Cara Membuat Kartu Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H

Kontributor: Umi Zuhriyah, tirto.id - 17 Jul 2023 14:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini cara membuat kartu ucapan tahun baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah melalui Canva.
tirto.id - Tahun baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah akan dirayakan bertepatan pada Rabu, 19 Juli 2023. Dalam SKB 3 Menteri, tanggal tersebut telah ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional Tahun Baru Islam 1445 Hijriah.

Tanggal 1 Muharam merupakan penanda tahun baru dalam kalender kamariah, penanggalan berdasarkan peredaran bulan. Datangnya tanggal 1 Muharam nanti berarti juga menandai berakhirnya tahun 1444 Hijriah.

Umumnya, 1 Muharam juga disebut dengan 1 Suro. Pada dasarnya, bulan Muharam dan bulan Suro sama, hanya saja penyebutan tradisi yang membuatnya sedikit berbeda. Bulan Suro adalah penyebutan bulan pertama dalam kalender Jawa-Islam, kalender Saka-Hijriah, atau kalender Sultan Agung.

Dalam masyarakat Jawa, Suro disebut sebagai bulan istimewa yang berkaitan erat dengan hal mistis. Adapun bagi umat Islam, bulan Muharam disebut sebagai syahrullah “bulannya Allah”. Pada bulan Muharam tersebut berbagai peristiwa sejarah Islam terjadi sehingga Allah SWT menganjurkan pelaksanaan berbagai amalan saleh.


Cara Membuat Kartu Ucapan Tahun Baru Islam di Canva


Berbagi kartu ucapan selamat menjadi salah satu kegiatan untuk merayakan tahun baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah. Kartu ucapan tahun baru Islam 1445 Hijriah dapat dikirimkan atau dibagikan kepada keluarga, rekan kerja, sahabat dan yang lainnya.

Canva merupakan salah satu platform desain online yang bisa digunakan untuk membuat kartu ucapan Waisak, Idul Adha, tahun baru Islam 1445 Hijriah dan masih banyak lagi. Canva dapat diakses secara gratis maupun berbayar (premium).

Sebagai referensi, Anda dapat mengakses tautan berikut untuk melihat contoh background ucapan selamat tahun baru Islam: Link contoh background ucapan selamat tahun baru Islam.

Seperti dilansir situs Canva.com, berikut ini tata cara membuat kartu ucapan tahun baru Islam di Canva.

1. Buka Canva

Buka Canva melalui situs www.canva.com atau aplikasi yang telah terpasang di ponsel. Bila belum punya akun, daftar terlebih dahulu menggunakan alamat email Anda.

2. Temukan desain kartu ucapan yang sempurna

Masukkan kata kunci “kartu ucapan tahun baru islam” dalam kolom pencarian. Pilihlah template atau desain kartu ucapan yang Anda sukai.

3. Edit dan hias desain

Edit template yang telah Anda pilih menggunakan berbagai elemen yang tersedia di Canva. Anda bisa membuat elemen bergerak menggunakan alat bantu animasi praktis. Anda juga dapat menambahkan hiasan pada template berupa foto, gambar, ilustrasi, stiker, grafis dan masih banyak lagi. Edit kartu ucapan sesuai dengan selera Anda.

4. Tambahkan kalimat ucapan

Yang tak boleh lupa, bubuhkan kata-kata berkesan dalam kartu ucapan untuk mengucapkan selamat tahun baru Islam 1445 Hijriah.

5. Bagikan atau cetak

Setelah selesai membuat kartu ucapan, Anda bisa mengunduh dan membagikannya. Desain kartu ucapan di Canva tersedia dalam format PDF, JPG, atau PNG yang siap dicetak yang siap dicetak atau dibagikan melalui sosial media.


Baca juga artikel terkait RAGAM DAN HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Umi Zuhriyah
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Umi Zuhriyah
Penulis: Umi Zuhriyah
Editor: Ibnu Azis

DarkLight