E-Form BNI Prakerja: Link, Cara Daftar dan Bonus Buka Rekening Baru

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 29 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara daftar rekening BNI bisa secara online melalui e-form BNI dan pihak bank menyediakan sejumlah bonus menarik bagi pemegang Kartu Prakerja.
tirto.id - Para penerima Kartu Prakerja dapat mencairkan uang insentif yang diberikan pemerintah melalui dompet digital atau rekening bank yang telah didaftarkan. Saat ini, BNI menjadi satu-satunya bank mitra di Kartu Prakerja.

Sementara itu, pencairan juga dapat dilakukan melalui salah satu pilihan dompet e-wallet yakni LinkAja, OVO, atau GoPay milik masing-masing peserta.

Pemerintah telah melakukan transfer dana sebanyak Rp3,55 juta kepada 168.111 peserta yang lolos Program Kartu Prakerja Gelombang pertama pada Rabu (22/4/2020) lalu. Namun, hanya Rp1 juta yang dapat dicairkan terlebih dahulu sebagai biaya pelatihan Program Kartu Prakerja yang diikuti.

Sisa uang adalah insentif yang terdiri dari dua bagian yakni intensif pasca-penuntasan pelatihan sebesar Rp600 ribu selama empat bulan. Kedua, insentif pasca-pengisian survei evaluasi sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali survei.

Apabila pelatihan telah selesai dilakukan oleh peserta, uang insentif pertama sebesar Rp600 ribu akan langsung dikirimkan ke rekening BNI Karu Prakerja. Pembukaan tersebut dapat dilakukan bersamaan dengan pendaftaran Program Kartu Prakerja.

Melansir laman BNI, apabila peserta telah memiliki rekening BNI, peserta Program Kartu Prakerja dapat langsung mendaftarkan nomor rekening miliknya tersebut. Di sisi lain, BNI juga menyediakan pembukaan rekening secara daring untuk mempermudah.

Berikut adalah tahapan cara membuka rekening BNI Kartu Pekerja:

1. Buka halaman e-form BNI. Sementara itu, peserta juga dapat membuka laman tersebut melalui laman resmi Prakerja.go.id dan klik gambar logo BNI.

2. Setelah terbuka, isi formulir daring pembukaan rekening yang tersedia.

3. Peserta Kartu Prakerja dapat memilih jadwal kedatangan pembukaan rekening di kantor cabang BNI terdekat sesuai dengan domisili. Pilih tanggal dan jam kedatangan ke kantor cabang.

4. Setelah selesai, aka nada kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS.

5. Pendaftaraan melalui e-form BNI telah berhasil. Anda dapat menyimpan dan mencetak e-form tersebut dan dibawa ke kantor cabang BNI sesuai dengan waktu kedatangan yang telah dipilih.

6. Di kantor cabang BNI, peserta dapat langsung mengaktivasi BNI Mobile Banking dan Kartu Debit BNI.

Dana yang telah diberikan hanya dapat digunakan untuk membayar biaya pelatihan. Dengan kata lain, dana sebesar Rp1 juta tersebut tidak dapat dicairkan. Sementara itu, dana insentif baik bantuan pasca-penuntasan dan pasca-pengisian survei lah yang dapat ditunaikan melalui ATM.

Dengan membuat rekening BNI untuk menerima dana bantuan dari pemerintah, para peserta juga akan mendapat keuntungan lain berupa:

- Rekening tabungan dapat dibuka tanpa setoran awal.

- Tidak dikenakan biaya administrasi untuk tahun pertama.

- Biaya administrasi yang ringan untuk tahun selanjutnya.

- Fasilitas BNI Mobile Banking untuk memudahkan transaksi kapan saja dan dimana saja.

- Disertai fasilitas Kartu Debit BNI untuk tarik tunai di ATM BNI dan bisa digunakan untuk bertransaksi di merchant favorit dengan berbagai penawaran menarik.

- Cashback 10 persen (maksimal Rp 100 ribu) untuk transaksi belanja dengan Kartu Debit BNI pertama kamu.

- Dapatkan BNI POIN+ (BNI PoinPlus) untuk setiap transaksi dan penambahan saldo tabungan.

- Bonus 2.600 BNI POIN+ untuk aktivasi dan transaksi BNI Mobile Banking serta Registrasi BNI POIN+.

- Bonus hingga 10.000 BNI POIN+ untuk transaksi belanja dengan Kartu Debit BNI minimal Rp 300 ribu/transaksi.


Baca juga artikel terkait KARTU PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yantina Debora
DarkLight