Menuju konten utama

Contoh Soal PPPK Guru IPS SD 2023 dan Kunci Jawaban

Contoh soal PPPK Guru IPS SD 2023 dan kunci jawabannya dapat dipakai sebagai bahan latihan sebelum ujian seleksi. Berikut selengkapnya.

Contoh Soal PPPK Guru IPS SD 2023 dan Kunci Jawaban
Peserta rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mengerjakan soal berbasis "computer assisted test" (CAT) di Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (23/2/2019). ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/wsj.

tirto.id - Contoh soal PPPK Guru IPS SD 2023 dan kunci jawabannya dapat dipakai sebagai bahan latihan sebelum ujian seleksi.

Guru IPS adalah salah satu formasi yang dibuka dalam Seleksi PPPK Guru 2023.

Formasi Guru IPS di antaranya dibuka dalam Seleksi PPPK 2023 di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya sebagaimana terlampir dalam Pengumuman Ketua Penitia Seleksi Daerah Nomor 800.1.13.2/20230/436.8.4/2023 tanggal 18 September 2023 sebagai berikut:

LINK RINCIAN FORMASI PENGADAAN PPPK JF GURU PEMKOT SURABAYA 2023

Terlepas dari itu, tahukah Anda bahwa Pengumuman Seleksi Administrasi PPPK Guru 2023 telah diinformasikan melalui akun SSCASN masing-masing peserta pada 15-18 Oktober 2023.

Dalam pengumuman tersebut, peserta yang dinyatakan lolos Seleksi Administrasi PPPK Guru 2023, berhak melanjutkan ke Seleksi Kompetensi.

Contoh Soal Kompetensi PPPK Guru IPS dan Jawabannya

Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2023 akan diselenggarakan pada 10 November hingga 4 Desember 2023 mendatang. Dalam seleksi ini, salah satu tes yang akan diujikan adalah teknis.

Materi kompetensi teknis akan mengukur pengetahuan, perilaku, dan keterampilan spesifik sesuai bidang. Sebagai contoh, Guru IPS akan diuji dengan materi kompetensi teknis yang sesuai bidangnya tersebut.

Oleh sebab itu, peserta PPPK Guru IPS 2023 sebaiknya mempersiapkan diri menghadapi Seleksi Kompetensi Teknis mendatang. Berikut ini contoh soal PPPK Guru IPS SD 2023 dan kunci jawabannya:

1. Lingkungan alam dan lingkungan sosial sekitar merupakan sumber belajar IPS yang sangat penting karena memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik. Rancangan pembelajaran IPS yang menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk memahami benda-benda dan fenomena di sekitarnya dapat dilakukan dengan metode pembelajaran inquiry. Dalam metode tersebut guru memiliki peran yang sangat penting sebagai:

A. Fasilitator yang menunjukkan dan mengarahkan apa yang harus dilakukan oleh peserta didik di dalam lingkungan.

B. Manajer yang mengatur dan mengelola sumber belajar, waktu, dan mengorganisir kelas dalam kegiatan belajar di dalam lingkungan.

C. Administrator yang bertanggung jawab terhadap kegiatan di lingkungan sekitar sekolah.

D. Motivator yang memberikan rangsangan kepada siswa agar dapat berpikir dengan aktif dan kreatif untuk mempelajari benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.

E. Sumber informasi yang memberikan penjelasan dan informasi berkaitan dengan fenomena yang ada di lingkungan.

Jawaban: A. Fasilitator yang menunjukkan dan mengarahkan apa yang harus dilakukan oleh peserta didik di dalam lingkungan;

2. Ibu Suti adalah seorang guru SD yang mengajar IPS di kelas V di SDN Ciputat 7 Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Pada pembelajarannya di kelas Ibu Suti memberikan kartu yang berisi pertanyaan pertanyaan dan kartu-kartu lainnya berisi jawaban. Langkah berikutnya adalah Ibu Suti membagi kelas menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama merupakan kelompok pembawa kartu-kartu berisi pertanyaan-pertanyaan, kelompok kedua adalah kelompok pembawa kartu-kartu berisi jawaban-jawaban, sedangkan kelompok ketiga adalah kelompok penilai. Dilihat dari proses pembelajarannya Ibu Suti telah melaksanakan model...

A. Mencari kesamaan konsep.

B. Bertukar pasangan.

C. Menyatukan gagasan/ide.

D. Merumuskan jawaban.

E. Mencari pasangan.

Jawaban: E. Mencari pasangan

3. Untuk mengajarkan siswa materi “Peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha” secara langsung dapat dilakukan oleh guru dengan cara...

A. Membawa gambar peninggalan sejarah di kelas.

B. Melakukan studi lapangan ke situs sejarah.

C. Menggunakan media film dokumenter sejarah.

D. Membuat replika peninggalan sejarah.

E. Menonton film kolosal di bioskop.

Jawaban: B. Melakukan studi lapangan ke situs sejarah

4. Jika guru IPS akan mengajarkan materi tentang keterampilan mengidentifikasi pergerakan matahari dan pengaruhnya pada musim di Indonesia, maka media pembelajaran berbasis IT yang utama adalah...

A. Peta benda-benda langit.

B. Google map berbasis android.

C. Peta tematik berbasis android.

D. Peta buta berbasis multimedia.

E. Animasi tentang revolusi bumi.

Jawaban: C. Peta tematik berbasis android

5. Tujuan utama pembelajaran IPS adalah menjadikan peserta didik sebagai warga negara yang baik dalam kehidupan masyarakat majemuk yang demokratis. Oleh karenanya materi pembelajaran IPS seharusnya memberikan pengetahuan yang kontekstual yaitu:

A. Menyajikan pengetahuan, fakta dan fenomena yang sesuai dengan materi, tujuan pembelajaran serta sesuai dengan konteks sosial budayanya;

B. Menyajikan pengetahuan, fakta, dan fenomena terkini sehingga peserta didik memiliki pengetahuan up to date.

C. Menyajikan pengetahuan, fakta, dan fenomena yang aktual sehingga peserta didik memahami perkembangan masyarakat.

D. Memberikan perspektif yang baru tentang pengetahuan, fakta, dan fenomena kehidupan masyarakat yang modern.

E. Menyajikan masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat modern dan dinamis sehingga peserta didik tanggap terhadap perubahan dan modernitas.

Jawaban: A. Menyajikan pengetahuan, fakta dan fenomena yang sesuai dengan materi, tujuan pembelajaran serta sesuai dengan konteks sosial budayanya.

Untuk pembahasan soal di atas dan contoh pertanyaan beserta kunci jawabannya lebih banyak dapat dilihat melalui link sebagai berikut:

LINK CONTOH SOAL PPPK GURU IPS SD 2023 DAN KUNCI JAWABAN

Baca juga artikel terkait CPNS 2023 atau tulisan lainnya dari Syamsul Dwi Maarif

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani