Contoh Puisi Hari Kartini 2022 dan Cara Memperingati pada 21 April

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 19 Apr 2022 14:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Puisi Hari Kartini 2022 dan cara memperingati Hari Kartini 21 April.
tirto.id - Puisi tentang Kartini biasanya dibacakan untuk memperingati Hari Kartini 21 April. Pada Hari Kartini 2022 ini, peringatan Hari Kartini bisa dilakukan dengan mengadakan lomba baca puisi atau menulis puisi.

RA Kartini adalah salah satu pahlawan nasional perempuan yang lahir di Jepara pada 21 April 1879. Ia merupakan putri tertua dari bangsawan Jawa.

Ayahnya merupakan Bupati Jepara yang bernama Raden Mas Sosriningrat. Sementara itu Ibu bernama M.A. Ngasirah yaitu putri anak dari seorang guru agama atau kiai di Teluwakur, Jepara.

Kartini punya silsilah keluarga cerdas. Kakernya, Pangeran Ario Tjondronegoro IV adalah sosok cerdas yang diangkat menjadi bupati di usia 25 tahun.

Emansipasi wanita mulai menggema di Indonesia karena perjuangan RA Kartini. Ia mulai mengenal pemikiran maju soal wanita dari teman-teman di Belanda dan hasil dari membaca.

Dia menjadi tokoh yang aktif memperjuangkan kesetaraan hak-hak perempuan, terutama dalam hal pendidikan.


Contoh Puisi Hari Kartini


Pada peringatan Hari Kartini Tahun 2021, Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan sayembara puisi bertemakan Peran Kartini Masa Kini dalam Meningkatkan Budaya Literasi.

Puisi menjadi sarana komunikasi berkelanjutan untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran Kartini yang relevan dalam peningkatan budaya literasi masa kini.

Hasil pemenang Sayembara Puisi Kartini mencerminkan pemikiran dan peran Kartini pada masa kini dalam peningkatan budaya literasi. Contoh puisi Hari Kartini 2022 bisa disimak melalui link berikut ini:

Contoh Puisi Hari Kartini


Cara Memperingati Hari Kartini 2022


Hari Kartini bisa diperingati dengan banyak cara, sesuai kemampuan dan aktivitas masing-masing individu. Anak-anak sekolah biasanya diminta membuat karangan atau puisi soal Kartini dan perjuangannya.

Para pekerja kantoran ada yang diminta untuk memakai kebaya di Hari Kartini. Ada pula yang mengadakan seminar, workshop tentang emansipasi wanita di hari ini.

Di Bali, para peselancar perempuan mengenakan pakaian kebaya sambil mengibarkan bendera Merah Putih saat berselancar di Pantai Kuta.

Berselancar untuk menyambut Hari Kartini itu sekaligus menjadi daya tarik wisata untuk membangkitkan pariwisata Bali yang terdampak pandemi COVID-19.

Di Semarang, sebanyak 24 kerajinan batik dan ecoprint ragam motif karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) perempuan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Semarang akan dilelang secara daring.

Lelang batik karya warga lapas itu juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kartini pada tanggal 21 April 2022.


Baca juga artikel terkait HARI KARTINI atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom

DarkLight