Cek Hasil SNMPTN 2018 di Pengumuman.snmptn.ac.id Mulai Hari Ini

Ilustrasi. Ribuan mahasiswa mengikuti kegiatan awal mahasiswa baru UI. Antara Foto/Indrianto Eko Suwarso.
17 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Peserta baru bisa mengakses hasil SNMPTN 2018 di laman pengumuman.snmptn.ac.id pukul 17.00 WIB, mulai 17 April hari ini.
tirto.id - Mulai Selasa, 17 April 2018, hasil SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri akan diumumkan. Namun, peserta harus sabar menunggu karena pengumuman hasil SNMPTN 2018 baru dapat dilihat pukul 17.00 WIB hari ini.

Berdasarkan informasi dari laman resminya, pengumuman hasil SNMPTN 2018 bisa diakses melalui laman pengumuman.snmptn.ac.id. Selain pada situs web tersebut, Tirto juga menyediakan aplikasi pencarian hasil SNMPTN 2018. Pencarian dapat dilakukan dengan memasukkan nomor peserta dan klik "cari".

Bagi peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2018, diharuskan melakukan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing. Informasi terkait proses ini dapat diakses pada masing-masing situs web PTN pilihan peserta yang dinyatakan diterima.

Adapun tahap verifikasi dan daftar ulang peserta lolos SNMPTN 2018 ini dilakukan pada Selasa, 8 Mei. Namun peserta wajib melakukan pencetakan ulang kartu pendaftaran yang dijadwalkan mulai 18 April sampai 8 Mei.

Bagi peserta yang belum diterima seleksi perguruan tinggi negeri lewat SNMPTN 2018, dapat mencoba jalur masuk lain seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara online melalui laman: https://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Untuk mendaftar, siswa diharuskan memiliki Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN yang dapat diperoleh usai melakukan pembayaran biaya seleksi sebesar Rp200.000.

Sementara itu, bagi peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2018 tapi telah mendaftar SBMPTN, dapat memilih salah satu proses. Alasannya, jadwal proses verifikasi dan daftar ulang peserta lolos SNMPTN yang jatuh pada 8 Mei bersamaan dengan tahapan ujian SBMPTN 2018.

“Kami informasikan kembali, terkait pendaftaran SBMPTN tidak mempengaruhi penerimaan SNMPTN. Jadwal test SBMPTN bersamaan dengan jadwal verifikasi penerimaan SNMPTN, jadi nanti bisa pilih salah satu ;),” papar Sekretariat SBMPTN pada akun Twitter resminya.

Peserta diharuskan memilih salah satu. Bagi peserta yang lolos SNMPTN 2018 tapi tidak melanjutkan verifikasi dan menjalani ujian SBMPTN, dibolehkan. Hanya saja, peserta batal dinyatakan diterima SNMPTN karena tidak melakukan verifikasi.

“Kesempatannya akan hangus ketika siswa tidak melakukan verifikasi SNMPTN,” jelas Sekretariat SBMPTN menegaskan.

Seleksi SNMPTN 2018 tetap berdasar hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa. Data prestasi akademik siswa itu bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Tahun ini, panitia SNMPTN menargetkan ada 800.000 siswa yang akan mendaftar sebagai calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN 2018.

Mengenai kuota penerimaan mahasiswa baru melalui masing-masing jalur seleksi, persentasenya tidak ditetapkan secara pasti melainkan hanya batas minimalnya. Untuk setiap jalur seleksi, minimal menerima 30 persen dari seluruh kuota mahasiswa baru di setiap PTN.

Tirto membuat panduan bagi para pendaftar untuk memilih program studi di PTN seluruh Indonesia, dengan menyediakan aplikasi pencarian.

Cari tahu daftar program studi yang tersedia di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur SBMPTN 2018. Ketikkan PTN pilihanmu pada kolom di bawah ini, dan cari tahu prodi apa saja yang tersedia berdasarkan jurusan SMA/SMK.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2018 atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
a