Contoh Poster Pawai Tahun Baru Islam 1 Muharram 2023 di Canva

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 18 Jul 2023 04:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini kumpulan contoh poster pawai Tahun Baru Islam 1 Muharram 2023 di Canva dan cara membuatnya di platform tersebut.
tirto.id - Poster pawai Tahun Baru Islam 1 Muharam 2023 bisa dibuat di Canva untuk media sosialisasi.

Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023. Kehadiran tahun baru ini disambut dengan gembira oleh sebagian umat Islam dengan mengadakan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan tersebut berupa pawai Tahun Baru Islam.

Pawai adalah kegiatan yang memerlukan partisipasi dari banyak orang. Semakin ramai partisipan, kegiatan pawai menjadi meriah. Kemeriahan inilah yang diharapkan mengingatkan kembali tentang makna hijrah menuju kebaikan sebagai ruh yang berada di balik Tahun Baru Islam.

Sarana untuk mengumpulkan massa pada pawai tersebut bisa dengan membuat poster. Poster yang berisi berbagai hal tentang kegiatan pawai Tahun Baru Islam, dapat memberikan informasi pada khalayak dan memunculkan kertarikan untuk turut bergabung. Pembuatan poster pun kini makin mudah dilakukan secara online.


Contoh dan Cara Membuat Poster Pawai Tahun Baru Islam 2023


Cara membuat poster pawai Tahun Baru Islam 2023 bisa dilakukan dengan memanfaatkan Canva. Canva adalah platform yang bisa digunakan untuk membuat berbagai kebutuhan desain dengan cara mudah. Ada banyak contoh atau template desain yang disediakan Canva dan pengguna tinggal melakukan pengeditan sesuai keinginan.

Contoh desain di Canva dapat diakses dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian. Adapun contoh atau template desain poster, di antaranya dapat langsung ditemukan di Canva dengan mengunjungi salah satu tautan di bawah ini:

  1. www.canva.com/id_id/contoh/?query=pawai-tahun-baru
  2. www.canva.com/id_id/contoh/?query=poster-pawai
  3. www.canva.com/id_id/contoh/?query=poster-pawai-tahun-baru-hijriah

Cara membuat poster pawai Tahun Baru Islam 2023 di Canva tidak rumit. Langkah-langkah membuat poster berbekal template Canva, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Buka website Canva di www.canva.com

Lalu, lakukan pencarian desain contoh atau template poster Tahun Baru Islam dengan mengetikkan kata kunci "poster", "pawai tahun baru", poster pawai", atau sejenisnya. Atau, pengguna dapat langsung menuju daftar contoh poster pada tautan di atas. Pilih template yang statusnya gratis (tanpa ikon mahkota) untuk dijadikan template.

2. Tentukan salah satu template poster yang disukai

Klik template tersebut, lalu klik kotak Sesuaikan template ini.

3. Lakukan penyesuaian pada desain template

Jika pengeditan hanya pada teks, lakukan perubahan teks meliputi letak penempatan, isi teks, hingga jenis font sesuai kebutuhan sampai didapatkan desain finalnya

4. Jika memerlukan penyesuaian pada latar belakang, gambar, teks, dan sebagainya, lakukan pengeditan lebih luas

Manfaatkan fitur penambahan foto, elemen, ikon, font, draw, dan sebagainya yang sudah disediakan. Atur desain sampai diperoleh desain final.

5. Desain final dapat diunduh

Lakukan dengan klik tombol Share > Download > File Type. Tentukan jenis file untuk penyimpanan desain seperti PNG atau JPG.

6. Akhiri dengan klik Download

File desain poster akan terunduh otomatis.


Baca juga artikel terkait RAGAM DAN HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis

DarkLight