TikTok Lakukan Uji Coba Video Lebih Panjang, Berdurasi Tiga Menit

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 10 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
TikTok meluncurkan kemampuan untuk mengunggah video berdurasi lebih panjang hingga 3 menit.
tirto.id - Aplikasi video TikTok telah melakukan uji coba video dengan durasi konten yang lebih lama yaitu tiga menit.

Konsultan media sosial Matt Navarra menuliskan dalam cuitannya di Twitter bahwa TikTok telah menawarkan beberapa pengguna kemampuan untuk mengunggah video selama tiga menit melansir CNet.

"TikTok meluncurkan kemampuan untuk mengunggah video berdurasi lebih panjang hingga 3 menit," tulis Navarra dengan mengunggah foto pemberitahuan TikTok.

Pada cuitannya, Navarra pun membagian tangkapan layar pembaruan durasi konten TikTok yang masih dalam tahap awal.

Sehingga, sebagian besar pengguna tidak akan melihat perubahan yang signifikan kecuali hanya konten video yang lebih panjang.

Sebelumnya, TikTok hanya memiliki fitur unggah video dengan durasi maksimal satu menit. Durasi yang pendek milik TikTok tersebut memberikan keuntungan bagi para penggunanya untuk tidak harus memusatkan perhatian pada satu video yang tidak disukai.

Di samping itu, para pengguna pun dapat dengan mudah beralih ke video selanjutnya. Fitur ini lah yang membuat TikTok disambut baik di antara aplikasi lain yang didominasi oleh konten yang lebih panjang sebagaimana dimuat dalam The Verge.

Di sisi lain, adanya pembaruan ini menguntungkan bagi para pembuat konten TikTok yang membutuhkan waktu lebih dari satu menit. Banyak para pembuat konten yang tidak mampu menyesuaikan idenya dalam satu menit video. Para penonton pun harus mencari kelanjutan videonya.

Selain itu, perubahan ini juga telah memberi para pengguna TikTok lebih banyak ruang untuk berkreasi.

Meski demikian, terdapat beberapa risiko lain yang muncul termasuk mengurangi daya tarik aplikasi ini. Para pengguna tertarik memainkan TikTok karena fitur video pendeknya yang berbeda dari yang lain. Namun dengan adanya fitur baru ini, orang-orang akan beradaptasi kembali mencerna video dengan durasi yang lebih panjang.

Tidak hanya TikTok, Engadget mencatat bahwa perluasan batas konten juga dilakukan oleh media sosial lainnya.

Pada September, Instagram memperpanjang batas waktu klip di Reels, platform video pendeknya dari 15 detik menjadi 30 detik. Sementara pada 2017 lalu, Twitter pun menggandakan batas 140 karakter pada fitur cuitannya.


Baca juga artikel terkait TIKTOK atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight