Tips Cara Membersihkan Sepatu Kulit Berjamur dan Kotor dengan Mudah

Kontributor: Sarah Rahma Agustin, tirto.id - 28 Jun 2020 17:40 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Sepatu kulit berjamur bisa dibersihkan dengan sejumlah cara yang mudah dan murah.
tirto.id - Sepatu dengan bahan tertentu, terutama kulit, seringkali berjamur setelah lama disimpan di dalam kotak boks ataupun rak. Sepatu kulit gampang berjamur karena tingkat konsentrasi air yang tinggi di udara sekitarnya. Udara lembab itulah yang memicu tumbuhnya jamur di sepatu.

Bagi sebagian orang, membersihkan sepatu kulit yang menjamur mungkin menjadi kegiatan yang tidak gampang dilakukan. Selain perlu ketelitian, membersihkan sepatu kulit juga perlu hati-hati agar kualitasnya tetap terjaga.

Tumbuhnya jamur pada sepatu kulit sebenarnya mudah dicegah. Caranya ialah dengan melakukan perawatan rutin setiap kali sepatu usai digunakan.

Perawatan rutin juga perlu dilakukan agar kotoran tidak menumpuk di permukaan sepatu kulit dan mempercepat kerusakan material.

Sementara jika sepatu kulit sudah berjamur, pembersihannya bisa dilakukan dengan menggunakan sejumlah produk khusus yang saat ini banyak dijual di pasaran.

Namun, untuk kasus yang tidak terlampau berat, jamur pada sepatu kulit bisa dibersihkan dengan mudah memakai bahan dan alat yang ada di rumah.

Berikut sejumlah tips dan cara membersihkan sepatu kulit yang berjamur dan kotor dengan cara yang mudah sekaligus murah, seperti dilansir laman Steptohealth dan beberapa sumber lainnya.

1. Bersihkan sepatu dengan kuas atau kain

Kotoran di permukaan sepatu bisa dihilangkan dengan menggunakan kain atau kuas. Jika sepatu memiliki tali, cuci secara terpisah dengan sabun dan air hingga benar-benar bersih.

Untuk membersihkan kotoran atau jamur pada permukaan sepatu kulit, bisa dengan menyikat ke beberapa arah dan buat sedikit tekanan untuk melepaskan kotoran yang menempel. Pada tahap akhir, gosok alas kaki dengan kain kering yang bersih.

2. Gunakan air dan cuka putih.

Noda kusam di permukaan sepatu kulit dapat dihilangkan dengan air dan larutan cuka putih. Cara membersihkannya ialah balurkan cairan campuran air dan cuka putih secara merata ke permukaan sepatu. Jangan balurkan pada lokasi noda saja karena bisa meninggalkan bercak di sepatu. Lalu, keringkan sepatu dengan kain bersih yang lembut.

3. Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun bisa pula dipakai untuk membersihkan sepatu kulit sekaligus membuat permukaan lebih halus dan lebih cerah. Jika sepatu kulit terlihat kusam dan kotor, pastikan untuk mencoba trik ini. Oleskan beberapa tetes minyak zaitun pada sepatu dan gosok dengan kain bersih yang lembut.

4. Coba bedak talek untuk noda minyak

Noda minyak biasanya mudah terlihat pada permukaan sepatu kulit. Namun, minyak dapat dengan mudah dihilangkan dengan bantuan bedak talek (talc). Bedak jenis ini dapat menyerap lemak.

Cara penggunaannya ialah dengan mengeringkan lebih dulu noda minyak dengan kain katun kering yang bersih sampai kelembabannya hilang. Hati-hati saat membersihkan noda minyak, karena jika menggosoknya dengan serampangan, noda bisa semakin menyebar di permukaan sepatu.

Kemudian, oleskan bedak talek pada area yang diinginkan dan diamkan semalaman. Esok harinya, goyangkan sepatu dan singkirkan puing-puing bedak dengan sikat yang lembut.

5. Gunakan kulit pisang

Kulit pisang yang masih basah dapat digunakan untuk membersihkan sepatu kulit. Senyawa kulit pisang dapat membantu menghilangkan residu yang terakumulasi pada kulit, dan membuat bahan ini bertambah mengkilap.

Caranya pun mudah. Ambil kulit pisang dan gosokkan bagian putihnya ke permukaan sepatu. Lalu, poles bagian permukaan sepatu dengan kain katun sampai residu hilang. Letakkan sepatu di luar agar kering karena udara segar.

6. Pakai lemon atau jeruk nipis

Air perasan lemon atau jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur pada sepatu kulit. Cara penggunaannya juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Langkah paling awal ialah campur air bersih dengan perasan jeruk nipis atau lemon. Lalu, gunakan spon atau kain halus untuk mengoleskan larutan air dan perasan jeruk nipis/lemon ke kulit sepatu. Setelah noda di permukaan sepatu hilang, diamkan sejenak agar kering, tetapi jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung.

8. Pakai baking soda

The Spruce menuliskan jika terdapat lecet pada sepatu kulit, gunakan semir komersial dan cukup ikuti petunjuknya. Cara lainnya ialah memakai baking soda. Basahi kain lembut dengan air yang sudah bercampur dengan sedikit baking soda. Gosok perlahan area yang lecet. Bersihkan residu dengan kain bersih. Biarkan sepatu mengering dan kemudian gosok lagi dengan kain bersih.

7. Membersihkan bagian dalam sepatu

Bagian dalam sepatu kulit juga harus rutin dirawat. Membersihkan bagian dalam sepatu juga tidak terlalu sulit.

Caranya, mula-mula basahi kain bersih dengan air dan berikan beberapa tetes cairan pembersih yang mengandung amonia. Lalu, gosok bagian dalam sepatu dan biarkan kering di tempat teduh.

Ketika sepatu sudah kering, tuangkan soda kue ke bagian dalamnya. Kocok sampai soda kue bisa merata di bagian dalam sepatu. Biarkan semalaman dan buang soda kue pada esok harinya. Cara ini sekaligus bisa melenyapkan bau tidak sedap dari bagian dalam sepatu.


Baca juga artikel terkait SEPATU atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Addi M Idhom

DarkLight