tirto.id - Facebook adalah media sosial (medsos) dengan lebih dari 2 miliar pengguna dis eluruh dunia. Salah satu sisi menarik dari medsos tersebut yaitu membangun interaksi di antara penggunanya tidak hanya memakai teks, tetapi juga memanfaatkan interaksi dua arah dengan chat dan panggilan video.
Di samping itu, Facebook memiliki layanan untuk membangun interaksi komunitas melalui fitur grup. Facebook mengalami perkembangan sangat pesat. Dari mulanya sebagai medsos dengan anggota terbatas untuk mahasiswa di Universitas Harvard, kini dapat dimanfaatkan oleh semua orang di seluruh dunia. Layanan yang diberikan selalu diupdate dari waktu ke waktu.
Fitur-fiturnya tidak terbatas sebagai ajang mempertemukan banyak orang di seluruh dunia. Medsos ini juga merambah ke fitr bisnis dan periklanan. Tidak heran bila sebagian orang cukup terbantu dengan Facebook untuk tujuan berbisnis seperti jualan online.
Sejarah Facebook
Facebook diperkenalkan ke publik oleh Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004. Dia mendirikan Facebook bersama rekan-rekannya yakni Dustin Moskovitz, Chris Hughes dan Eduardo Saverin.
Media sosial ini sebenarnya tidak diperuntukkan untuk umum. Kala itu, medsos yang bernama awal The Facebook tersebut dipakai untuk interaksi terbatas bagi anggota asrama mahasiswa Universitas Harvard. Jangkauan akses Facebook lalu diperluas ke Universitas Stanford, Columbia, dan Yale pada 1 Maret 2004.
Kantor Facebook lalu dipindah dari Harvard ke Palo Alto, California pada 1 Juni 2004. Facebook lalu ditambahkan fitur Facebook Wall tiga bulan setelah itu. Kegunaan Facebook Wall sebagai media pesan dari pemilik akun kepada teman-teman mereka.
Fitur ini menarik minat banyak orang. Bahkan, pengguna aktifnya mencapai lebih dari 1 juta orang per 1 Desember 2004. Sedangkan per 1 Mei 2005, Facebook telah memiliki lebih dari 800 jaringan pergurungan di Amerika Serikat dan Kanada.
Tidak berhenti sampai situ, Facebook lantas meluaskan jaringan ke sekolah menengah atas. Seiring makin meluasnya jaringan ini, nama brand pun diganti dari The Facebook menjadi Facebook dengan domain www.facebook.com.
Facebook telah melakukan banyak perubahan selama periode 2004 - 2007. Perubahan terjadi pada struktur perusahaan hingga teknologi yang diterapkan. Medsos ini seringkali memberikan rilis mengenai perkembangannya melalui Facebook Newsroom.
Fitur Facebook
Fitur yang dimiliki Facebook secara garis besar termuat dalam laman Pusat Bantuan. Ada tiga kelompok fitur utama yang dapat dimanfaatkan penggunanya yakni:
1. Fitur posting dan terhubung
- Postingan, yaitu fitur untuk memosting gambar, video, hingga polling;
- Cerita, yaitu cerita sebagaimana fitur insta story pada instagram yang memungkinkan pengguna berbagi kisahnya;
- Kotak masuk, yaitu fitur yang menyimpan seluruh komunikasi di satu tempat baik dari messenger, instagram direct, atau komentar;
- Grup, yaitu ruang untuk berkomunikasi dengan sekelompok orang dengan minat tertentu.
2. Fitur bisnis
- Janji temu, yaitu fitur yang mengizinkan pengguna membuat janji bertemu dengan pengguna lain di Facebook;
- Acara, yaitu fitur untuk membuat suatu acara dan mengundang pengguna lain untuk bisa hadir;
- Lowongan kerja, yaitu fitur untuk mengelola semua postingan lowongan kera di satu tempat halaman;
- Belanja, yaitu fitur toko untuk memudahkan menawarkan belanja hingga pembeliannya.
3. Pengoptimalan halaman
- Insight, yaitu fitur mengenai gambaran umum mengenai halaman yang dibuat pengguna. Insight meliputi pula laporan mengenai kinerja iklan yang telah dibuat dan dapat diakses lewat tab Pusat Iklan;
- Iklan, yaitu fitur untuk mempromosikan apa pun kepada pengguna Facebook. Satu-satunya fitur yang tidak gratis adalah iklan ini dan berbayar sesuai ketentuan dari Facebook.
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yantina Debora