Menuju konten utama

Cara Mengubah Facebook Biasa ke Facebook Pro

Berikut ini cara mengubah aplikasi Facebook biasa ke Facebook Pro. Cek apa saja keuntungannya? 

Cara Mengubah Facebook Biasa ke Facebook Pro
Ilustrasi Facebook. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Facebook telah membuka layanan baru dengan mengajak penggunanya untuk bergabung dengan Facebook Pro (Facebook Professional).

Melalui Facebook Pro, pengguna berkesempatan menggunakannya untuk keperluan bisnis, di samping memakainya layaknya berada di mode Facebook Profil.

Mode profesional pada Facebook intinya menggabungkan antara akun Facebook Profil dengan Halaman (Page). Jadi akun Facebook bukan hanya dapat mempertemukan seseorang dengan orang lain, tetapi juga bisa memakainya untuk kebutuhan sebagai kreator digital serta berpeluang menghasilkan uang.

Facebook Pro lebih tepat disandang oleh akun Facebook Profile yang memiliki jumlah pengikut atau bisnis besar.

Selain itu, fitur-fitur yang ditawarkan cocok pula bagi para influencer. Ada pun akun yang digunakan tetap sama, hanya memiliki dua fungsi sekaligus sebagai Facebook Profil dan Facebook Profesional.

Apa saja Keuntungan Beralih ke Facebook Pro?

Akun yang telah berstatus sebagai Facebook Pro akan memiliki berbagai fitur yang cukup menguntungkan. Pengguna memungkinkan untuk mendapatkan:

1. Peningkatan pada bagian biografi sehingga pengguna lebih banyak dalam menceritakan profil diri dan aktivitasnya.

2. Alat privasi dan keamanan ekstra. Tool ini memiliki kemampuan seperti filter otomatis, pemblokiran, menonaktifkan komentar, sampai memoderasi kata atau orang tertentu.

3. Pilihan dalam membagikan postingan. Artinya, postingan yang diunggah di Halaman dapat diatur mengenai siapa saja yang bisa melihatnya seperti orang-orang khusus di dalam grup atau semuanya.

4. Peluang monetisasi. Akun Facebook Pro berkesempatan melalukan monetisasi pada postingan, bahkan menayangkan iklan saat streaming dan membuat kebijakan langganan berbayar. Semua bentuk monetisasi akan menghasilkan uang jika mendapat respons positif dari pengikut.

5. Snapshot pengikut. Melalui Facebook Pro, pengguna bisa memantau statistik pengikut dan keterlibatan. Fitur ini sebelumnya hanya untuk fitur Halaman/Page di Facebook.

Cara Upgrade Akun Facebook Profile ke Facebook Professional

Facebook memberikan keleluasaan bagi penggunanya beralih dari akun Facebook Profile ke Facebook Pro, atau sebaliknya. Proses perubahan ini dapat dilakukan dengan mudah. Cara melakukannya sebagai berikut pada versi website:

1. Buka laman facebook.com dan lakukan login akun

2. Masuk ke halaman profil diri dengan klik gambar profil atau nama pengguna di bagian kiri atas beranda

3. Klik ikon titik tiga sejajar yang ada di sisi paling kanan, di bawah tombol "Edit profil"

4. Klik opsi "Aktifkan mode profesional"

5. Pilih kategori profesional

6. Sesuaikan informasi profesional

7. Sesuaikan pengaturan privasi jika diinginkan

8. Klik "Simpan" untuk mengaktifkan

Cara tersebut berlaku pula jika ingin mengubah dari mode profesional ke mode profil. Hanya saja, monetisasi akun hanya bisa dilakukan lewat mode profesional.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Profesional

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk monetisasi atau mendapat uang melalui akun Facebook Profesional. Laman Facebook menerangkan, setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan:

1. Mendapatkan Bintang Facebook dari pengguna lain

Postingan foto, video on demand (VOD), hingga teks pada akun Facebook Profesional memungkinkan untuk dimonetisasi.

Dalam postingan akan muncul opsi untuk memberikan Bintang pada pembuat konten. Pemirsa yang telah membeli dan memiliki Bintang, dapat memberikannya di VOD atau postingan teks dan foto yang diinginkannya.

Nilai satu bintang setara dengan 0.01 dolar AS sebagai imbalan bagi pembuat postingan. Jika dirupiahkan untuk saat ini, kurang lebih Rp157.

2. Membuat Halaman berbayar

Pengguna akun Facebook Profesional bisa membuat Halaman Facebook (Page) yang diatur berbayar. Pengguna lainnya yang ingin bergabung harus membayar tarif berlangganan.

Cara ini tepat diterapkan ketika pemilik akun telah memiliki banyak pengikut, seperti artis, influencer, atau pesohor lainnya yang telah memiliki basis penggemar.

3. Endorse produk

Facebook Profesional memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk mendapatkan tawaran endorse produk.

Pemilik merek dapat mengajak bekerja sama untuk memperkenalkan produk tertentu yang diperkirakan diminati para pengikut.

Baca juga artikel terkait TEKNOLOGI atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Teknologi
Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo