Menuju konten utama

Cara Membuat Profil Bisnis, Konten, dan Iklan Instagram Shopping

Cara membuat profil bisnis, konten, dan iklan di Instagram Shopping.

Cara Membuat Profil Bisnis, Konten, dan Iklan Instagram Shopping
Ilustrasi Instagram Shopping. foto/Istockphoto

tirto.id - Saat ini banyak orang lebih memilih untuk berbelanja secara online, baik melalui platform e-commerce maupun Instagram.

Instagram kini telah menyediakan fitur Instagram Shopping untuk penggunanya yang ingin menunjukkan produk bisnisnya melalui postingan dan Instastory ataupun memperkenalkan produk jualannya melalui Cari & Jelajahi.

Pengguna Instagram Shopping bisa memanfaatkan fitur ini untuk memperluas jangkauan, menjalin interaksi kembali dengan pembelanja, dan menemukan pembelanja baru.

Fitur Instagram Shopping telah menyiapkan panduan untuk membuat profil bisnis gratis, membuat dan mengoptimalkan konten, hingga meningkatkan kualitas materi iklan produk untuk mengembangkan bisnis pengguna.

Berikut ini cara menyiapkan profil bisnis gratis, membuat konten, dan meningkatkan serta mengoptimalkan kualitas materi iklan produk yang dikutip dari situs resmi Instagram Shopping :

Cara Membuat Akun IG Shopping dengan Cepat dan Mudah

Langkah 1: Unduh dan Buka aplikasi

Unduh aplikasi Instagram di smartphone pengguna baik iOS, Android, atau Windows Phone. Setelah aplikasi dipasang, klik untuk membukanya.

Langkah 2: Beri Tahu Kami Siapa Anda

Klik Daftar, lalu masukkan alamat email dan klik Selanjutnya, atau klik Masuk dengan Facebook untuk mendaftar dengan akun Facebook.

Langkah 3: Siapkan Profil Bisnis Gratis

Di dalam aplikasi tersebut, cari pengaturan, lalu gulir turun ke Beralih ke Akun Bisnis. Setelah memiliki akun bisnis, pengguna dapat menambahkan informasi bisnis terkait, seperti jam buka, alamat, atau nomor telepon bisnis. Buat Profil Bisnis

Langkah 4: Buat Kiriman dan Ikuti Pengguna

Mulai kirimkan konten yang ingin ditampilkan di kabar pengguna Instagram Shopping menggunakan tagar yang relevan, dan mulai ikuti akun-akun serupa.

Cara Membuat Akun Dikenal sebagai Pelaku Bisnis

    • Buka profil dan ketuk menu (3 baris garis) di sudut kanan atas;
    • Klik Pengaturan;
    • Klik Akun;
    • Klik Beralih ke Akun Profesional;
    • Klik Bisnis;
    • Jika mau, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah untuk menghubungkan akun profesional ke Halaman Facebook yang terkait dengan bisnis pengguna. Langkah ini opsional, tetapi akan memudahkan pengguna menggunakan semua fitur yang tersedia untuk bisnis di jajaran aplikasi Facebook. Saat ini, hanya satu Halaman Facebook yang bisa dihubungkan ke akun profesional pengguna;
    • Tambahkan detail, seperti kategori bisnis dan informasi kontak;
    • Klik Selesai.
Dengan Akun Bisnis, maka pengguna dapat:

    • Memperoleh metrik realtime tentang kinerja cerita dan kiriman pengguna yang dipromosikan sepanjang hari;
    • Memperoleh wawasan tentang para pengikut dan bagaimana mereka berinteraksi dengan kiriman dan cerita pengguna;
    • Menambahkan informasi tentang perusahaan, seperti jam kerja, lokasi, dan nomor telepon;
    • Melakukan konversi Akun Bisnis melalui pengaturan akun aplikasi pengguna.

Cara Membuat Konten Instagram

1. Pengguna Baru Instagram

Bagi Pengguna baru Instagram, untuk memulainya pengguna bisa merumuskan apa yang ingin disampaikan. Kemudian, tentukan tampilan dan nuansa yang terpadu untuk akun, lalu buat kiriman secara konsisten.

2. Lihat Cara untuk Jadi Beda dengan Materi Iklan Hebat

Instagram memberikan petunjuk bahwa materi iklan yang baik adalah materi iklan yang memang baik. Materi iklan yang bagus mematuhi tiga prinsip materi iklan yang akan diterapkan di saluran marketing apa pun seperti:

  • Sertakan logo, warna, atau produk untuk membuat iklan yang berbeda;
  • Sampaikan cerita yang mendukung tujuan bisnis pengguna;
  • Gunakan materi iklan yang dibuat dengan sangat baik untuk memperoleh hasil maksimal.

3. Buat Foto dan Video yang Berkualitas

    • Ambil foto berkualitas dengan ponsel menggunakan pencahayaan yang bagus;
    • Beri tambahan dengan aplikasi seperti Layout, Boomerang, dan Hyperlapse;
    • Pengguna bisa meminjam foto-foto dari platform lain seperti Facebook;
    • Gunakan iklan karosel untuk menyampaikan cerita yang lebih kaya dengan tiga hingga lima foto atau video dalam satu iklan;
    • Buat bingkai pertama tampil beda agar orang penasaran untuk membuka gambar berikutnya;
    • Pengguna bisa membidik gambar panoramik dan pangkas menjadi beberapa foto atau bagikan perpaduan foto-foto yang berkesesuaian untuk mewakili merek bisnis pengguna;
    • Gali kreativitas dan susun iklan sesuai keinginan

Cara mengoptimalkan konten Instagram

Langkah 1: Membuat Konten yang Bisa Ditindaklanjuti

Pengguna bisa menggunakan semua touchpoint yang tersedia di Cerita, Beranda, dan Profil untuk membangun perilaku belanja seperti menggunakan CTA yang jelas seperti contoh Perricone MD berikut untuk memberi tahu pengguna cara membeli produk di Instagram dan berhubung pengguna sudah menggunakan fitur Belanja, perbarui bio Profil untuk memberi tahu pengguna cara berbelanja di konten.

Langkah 2: Membangun Perspektif Merek

Berbeda dengan situs dan aplikasi ecommerce lainnya, merek dan konten pengguna tidak perlu disesuaikan dengan template Instagram Shopping tertentu. Pengguna bisa mempertahankan konsistensi gaya dan perspektif yang disukai pengikut.

Fitur Belanja tidak boleh mengubah konsistensi merek sebagai contoh Outdoor Voices menggunakan Label Belanja dengan konten nonkomersial autentik yang konsisten dengan merek mereka.

Langkah 3: Merencanakan Terlebih Dahulu

Buat kalender berisi agenda-agenda penting merek dan rencanakan produk serta konten sedini mungkin seperti :

    • Pilih momen-momen budaya yang penting bagi merek dan pengikut, seperti saat NFL memilih Draft Day dan menampilkan pemain dalam konten untuk menjual topi tim baru mereka;
    • Beranilah menciptakan momen sendiri, seperti Julian Edelman yang menjual momen kemenangannya yang luar biasa agar para penggemarnya juga bisa ikut menikmatinya.

Cara Meningkatkan Kualitas Materi Iklan

Dengan aplikasi dari Instagram, pengguna dapat dengan mudah membuat foto dan video berkualitas tinggi untuk akun bisnisnya menggunakan:

    • Aplikasi Boomerang
    • Aplikasi Hyperlapse
    • Aplikasi Layout

Baca juga artikel terkait FITUR INSTAGRAM TERBARU atau tulisan lainnya dari Septiany Amanda

tirto.id - Teknologi
Kontributor: Septiany Amanda
Penulis: Septiany Amanda
Editor: Dhita Koesno