Contoh Kalimat Sanggah Hasil SKD CPNS 2023 yang Baik dan Benar

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 20 Nov 2023 14:41 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara mengajukan sanggah hasil SKD CPNS 2023 dan contoh kalimat sanggah hasil SKD CPNS 2023 yang baik dan benar.
tirto.id - Kalimat sanggah hasil SKD CPNS 2023 perlu disampaikan dengan cara yang baik dan tepat. Pemilihan katanya lugas, tidak mengada-ada, dan mengungkapkan alasan secara tepat.

Masa sanggah atas hasil SKD CPNS 2023 dilaksanakan selama tiga hari mulai 23 hingga 25 November 2023. Pengumuman hasil SKD sendiri dilakukan 20 sampai 22 November 2023. Agenda ini hanya bisa diikuti peserta tes SKD yang dinyatakan gagal dan akan menyatakan keberatannya karena dianggap ada kesalahan dari sistem.

Pengertian masa sanggah yaitu waktu yang disediakan bagi peserta tes CPNS untuk melakukan sanggahan atas pengumuman hasil seleksi. Agenda ini mengiringi seleksi administrasi, SKD, dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). Di sisi lain, instansi akan melakukan verifikasi ulang atas hasil yang disanggah tersebut.

Masa sanggah SKD bukan untuk memperbaiki nilai SKD. Pada kasus nilai ambang batas SKD salah ditampilkan, peserta dapat mengajukan sanggah jika nilai SKD tersebut tidak sama dengan perolehan nilai sebenarnya. Misalnya pada sertifikat CAT sudah di atas nilai ambang batas, namun pada hasil SKD disebutkan nilainya di bawah itu.


Cara Mengajukan Sanggah Hasil SKD CPNS 2023


Cara mengajukan sanggah hasil SKD sama seperti pada seleksi administrasi. Perbedaannya terletak pada alasan yang disampaikan. Berikut tata caranya:

1. Buka laman ASN Karier di sscasn.bkn.go.id dan lalukan login akun;

2. Pelamar yang dinyatakan tidak lolos seleksi, di sebelah bawah layar akan muncul tombol Ajukan Sanggah;


3. Klik tombol Ajukan Sanggah untuk mengajukan sanggahan;


4. Pada poin dokumen yang hendak disanggah, masukkan alasan sanggahan yang benar, realistis, tidak dibuat-buat. Pelamar dapat mengunggah dokumen untuk pembuktian sanggah;


5. Klik kotak centang setuju dengan ketentuan;


6. Kik Akhiri Proses Sanggah untuk memasukkan sanggahan.


Contoh Kalimat Sanggah Hasil SKD CPNS 2023 Singkat dan Benar



Pengajuan sanggah pada SKD CPNS 2023 dilakukan untuk menyampaikan keberatan atas nilai hingga pemeringkatan. Alasan ini dimasukkan saat proses menginput sanggah pada portal ASN Karier.

Ada kemungkinan pelamar tidak lolos karena sistem salah menampilkan nilai SKD dan tidak sama dengan sertifikat CAT BKN milik peserta. Akibatnya, sistem menyatakan peserta tersebut gagal. Masalah seperti ini dapat diangkat dalam kalimat sanggah.

Contoh kalimat sanggah dapat ditulis seperti berikut:

1. Kasus gagal karena tidak memenuhi nilai ambang batas SKD

Kalimat sanggah:
"Mohon diperiksa kembali bahwa nilai ambang batas SKD yang saya capai telah memenuhi syarat. Saya lampirkan sertifikat CAT BKN sebagai bukti."

2. Kasus tidak masuk dalam pemeringkatan

Kalimat sanggah:
"Mohon dapat diverifikasi kembali untuk nilai SKD saya seharusnya telah masuk ke dalam tiga besar pemeringkatan hasil SKD. Saya lampirkan sertifikat CAT BKN sebagai bukti."

Cara Download Hasil SKD CPNS 2023



Hasil SKD bisa diunduh sertifikatnya secara online. Sertifikat digital ini bisa dijadikan bukti pengajuan sanggah ketika sistem tidak menampilkan nilai SKD peserta secara benar. Cara pengunduhan sertifikat CAT BKN sebagai berikut:

1. Buka laman Sertifikat BKN di sertificat.bkn.go.id

2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di kolom pertama


3. Masukkan Nomor Peserta di kolom kedua


4. Pilih tipe seleksi yang sudah dilakukan SKD. Pilihan seleksi terdiri dari: Sekolah Kedinasan; CPNS; dan PPPK


5. Klik "Unduh" untuk memulai proses download. Nilai SKD akan tersimpan di perangkat secara otomatis.


Baca juga artikel terkait SKD CPNS 2023 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight