Cara Membersihkan Sepatu Warna Putih Agar Terlihat Baru

Oleh: Ega Krisnawati - 1 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah tips dan cara membersihkan sepatu putih agar terlihat baru.
tirto.id - Tidak mudah untuk membuat sepatu putih tetap terlihat seperti baru. Sebab, mencuci sepatu putih dengan mesin cuci justru dapat merusak sepatu.

Sepatu putih terdiri dari berbagai macam jenis, seperti sepatu kulit putih, dan sepatu kanvas putih. Selain jenis sepatu, terdapat pula jenis tali sepatu yang berwarna putih. Sepatu dan tali yang putih memang harus dirawat dengan cara khusus, agar tetap terlihat seperti baru.

Sebelum meletakan sepatu putih yang kotor ke mesin cuci, ada baiknya Anda mencucinya menggunakan sikat lembut ataupun kain.

“Mesin cuci dapat merusak sepatu putih, cobalah untuk mencucinya secara manual dengan sikat lembut atau kain,” tukas Carolyn Forte, director of the Good Housekeeping Institute Cleaning Lab.

Merek sepatu Converse dan Nike telah menyiapkan cara sederhana agar para pelanggan, tetap dapat mempertahankan kebersihan sepatu putih miliknya. Cara sederhana tersebut dapat dimulai dengan empat peralatan yang dapat anda temukan di rumah, antara lain: Magic Eraser Cleaning Pads, Dishwashing Liquid Dish Soap, Multi-Use Soft Nylon Brush dan Leather Protection Cream.

Peralatan tersebut dapat mempermudah pemilik sepatu Converse dan Nike agar tetap dapat melindungi kerusakan pada kulit saat membersihkannya.

Berikut adalah cara membersihkan sepatu kanvas putih seperti dilansir dari laman Goodhousekeeping:

1. Tahap pertama, agar proses membersihkan sepatu lebih mudah, maka singkirkan debu yang menempel pada kain kanvas. Gunakan sikat dengan permukaan yang lembut

2. Tahap kedua, siapkan air hangat untuk meletakan tali sepatu dengan cara dicuci secara terpisah dengan sepatu.

3. Tahap ketiga, campurkan pasta sebanyak 1 sendok makan baking soda dan ½ sendok makan masing-masing hidrogen peroksida serta air hangat. Campurkan pula sikat halus dalam baking soda, dan gosok sepatu dengan lembut. Hidrogen peroksida tersebut akan berpengaruh pada warna putih.

4. Tahap kempat, bersihkan karet sepatu dengan pasta atau dengan GH Seal star Mr Clean Magic Eraser.

5. Tahap kelima, sebelum memakai sepatu dan talinya, semprotkan dengan air dan semprotan anti noda. Bila ingin tetap bersih dapat menggunakan produk anti noda GH Cleaning Lab.

Cara di atas tidak hanya bisa dipakai untuk membersihkan sepatu kanvas putih, tapi juga bisa dipakai untuk sepatu kulit putih. Bedanya, Anda harus membiarkan hidrogen dan peroksida ada di dalam campuran. Kemudian, dengan hati-hati membilas sepatu kulit putih menggunakan baking soda dan air soda. Lalu, bilas dengan kain basah yang bersih.

Berikut cara membersihkan tali sepatu putih:

1. Tahap pertama, pastikan tali sepatu putih sudah terpisah dengan sepatu.

2. Tahap kedua, siapkan air sabun hangat, dan rendam tali sepatu.

3. Tahap ketiga, peras tali sepatu hingga sedikit kering.

4. Terakhir, jemur hingga benar-benar kering.

Agar sepatu kulit dan kanvas putih anda tetap berkilau, lindungi sepatu dengan Kiwi Sneaker Protector. Jaga sepatu dari lecet dan goresan karet, dengan menggunakan Kiwi Sneaker Protector. Kemudian, atasi noda yang menempel saat berpergian pada sepatu putih dengan tisu penghilang Noda Shout.


Baca juga artikel terkait SEPATU atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight