Menuju konten utama

Contoh Projek Aku Cinta Keberagaman Kurikulum Merdeka SMP

Berikut akan diuraikan singkat contoh projek "Aku Cinta Keberagaman" Kurikulum Merdeka untuk SMP Fase D dalam Projek Bhinneka Tunggal Ika.

Contoh Projek Aku Cinta Keberagaman Kurikulum Merdeka SMP
Pelajar mengikuti proses belajar mengajar secara berkelompok dalam program Kurikulum Merdeka dengan pilihan Mandiri Belajar di sekolah MTsN Banda Aceh, Aceh, Selasa (22/8/2023). ANTARA FOTO/Ampelsa./Spt.

tirto.id - "Aku Cinta Keberagaman" adalah salah satu contoh projek pengembangan Bhineka Tunggal Ika dalam Kurikulum Merdeka. Berikut ini contoh projek pengembangan "Aku Cinta Keberagaman" yang dapat dijadikan acuan oleh para pendidik.

Sebelum lebih lanjut, tahukah Anda bahwa dalam rangka mewujudkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Kemendikbudristek menyediakan kumpulan perangkat ajar salah satunya berupa modul proyek.

Modul projek merupakan dokumen berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen sesuai kurikulum merdeka yang diharapkan mampu mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Modul proyek kurikulum merdeka terbagi 6 fase sebagai berikut:

  • Fase A untuk kelas 1-2
  • Fase B untuk kelas 3-4
  • Fase C untuk kelas 5-6
  • Fase D untuk kelas 7-9
  • Fase E untuk kelas 10
  • Fase F untuk kelas 11-12.

Contoh Projek Aku Cinta Keberagaman Kurikulum Merdeka SMP

Projek kurikulum merdeka Fase D untuk SMP salah satunya bertajuk "Bhineka Tunggal Ika". Projek "Bhineka Tunggal Ika" tersebut kemudian dibagi kembali menjadi beberapa topik, salah satunya contoh projek pengembangan topik adalah tentang "Aku Cinta Keberagaman".

Topik "Aku Cinta Keberagaman" bertujuan untuk menumbuhkan karakter kebhinekaan terhadap keragaman etnik, agama, dan budaya di lingkungan sekolah.

Lebih lanjut, topik tersebut mengajak peserta didik menyelesaikan konflik keberagaman serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan menuangkan ide dan kreativitas melalui berbagai media seperti poster komik, cipta puisi, dan bermain peran.

Dikutip dari Modul P5 Fase D Bhinneka Tunggal Ika: Aku Cinta Keberagaman (2023) oleh Maryono, dkk, projek pengembangan "Aku Cinta Keberagaman" dapat dilakukan melalui empat tahapan meliputi pengenalan, kontekstualisasi, aksi, serta refleksi dan evaluasi.

Berikut ini contoh pelaksanaan proyek pengembangan "Aku Cinta Keberagaman" dari projek kurikulum merdeka Fase D untuk SMP "Bhinneka Tunggal Ika":

1. Siswa bersama guru mengidentifikasi kebhinekaan. Guru memberikan pertanyaan pemantik:

a. Siapa yang tahu sejarah Bhinneka Tunggal Ika?

b. Apa arti Bhinneka Tunggal Ika?

2. Siswa memperhatikan penjelasan materi kebhinekaan.

3. Siswa menonton video “Arti dan Makna dari Bhinneka Tunggal Ika” atau membaca artikel “Makna Bhinneka Tunggal Ika, Pengertian, Fungsi, serta contoh dalam Kehidupan Sehari-hari”.

4. Siswa membuat kesimpulan tentang video yang ditonton atau artikel yang dibaca.

5. Kesimpulan yang dibuat siswa menjelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika, fungsi Bhinneka Tunggal Ika, dan menyebutkan contoh Bhinneka Tunggal Ika.

6. Siswa dan guru menarik kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.

Untuk waktu penyelenggaraan, dimensi, tujuan, sumber, persiapan guru dalam pelaksanaan proyek pengembangan "Aku Cinta Keberagaman", Anda dapat mendownload modul melalui link sebagai berikut:

LINK DOWNLOAD MODUL PROJEK AKU CINTA KEBERAGAMAN PDF

Baca juga artikel terkait KURIKULUM MERDEKA SMP atau tulisan lainnya dari Syamsul Dwi Maarif

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Dhita Koesno