Cara Mengembalikan Chat WA GB-Plus ke WhatsApp Resmi Usai Diblokir

Kontributor: Robiatul Kamelia, tirto.id - 20 Jul 2022 16:20 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Agar cara mengembalikan chat WhatsApp GB dan Plus ke WA resmi berhasil, ada sejumlah tips yang perlu diketahui. Temukan penjelasannya lengkap di sini.
tirto.id - Cara mengembalikan chat WA GB dan Plus ke WhatsApp resmi perlu diketahui terutama bagi mereka yang kena blokir sementara setelah menggunakan aplikasi non-official tersebut.

WhatsApp merupakan aplikasi gratis yang menyediakan layanan bertukar pesan dan panggilan yang sederhana, aman dan reliabel serta tersedia pada berbagai telepon di seluruh dunia.

Tak dipungkiri, hampir semua orang di sekitar kita menggunakan aplikasi WhatsApp untuk bertukar pesan. Namun belakangan, ternyata ada beberapa aplikasi ilegal seperti WhatsApp Plus dan WhatsApp GB yang dinilai membahayakan data penggunanya.

Dilansir dari official website-nya, WhatsApp menyatakan dengan jelas bahwa akan memblokir sementara para penggunanya yang kedapatan menggunakan kedua aplikasi tersebut. Sebab, aplikasi tersebut dicurigai mengumpulkan informasi data pribadi penggunanya menggunakan teknik scraping.

Teknik scraping sendiri merupakan salah satu cara mengumpulkan data dengan mengekstraksi informasi yang ditargetkan dalam skala besar menggunakan alat otomatis maupun manual untuk mencapai tujuannya.

Adapun data-data yang dicuri meliputi nomor telepon, gambar profil pengguna, dan status dari WhatsApp. Hal ini jelas-jelas melanggar Ketentuan Layanan WhatsApp resmi.


Cara Mengembalikan Chat WhatsApp GB & Plus ke WA Resmi


Jika Anda tidak berhenti menggunakan WhatsApp Plus atau WhatsApp GB, akun WhatsApp Anda bisa diblokir secara permanen. WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena tidak bisa memvalidasi praktik keamanannya.

Anda bisa sedikit tenang, jika akun WhatsApp Anda sudah terlanjur diblokir sementara, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan akun Anda tersebut.

Sebelum melangkah lebih jauh, jika Anda menggunakan WhatsApp GB atau WhatsApp Plus, Anda harus melakukan backup data terlebih dahulu sebelum beralih menggunakan WhatsApp resmi.

WhatsApp GB

  1. Buka WhatsApp GB, pilih More Option > Chat > Back up Chats
  2. Masuk ke menu Phone Settings > pilih Storage > Files
  3. Carilah folder WhatsApp GB kemudian ketuk dan tahan untuk memilihnya
  4. Di sudut kanan atas, pilih More > Rename dan ganti nama folder menjadi "WhatsApp"
  5. Pergi ke Play Store untuk mengunduh WhatsApp resmi. Jika Anda tidak bisa mengakses Play Store, download aplikasi whatsapp resmi pada link berikut
  6. Setelah selesai diunduh dan install, verifikasi nomor telepon Anda
  7. Pada layar backup ditemukan, pilih Restore > Next
  8. Maka WhatsApp akan mengembalikan obrolan pada WhatsApp GB sebelumnya.
  9. Selesai

WhatsApp Plus

Jika history chat sebelumnya telah disimpan, seharusnya obrolan lama akan secara otomatis berpindah ke WhatsApp resmi. Anda tinggal melakukan cara selanjutnya:

  1. Arahkan ke Play Store dan download aplikasi WhatsApp resmi. Jika Anda tidak bisa menemukan Play Store, download aplikasi whatsapp di sini
  2. Verifikasi nomor telepon Anda
  3. Selesai


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Robiatul Kamelia
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Robiatul Kamelia
Penulis: Robiatul Kamelia
Editor: Ibnu Azis

DarkLight