Cara Mendaftar Pelatihan Online Prakerja di Bukalapak

Kontributor: Yonada Nancy - 30 Apr 2020 07:58 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pelatihan online untuk pemegang Kartu Prakerja tersedia di Bukalapak.
tirto.id - Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), pemerintah mengeluarkan bantuan biaya pelatihan melalui Kartu Prakerja. Target dari Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang mencari pekerjaan, berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang menjalani pendidikan formal.

Dalam menjalankan program ini, pemerintah menganggarkan sekitar Rp10 triliun dengan target 3 sampai 7 juta orang. Namun, untuk sementara waktu, kartu prakerja akan diprioritaskan bagi pekerja maupun pelaku usaha mikro/kecil yang penghidupannya terdampak akibat wabah Covid-19 di Indonesia.

Pelatihan yang ditanggung oleh program ini meliputi pelatihan online maupun offline yang terdaftar di delapan platform digital. Salah satu platform yang berkerja sama dalam program ini adalah Bukalapak.

Para pemegang Kartu Prakerja dapat mendaftar pelatihan online di perusahaan penyedia layanan jual-beli online ini. Ada berbagai macam jenis pelatihan yang ditawarkan pada laman Bukalapak, mulai dari tata rias, fotografi, bahasa, hingga digital marketing.

Cara mendaftar pelatihan melalui Bukalapak tidak sulit, yang terpenting pengguna terdaftar sebagai pemegang Kartu Prakerja. Adapun cara mendaftar kartu prakerja sebagai berikut:

    • Buat akun dan daftar program Kartu Prakerja di situs yang sama
    • Ikuti tes seleksi dan kemampuan dasar secara online. Pemberitahuan lolos tidaknya seleksi akan diberitahukan melalui e-mail.
    • Jika lolos, lanjutkan pendaftaran ke pelatihan online yang tersedia.

Untuk dapat mendaftar pelatihan di Bukalapak, dapat mengklik logo Bukalapak yang terdapat pada laman prakerja.go.id setelah melakukan pendaftaran atau masuk melalui situs Bukalapak. Berikut cara pendaftarannya:

    • Buka laman Kartu Prakerja di Bukalapak
    • Pilih pelatihan yang diinginkan
    • Klik verifikasi dan login dengan akun Bukalapak atau akun media sosial yang tersedia
    • Masukan nomor Kartu Prakerja
    • Lanjutkan dengan mengikuti perintah yang disyaratkan oleh masing-masing lembaga pelatihan yang dipilih
    • Ikuti pelatihan.

Biaya pelatihan yang akan ditanggung oleh Kartu Prakerja mencapai Rp3.550.000. Jumlah ini termasuk bantuan biaya pelatihan dan intensif usai pelatihan. Selain insentif, para peserta pelatihan dari program Kartu Prakerja akan mendapatkan sertifikat pelatihan.


Baca juga artikel terkait KARTU PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight