Menuju konten utama

Cara Menggunakan Fitur Tweet Terjadwal di Twitter

Berikut ini cara membuat tweet terjadwal dan bagaimana mengelolanya. 

Cara Menggunakan Fitur Tweet Terjadwal di Twitter
Layanan streaming berita Twitter. iStock/Getty Images

tirto.id - Beberapa waktu lalu Twitter sedang melakukan uji coba terhadap fitur terbarunya yaitu scheduling atau tweet terjadwal. Kini, fitur tersebut sudah resmi dirilis dan bisa digunakan oleh para penggunanya.

Fitur scheduling memungkinkan pengguna dapat menjadwalkan kapan sebuah cuitan akan diunggah secara otomatis sesuai dengan waktu yang sebelumnya telah diatur.

Fitur ini hanya dapat digunakan ketika pengguna mengatur tweet melalui Twitter yang diakses melalui web utama milik Twitter.

Dilansir dari The Verge, Twitter awalnya hanya "bereksperimen" dengan fitur tersebut pada November lalu, dan jika pengguna tidak memiliki akses ke eksperimen itu, maka perlu menggunakan Tweetdeck atau layanan pihak ketiga lain.

Berikut ini cara membuat scheduling atau tweet terjadwal dan cara pengelolaannya sebagaimana dilansirTwitter Bisnis.

1. Masuk ke ads.twitter.com.

2. Navigasikan ke tab "Kreasi" > "Tweet".

3. Klik "Tweet Baru" di sudut kanan atas.

Anda akan diarahkan ke Pembuat Tweet, tempat Anda dapat membuat Tweet. Tambahkan isi, foto, video, dan card di sini.

4. Pilih "Khusus Promosi" atau bukan. Memilih "Khusus Promosi" hanya akan mengirimkan Tweet Anda kepada pengguna yang ditargetkan dalam kampanye Tweet Promosi, bukan secara organik ke pengikut Anda. Membatalkan pilihan ini akan menjadwalkan Tweet Organik.

Anda hanya dapat membatalkan pilihan "Khusus Promosi" saat masuk ke akun iklan Anda.

5. Setelah selesai, pilih tombol panah bawah di samping "Tweet".

6. Pilih "Jadwal" dari menu menurun tersebut.

7. Pilih tanggal dan waktu yang Anda inginkan untuk mengaktifkan Tweet terjadwal.

Tweet Anda tidak akan dapat ditemukan di Twitter atau oleh mitra data hingga tanggal dan waktu yang Anda jadwalkan.

Tidak melihat tab "Kreasi" di Akun Iklan Anda? Gulir ke bawah ke Pertanyaan Umum di bagian bawah halaman ini untuk informasi lebih lanjut.

Cara mengelola Tweet terjadwal

1. Masuk ke ads.twitter.com.

2. Navigasikan ke tab "Kreasi" > "Tweet". Di sini, Anda dapat melihat dan membuat Tweet Khusus Promosi, terjadwal, organik, atau semua Tweet dalam kampanye Anda.

3. Untuk melihat Tweet terjadwal, alihkan tombol menu menurun yang menunjukkan "Tweet Khusus Promosi" dan ubah ke "Tweet Terjadwal". Sekarang Anda akan melihat semua Tweet yang saat ini dijadwalkan. Semua pengelolaan, termasuk pengeditan dan penghapusan Tweet terjadwal, dapat dilakukan di sini.

4. Untuk mengedit Tweet terjadwal Anda, arahkan kursor ke atas Tweet dan klik "Edit" di pojok kiri bawah. Di sini Anda dapat mengedit Tweet, pengiriman, promosi, dan/atau detail penjadwalan. Klik "Perbarui Tweet terjadwal" untuk menyimpan perubahan.

5. Untuk menghapus Tweet terjadwal, klik titik tiga di pojok kanan atas Tweet, lalu klik "Hapus" di menu menurun.

6. Untuk menambahkan atau menghapus Tweet terjadwal dari kampanye, centang kotak di samping Tweet, lalu klik "Tambahkan ke kampanye". Pilih atau hapus kampanye yang Anda inginkan, lalu simpan.

Baca juga artikel terkait TWITTER atau tulisan lainnya dari Dewi Sekar Pambayun

tirto.id - Teknologi
Kontributor: Dewi Sekar Pambayun
Penulis: Dewi Sekar Pambayun
Editor: Yandri Daniel Damaledo