Cara Mudah Jadwalkan Twit pada Twitter Web

Oleh: Febriansyah - 8 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tips mengunggah twit secara terjadwal melalui Twitter Web.
tirto.id - Media sosial Twitter menyediakan fitur schedule pada twitter via web. Fitur ini akan menjadwalkan kapan twit ingin Anda unggah.

Selain itu, konsep twit itu juga bisa disimpan. Namun tentu hanya berlaku untuk twitter web, baik di komputer maupun di ponsel. Jadi twit yang Anda tulis di Twitter Aplikasi seluler tak akan tersimpan karena fitur tersebut belum tersedia.

Dilansir The Verge, sebelumnya Twitter pada November 2019 mengatakan jika fitur ini masih berbentuk eksperimen. Untuk menggunakannya pun perlu layanan pihak ketiga seperti Tweetdeck. Jadi untuk menjadwalkan twit Anda harus masuk ke Tweetdeck terlebih dahulu.

Namun sekarang twit itu bisa dilakukan secara langsung. Berikut caranya seperti dikutip twitter.com:

1. Buka Twitter via web.

2. Tulis twit-an Anda dan tekan ikon X, kemudian pilih Save untuk menyimpan twit.

3. Pilih Unsend Massage, buka kembali Draft twit yang Anda simpan. Jika ingin menambahkan tulisan, Anda bisa membuka dan menyelesaikannya.

4. Setelah itu untuk menjadwalkan kapan diunggah, pilih ikon Kalender yang ada di bawah. Beberapa saat akan muncul pengaturan waktu dan tanggal.

5. Terakhir, tekan Confirm yang ada di kanan atas.

Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang masih digunakan dan cukup populer hingga saat ini. Platform yang pertama kali diluncurkan pada 2006 ini bukan hanya digunakan untuk membuat cuitan, tapi juga untuk berbagi beragam informasi dalam bentuk ulasan, foto maupun video.

Selain menjadwal twit yang hendak Anda unggah, pengguna lama Twitter juga bisa melihat kembali cuitan apa saja yang pernah diunggah di masa lalu. Namun, hal tersebut sulit dilakukan jika pengguna harus men-scroll down semua cuitan tersebut.

Berikut ini, Ivan Lanin, seorang selebtweet membagikan tips untuk bisa membaca kembali tweet-tweet masa lalu, sebagai berikut:

Gunakan kotak pencarian Twitter dengan format pencarian: from:akun since:tttt-bb-hh until:tttt-bb-hh. Tttt adalah tahun, bb adalah bulan, dan hh adalah hari.

Sebagai contoh apabila ingin mencari tahu cuitan lama dari seseorang dengan nama akun Doni, maka tulislah format pencarian from:Doni since:2010-01-01 until:2010-12-31 pada kotak pencarian di Twitter.

Tidak hanya itu, pencarian ini juga dapat digunakan dengan lebih spesifik hanya dengan menambahkan kata kunci yang ingin Anda cari setelah nama akun Twitter.

Contohnya adalah from:Doni star wars since:2010-01-01 until:2010-02-01 pada kotak pencarian.

Anda dapat juga membaca kembali cuitan lama Anda dengan menggunakan aplikasi dan laman yang terkoneksi dengan Twitter seperti SnapBird dan TwimeMachine. Berikut adalah caranya.

1. Menggunakan SnapBird

- Kunjungi laman SnapBird lalu masuk dengan akun Twitter Anda

- Pilih Authorize App

- Pada bagian WHO, tuliskan akun Twitter yang ingin kamu ketahui cuitan lamanya

- Pilih Search

- Akan muncul Tweet lama akun yang Anda cari dan ketuk “See for more tweets” untuk mencari lebih

2. Menggunakan TwimeMachine

- Kunjungi laman TwimeMachine lalu masuk menggunakan akun Twitter Anda

- Klik Authorize App

- Laman akan langsung memperlihatkan cuitan Anda

Sebaiknya, manfaatkan kemudahan ini untuk hal yang baik, bukan untuk penyalahgunaan seperti stalking atau menguntit orang untuk kemudian melakukan bully terhadap orang lain yang ingin ketahui masa lalunya.


Baca juga artikel terkait TWITTER atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight