Cara Menggunakan Fitur Baru Tukar Tambah Smartphone di Tokopedia

Oleh: Kurniawan Sukresna - 4 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tokopedia Tukar Tambah smartphone saat ini baru bisa diakses Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
tirto.id - Beberapa bulan yang lalu, Tokopedia mengeluarkan fitur yang berfungsi untuk mempermudah masyarakat dalam menjual smartphone lamanya dan berguna sebagai potongan harga untuk pembelian smartphone barunya.

Dilansir dari Tokopedia, e-commerce yang memiliki misi untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digitas di Indonesia ini telah menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menyediakan fitur Tukar Tambah smartphone.

Fitur ini sudah banyak diakses oleh masyarakat semenjak pertama kali rilis dengan peningkatan lebih 250 persen untuk setiap bulannya.

Untuk saat ini program ini hanya berlaku di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Cara penggunaan Tokopedia Tukar Tambah dapat diakses dengan mudah dan cepat. Para pengguna Tokopedia dapat memanfaatkan untuk menjual smartphone lama dan akan mendapatkan potongan harga untuk pembelian smartphone yang baru kapan saja.

Melansir dari Tokopedia, berikut cara menggunakan program Tukar Tambah Tokopedia:

1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Tokopedia di smartphone atau melalui situs resmi Tokopedia di website.

2. Kemudian cari jenis handphone baru yang Anda minati dari toko-toko yang mengikuti program Tokopedia Tukar Tambah lalu klik logo Tukar Tambah tersebut.

3. Setelah itu, aplikasi Tokopedia akan meminta izin akses seperti model perangkat, menyalakan WiFi dan akses accelero meter. Apabila Anda setuju maka klik bagian “setuju”.

4. Selanjutnya akan dilakukan cek fungsi pada smartphone lama Anda. Tapi, khusus untuk pengguna iOS Anda akan diminta untuk memasukan nomor imei smartphone lama Anda.

5. Tidak sampai 15 menit setelah melakukan cek fungsi smartphone pada tombol (volume up, volume down, tombol back serta layar sentuh).

6. Setelah itu akan dilakukan pengecekan fisik dan disini Anda membutuhkan handphone lain untuk melakukan pengecekan fisik dengan mengirim link ke smartphone lain, lalu Anda buka link tersebut.

7. Saat melakukan cek fisik, Anda diminta untuk memfoto bagian depan dan belakang smartphone lama sejelas-jelasnya untuk menghindari kesalahan sistem dalam mengestimasi harga smartphone lama kamu.

8. Tunggu beberapa menit untuk proses pengecekan selesai dan pastikan jangan sampai Anda menutup aplikasi sebelum selesai.

Namun, setelah selesai maka layar Anda akan muncul harga jual smartphone lama Anda dan secara otomatis akan memotong harga total sesuai smartphone yang kamu inginkan.

9. Apabila Anda menyetujui harga yang ditawarkan maka Anda diminta untuk foto KTP asli pada bagian data informasi dan pastikan fotonya jelas.

10. Klik lanjut, Anda diminta untuk mengirim foto selfie bersama KTP dan pastikan juga wajah serta KTP terlihat dengan jelas.

11. Klik lanjut dan proses, pastikan data diri pengiriman Anda sudah benar seperti nama, alamat dan nomor telepon Anda.

12. Pengiriman akan menggunakan Laku6Express dan kurir akan langsung mengantar ke alamat Anda.

Setelah selesai Anda bisa membayar dengan memilih proses pembayaran yang tersedia di aplikasi.

13. Terakhir, setelah pembayaran Anda akan ditelepon oleh kurir untuk menentukan lokasi bertemu dan pastikan Anda membawa KTP dan smartphone lama ketika melakukan transaksi bersama kurir.


Baca juga artikel terkait TOKOPEDIA atau tulisan menarik lainnya Kurniawan Sukresna
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Kurniawan Sukresna
Penulis: Kurniawan Sukresna
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight