Cara Menghindari Akun LTMPT SNMPTN 2022 Terkunci

Penulis: Ibnu Azis - 17 Jan 2022 18:47 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Agar akun LTMPT tidak terkunci, cara menghindarinya sangat sederhana: jangan sampai salah memasukkan password, sampai beberapa kali. Berikut ini panduannya.
tirto.id - Akun LTMPT SNMPTN 2022 dapat terkunci atau dibekukan selamanya karena sebab tertentu. Ternyata, ada cara sederhana untuk menghindarinya.

Registrasi akun LTMPT siswa untuk mendaftar SNMPTN sudah dibuka sejak 10 Januari 2022. Pendaftaran tersebut akan ditutup pada tanggal 15 Februari 2022.

Saat melakukan pendaftaran, siswa diminta untuk membuat password atau kata sandi. Terkadang, password yang dibuat terlalu rumit justru membuat mereka kesulitan saat mengingat.

Akibatnya, password yang dimasukkan bisa salah lantaran kurang atau tidak lengkap.


Risiko Salah Memasukkan Password LTMPT


LTMPT melalui akun Instagram resminya mengingatkan soal ini. Ada risiko yang harus ditanggung jika salah memasukkan password.

“Kesalahan lupa password kerap dialami cukup banyak siswa dan sekolah yang akan melakukan registrasi,” unggahan @ltmptofficial pada 15 Januari 2022.

“Jika terjadi lima kali kesalahan dalam menginput password, akun siswa atau sekolah akan DIBEKUKAN SEMENTARA selama 15 menit,” sambung unggahan tersebut.

Bahkan, menurut LTMPT, jika kesalahan password terjadi sampai lima kali lagi atau secara total menjadi 10 kali salah password, akun siswa atau sekolah akan dikunci atau dibekukan selamanya.

Oleh karenanya, LTMPT pun mengimbau agar siswa mencatat kata sandi tersebut agar tidak lupa.

“Jadi, yuk kita simpan dan catat password akun LTMPT dengan baik!” tulis @ltmptofficial.


Cara Menghindari Akun LTMPT Terkunci


Agar akun LTMPT tidak terkunci, cara menghindarinya sebenarnya sangat sederhana, yaitu jangan sampai salah memasukkan password, sampai beberapa kali.

“Jika hal ini terjadi, siswa dan sekolah bisa menggunakan menu FORGOT PASSWORD untuk menghindari akun dibekukan selamanya,” tulis @ltmptofficial.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika lupa kata sandi?

Jika lupa alamat email yang dipakai saat daftar akun LTMPT maka dapat mengirim tiket ke laman halo.ltmpt.ac.id dengan menyebutkan nama lengkap, NISN, NPSN, NIK, alamat lengkap, dan tempat-tanggal lahir, seperti dijelaskan laman LTMPT.

Akan tetapi, jika hanya lupa password saja, bisa menggunakan menu lupa password pada laman login akun LTMPT untuk mendapatkan password yang baru. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan jika lupa password akun di laman LTMPT:

  1. Jika siswa lupa password akun LTMPT, buka laman portal.ltmpt.ac.id dan pilih tombol “Masuk”
  2. Setelah laman login muncul, klik tautan “Lupa kata sandi” atau “Forgot password”
  3. Masukkan email akun LTMPT yang telah didaftarkan sebelumnya
  4. Jika akun yang dimasukkan sudah terdaftar, akan muncul notifikasi pengiriman email reset password
  5. Buka inbox/spam folder dalam email dan klik tombol “Reset Password”
  6. Masukkan password baru dan lakukan konfirmasi password baru
  7. Setelah memasukkan password baru, akan muncul notifikasi sukses
  8. Login kembali di Portal LTMPT

Secara lebih lengkap, langkah-langkah dalam mendaftar akun LTMPT siswa untuk SNMPTN 2022 bisa diunduh lewat tautan berikut ini.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2022 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Yantina Debora

DarkLight