Cara Mendownload Video dari Aplikasi TikTok

Oleh: Abdul Hadi - 23 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini cara mengunduh video TikTok dengan atau tanpa watermark.
tirto.id - Sebagai salah satu media sosial paling favorit saat ini, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di gawai iOS dan Android.

Dengan tampilan yang sederhana, pengguna dapat dengan mudah membuat atau mengedit video mereka sendiri.

Selain itu, pengguna juga dapat mengunduh video menarik dari TikTok langsung. Video yang diunduh langsung biasanya ditandai dengan markah tirta atau watermark dari TikTok sebagai hak cipta aplikasi tersebut.

Terdapat beberapa alasan tertentu kenapa ingin mengunduh video dari TikTok. Misalnya, ada video yang menarik dan pengguna ingin menontonnya di lain waktu, sedangkan untuk mencari ulang video itu butuh waktu yang tak singkat.

Di sisi lain, kadang kala juga tidak tersedia jaringan internet atau koneksi tidak stabil, sehingga ketika ada koneksi, pengguna ingin menyimpan video tersebut untuk ditonton di lain waktu.

Bagaimana cara mengunduh video TikTok secara langsung dari aplikasi? Laman digitaltrends menuliskannya sebagai berikut:

1. Tentukan video yang akan diunduh, tekan pada layar dan tahan beberapa detik sampai tampilan menjadi gelap dan muncul beberapa opsi. Di layar, akan terdapat pilihan dengan simbol panah bertuliskan "Simpan Video" atau "Save Video". Pilih opsi tersebut dan video akan otomatis tersimpan di memori ponsel pengguna.

2. Jika langkah di atas tak bisa digunakan, pengguna dapat mencoba mengklik ikon "Share" atau "Bagikan" dengan simbol panah di bagian kanan menu. Pilih ikon tersebut dan video akan terunduh.

4. Setiap ponsel biasanya memiliki tampilan yang berbeda-beda ketika membuka TikTok, tergantung jenis sistem operasi gawainya, baik itu iOS atau Android. Namun, secara umum, terdapat kesamaan. Cari pilihan "Save" atau "Simpan" atau "Save Video" atau "Simpan Video".

Untuk mempermudah proses unduhan, TikTok biasanya akan meminta izin untuk mengakses foto atau video pengguna jika sebelumnya belum memberikan izin pada aplikasi ini.

Mengunduh video TikTok langsung dari aplikasinya tergolong mudah, namun video tersebut akan dilekati dengan markah tirta atau watermark.

Bagi sebagian pengguna, markah tirta dari TikTok terasa mengganggu karena dapat menutupi konten di video tersebut.

Jika ingin mengunduh video TikTok tanpa markah tirta, pengguna dapat menggunakan aplikasi tambahan atau situs web lain seperti DVDVideoSoft, MusicallyDown, dan ExpertsPHP.

Berikut ini cara mengunduh video TikTok tanpa watermark menggunakan situs MusicallyDown, sebagaimana dilansir Gadgets 360:

1. Buka TikTok di ponsel atau komputer dan pilih video yang ingin diunduh.

2. Di ponsel Anda, tekan tombol bagikan "Share" dan ketuk "Salin Tautan". Demikian pula, jika menggunakan komputer, buka video yang ingin diunduh dan salin tautannya dari bilah alamat.

3. Kunjungi laman www.musicallydown.com dan tempel tautan video di kotak telusur > biarkan setelan Aktifkan "Video dengan Tanda Air" atau "Video with Watermark" tidak dicentang > tekan "Unduh".

4. Di layar berikutnya, pilih "Unduh mp4" sekarang diikuti dengan memilih "Unduh Video Sekarang" di layar berikutnya.

5. Atau, pengguna juga dapat mengunjungi laman downloadtiktokvideos.com di ponsel atau komputer untuk mengunduh video TikTok. Cukup tempel tautan di kotak pencarian dan tekan tombol unduh untuk melanjutkan.

6. Di layar berikutnya, pilih "Unduh mp4" > tunggu 15 detik > pilih "Unduh File". Selanjutnya, video TikTok akan tersimpan di ponsel atau penyimpanan komputer pengguna.

7. Jika dua situs web pertama tidak berfungsi, pengguna juga dapat mengunjungi laman www.ttdownloader.com dan menempelkan tautan video TikTok di kotak pencarian dan menekan tombol "Dapatkan video".

8. Dari opsi di bawah, pilih salah satu yang bertuliskan, "Tanpa tanda air" atau "No watermark". Sekarang, pilih "Unduh video".


Baca juga artikel terkait VIDEO DI TIKTOK atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight