusnya pimpinan puncak dapat menindak tegas yang terlibat dalam masalah ini
c. Tidak mempersoalkan masalah tersebut karena bukan bagian tugas saya
d. Pastikan bahwa kepala keuangan bertanggung jawab penuh terhadap masalah ini
e. Perlu menjelaskan permasalahan kondisi keuangan perusahaan kepada seluruh jajaran organisasi agar dapat mengevaluasi kembali rencana pembelanjaan.
Jawaban: a
14. Saat presentasi kelompok anggota yang seharusnya jadi pembicara tidak bisa datang, sebagai ketua tim kamu sebaiknya …
a. Menelepon orang tersebut sambal memikirkan alternative
b. Menyemangati anggota tim yang lain
c. Marah
d. Lapor ke dosen dan minta arahan
e. Dimusyawarahkan dengan anggota kelompok untuk menentukan siapa yang akan melakukan presentasi
Jawaban: e
15. Anda seorang resepsionis di suatu kantor yang bergerak dalam bidang pelayanan. Banyak keluhan yang ditujukan pada instansi tempat anda bekerja. Padahal di instansi anda tersebut terdapat fasilitas untuk keluhan online. Sikap anda...
a. Menerima keluhan para konsumen sembari mengajarkan cara menyampaikan keluhan secara online
b. Menerima dan menanggapi keluhan sembari mengajarkan cara menyampaikan keluhan secara online
c. Menerima dan menyelesaikan keluhan konsumen sambil menanyakan apakah ada kesulitan saat menyampaikan keluhan secara online
d. Menyelesaikan keluhan konsumen sambil menanyakan apakah ada kesulitan saat menyampaikan keluhan secara online
e. Mendengarkan keluh kesah konsumen tentang masalahnya dan mengajarkan cara menyampaikan keluhan secara online
Jawaban: b
16. Perusahaan tempat anda kerja saat ini mengalami penurunan yang disebabkan atasan yang baru sangat kaku & tidak terlalu paham mengenai kondisi pasar, sementara kamu sangat memahami kondisi pasar dan mengerti strategi peningkatan target. apa tindakan yang anda pikirkan (macam status facebook)
a. Seharusnya atasan lebih terbuka dan tidak kaku dan menerima semua masukan dari team.
b. Saya mengajukan ide secara pribadi dan mengemukakan kemampuan serta strategi untuk memperbaiki kinerja perusahaan.
c. Mengajak atasan dan semua team untuk mengatur jadwal diskusi secara rutin untuk bertukar pendapat
d. Membiarkan saja, karena sebagai atasan dia harus mampu mengkoordinasi team dengan baik dan punya strategi sendiri.
e. Sepakat dengan team yang lain untuk biasa saja karena semua anggota juga tau perilakunya yang kaku.
Jawaban: b
17. Menurut saya, sepuluh tahun setelah saya diangkat sebagai PNS, saya akan menjadi …
a. Bukan PNS lagi
b. PNS masih sebagai pelaksana di unit yang pertama kali saya diterima
c. PNS masih sebagai pelaksana di unit lain yang sesuai dengan kompetensi saya
d. masih sebagai pelaksana di unit lain yang sesuai dengan kompetensi saya
e. Pejabat struktural atau tenaga fungsional yang profesional dalam bidangnya
Jawaban: e
18. Menurut saya, orang yang kehilangan kesempatan mengembangkan usahanya lebih disebabkan oleh ...
a. Bertahan pada cara yang telah ada
b. Berfikir mencoba usaha lain
c. Menunda ketika melihat resikonya
d. Bertahan pada cara yang tidak praktis
e. Mundur begitu melihat resikonya
Jawaban: e
19. Menurut anda cara yang paling efektif untuk menggerakkan program- program yang sesuai dengan keinginan anda adalah..
a. Menjanjikan imbalan
b. Memberikan sanksi
c. Memberikan contoh
d. Menjadi panutan
e. Memimpin dengan keras
Jawaban: c
20. Tuntutan tugas anda adalah mencapai target produksi sesuai dengan standar yang ditetapkan. Akibat kelelahan fisik, anda melakukan kesalahan sehingga produk tidak memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Apa yang akan anda lakukan?
a. Tetap menghitung produk cacat dalam pencapaian produk hari itu
b. Mengakui ada kesalahan dan siap menerima konsekuensi dari hal tersebut
c. Menginformasikan ada beberapa produk cacat pada rekan kerja
d. Mengakui kesalahan dan menginformasikan kepada rekan sekerja
e. Mengakui kesalahan tetapi tidak mau bertanggung jawab sendiri karena kerja tim
Jawaban: b
21. Anda mendapatkan promosi jabatan yang sangat anda idam-idamkan. Sikap Anda...
a. Berusaha mengendalikan kebanggaan dan kebahagiaan diri serta keluarga
b. Sulit menahan diri untuk tidak bangga dan bahagia hingga semua orang harus tau mengenai promosi saya.
c. Merasa bangga dan bahagia serta mengadakan syukuran dengan keluarga
d. Bangga dan bahagia atas diri sendiri
e. Merasa bangga dan bahagia dan menyuruh keluarga mengadakan syukuran
Jawaban: a
22. Anda diminta oleh Direktur perusahaan untuk menjadi ketua sekaligus penanggung jawab sebuah tim di kantor, padahal Anda merasa belum pantas sebab masih ada manajer yang dianggap lebih mampu. Sikap yang harus Anda lakukan adalah ……
a. Menolak permintaan direktur tersebut
b. Mempertimbangkan permintaan tersebut dan minta saran/masukan dari manajer Anda
c. Menerima permintaan tersebut dengan senang hati
d. Menolak permintaan dan mengusulkan manajer Anda saja kepada Direktur
e. Menerima tawaran tersebut agar Anda bisa naik jabatan sejajar manajer Anda
Jawaban: b
23. Saat Anda sampai kantor, atasan Anda tengah memarahi staff Anda. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Menanyakan permasalahan kepada bawahan
b. Menemui atasan anda untuk mengetahui permasalahan
c. Mempertemukan atasan dan staff anda dalam sebuah pertemuan
d. Mencari tahu permasalahan dan menentukan siapa yang salah dan benar diantara kedua belah pihak
e. Mencari tahu permasalahan dan menentukan siapa hukuman apa yang pas dilakukan
Jawaban: b
24. Dengan perkembangan IT yang pesat, bagaimana kita menanggapinya untuk pekerjaan kita?
a. Belajar Teknologi Informasi dengan semangat untuk memperbaiki kinerja
b. Belajar Teknologi Informasi dengan penuh suka cita karena menyukai bidang tersebut
c. Belajar Teknologi Informasi agar pekerjaan cepat selesai
d. Belajar Teknologi Informasi agar dapat mengerjakan tugas dengan baik
e. Tidak belajar Teknologi Informasi karena tidak menyukainya
Jawaban: a
25. Pada saat anda sedang mengerjakan sebuah pekerjaan penting tiba-tiba anda menemukan sebuah kejanggalan pada system informasi yang anda gunakan dan bisa berakibat bocornya data perusahaan ke publik. Bagaimana sikap Anda …
a. Menyuruh semua rekan kerja untuk menghentikan penggunaan system itu
b. Saat itu juga anda menghentikan sistem itu juga
c. Melaporkan kepada atasan apakah harus menghentikan penggunaan system itu
d. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian menghentikan penggunaan system itu
e. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian melaporkan ke atasan tentang masalah pada system itu
Jawaban: c
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Dhita Koesno