Chris John, Jamal Mirdad & Nafa Urbach Berpotensi Gagal ke Senayan

Oleh: Bayu Septianto - 15 Mei 2019
Berikut daftar artis dan mantan atlet yang diprediksi tak lolos ke senayan.
tirto.id - Sejumlah artis dan mantan atlet diprediksi gagal menjadi DPR RI periode 2019-2024 dari Jawa Tengah. Hal itu diketahui usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengesahkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 untuk Provinsi Jawa Tengah di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Salah satu artis yang diprediksi gagal masuk ke Senayan adalah Jamal Mirdad dari Partai Gerindra. Meski merupakan caleg petahana, Jamal gagal melenggang kembali karena suaranya kalah dari caleg lainnya di Partai Gerindra, Sigit Ibnugroho Sarasprono. Padahal, mantan suami Lydia Kandou ini meraih suara 31.082 dari Dapil Jateng I.

Nasib serupa dialami artis sinetron seperti Cut Meyriska, M. Adly Fairuz, dan Hans Christian Hosman. Ketiganya berasal dari Partai Nasdem, namun kemungkinan tak masuk parlemen karena perolehan suaranya kalah oleh caleg lainnya.

Artis lain yang hampir dipastikan tak melaju ke parlemen adalah presenter Tamara Geraldine dari PDIP, Dina Lorenza dari Demokrat, serta Elena Andrian, Bertrand Antolin, dan Nafa Urbach yang ketiga artis ini berasal dari NasDem.

Tak hanya artis, kegagalan juga diperkirakan menimpa sejumlah atlet seperti caleg PAN Yayuk Basuki dan Harijanto Arbi dari PSI. Mantan petenis dan pebulutangkis itu harus terima kegagalan karena suara partainya tak cukup membawa mereka ke Senayan.

Mantan Petinju Chris John juga harus gigit jari untuk mencoba nasibnya berkarir di dunia politik. Maju melalui Partai NasDem di Dapil IX, juara dunia ini hanya meraih 4.282 suara.

Kegagalan melenggang ke Senayan juga dialami model dan pemain FTV, Livy Andriani. Caleg dari Partai NasDem itu sempat mencuat namanya setelah ia digosipkan tengah bersama politikus Partai Demokrat, Andi Arief di sebuah hotel karena kasus narkoba. Meski telah membantah, Livy hanya mampu meraih 890 suara di Dapil IV Jawa Tengah.


Baca juga artikel terkait PILEG 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Alexander Haryanto