Cara Membuat Ucapan Hari Raya Waisak 2022 di Canva Secara Gratis

Penulis: Yonada Nancy - 13 Mei 2022 14:20 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Canva menyediakan berbagai template kartu ucapan Hari Raya Waisak 2022 yang bisa dimodifikasi secara gratis.
tirto.id - Kartu ucapan Hari Raya Waisak 2022 dapat dibuat dengan mudah dan gratis melalui Canva. Website penyedia layanan desain grafis gratis tersebut saat ini memiliki berbagai template kartu ucapan yang bisa digunakan secara luas.

Hari Raya Waisak atau Hari Raya Trisuci Waisak 2566 Buddhist Era (BE) akan jatuh pada Senin, 16 Mei 2022. Hari raya umat Buddha ini ditetapkan sebagai tanggal merah atau libur nasional.

Keputusan tanggal perayaan Hari Raya Waisak bagi umat Buddha di Indonesia merujuk pada ketetapan World Fellowship of Buddhists (WFB). Perayaannya akan berpusat pada kuil dan situs Buddha dalam negeri, termasuk Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Waisak merupakan momen keagamaan untuk memperingati tiga peristiwa penting dalam kepercayaan Buddha. Ketiga peristiwa itu adalah kelahiran Pangeran Sidhartha Gautama, tercapainya penerangan sempurna oleh Pertapa Gautama, dan wafatnya sang Buddha Gautama.

Perayaan Waisak tahun ini mengusung tema "Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagian Sejati." Di Indonesia perayaan Waisak biasanya terdiri dari rangkaian kegiatan keagamaan, mulai dari kebaktian hingga kegiatan sosial.

Cara Membuat Ucapan Hari Raya Waisak 2022 di Canva Gratis


Saat ini menjadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan kartu ucapan Hari Raya Waisak 2022. Kartu yang dibuat dapat disebarkan secara virtual melalui media sosial atau dicetak dan dikirim kepada keluarga dan sahabat.

Pembuatan kartu ucapan bisa dilakukan di website Canva, baik secara gratis maupun berbayar. Selain mudah digunakan, website ini menyediakan berbagai desain template kartu ucapan yang beragam dan menarik.

Perlu diketahui bahwa pilihan template di Canva bagi pengguna gratis tentu lebih terbatas dibanding pengguna premium atau berbayar. Berikut langkah-langkah membuat Ucapan Hari Raya Waisak 2022 di Canva secara gratis seperti yang dikutip dari laman resminya:

1. Akses website Canva


Buka Canva melalui canva.com. Pilih jenis desain grafis yang diinginkan, misalnya jika menginginkan kartu ucapan dalam ukuran dan format kartu, dapat memilih "Card (Landscape)."

Namun, jika kartu ucapan yang ingin dibuat berupa postingan di media sosial, pengguna dapat memilih "Instagram Post", "Facebook Post", "Your Story", atau "Facebook Cover"

2. Pilih desain ilustrasi Hari Raya Waisak


Ketik kata kunci yang berkaitan dengan Hari Raya Waisak 2022 di kolom pencarian, bisa berupa "Vesak", "Waisak 2022", "Hari Raya Waisak", Waisak 2566 BE", dan sebagainya.

Pilih desain ilustrasi yang diinginkan. Jika Anda merupakan pengguna gratis, pastikan memilih desain yang tidak dilabeli dengan ikon "RP" atau makota kuning. Konten-konten dengan label tersebut hanya bisa diakses dengan pengguna premium atau berbayar.

3. Modifikasi ilustrasi sesuai kebutuhan


Setelah memilih atau mengklik ilustrasi yang diinginkan, pengguna otomatis akan masuk ke halaman edit. Di halaman tersebut template ilustrasi bisa diubah sesuai dengan kebutuhan.

Pengguna dapat menambahkan gambar atau tulisan di ilustrasi tersebut. Selain itu, komponen-komponen dalam ilustrasi juga bisa diubah ukuran, kecerahan, hingga warnanya.

4. Bagikan kartu ucapan Hari Raya Waisak


Simpan dan bagikan ucapan Hari Raya Waisak secara online. Pengguna juga dapat mengundang teman, kerabat, hingga klien untuk mengakses desain yang dibuat.

5. Cetak desain kartu ucapan


Opsi lainnya, pengguna dapat mencetak desain kartu ucapan ke dalam bentuk fisik. Caranya adalah memanfaatkan fitur "Canva Print." Hasil kartu yang sudah dicetak nantinya bisa dikirimkan melalui pos, diberikan secara langsung, atau disertakan dalam bingkisan.



Baca juga artikel terkait HARI RAYA WAISAK 2022 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight