Cara Bersihkan Sepatu Warna Putih Berbahan Kulit hingga Suede

Kontributor: Abdul Hadi, tirto.id - 21 Feb 2020 16:02 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Perusahaan sepatu seperti Converse, Adidas, dan Nike merekomendasikan untuk membersihkan sepatu secara manual tanpa bantuan mesin pembersih.
tirto.id - Saat ini, sepatu dengan warna putih sudah menjadi setelan pelengkap penting dalam berbusana. Warnanya yang netral menjadikan sepatu putih bisa disesuaikan dengan setelan baju cerah yang dikenakan.

Akan tetapi, sepatu dengan warna putih rentan terkena kotoran. Warnanya yang cerah lambat-laun akan memudar karena paparan noda. Oleh sebab itu, jika terkena kotoran, ia mesti segera dibersihkan agar nodanya tidak bandel menempel.

Di sisi lain, sepatu putih memiliki cara tersendiri untuk membersihkannya. Tiap bahan yang digunakan untuk pembuat sepatu memiliki karakteristik khusus dan membutuhkan perlakukan berbeda dari bahan lainnya. Jika dibersihkan dengan benar, warnanya akan cerah dan kembali putih bersih.

Dilansir dari Good House Keeping, beberapa perusahaan sepatu seperti Converse, Adidas, dan Nike merekomendasikan untuk membersihkan sepatu secara manual tanpa bantuan mesin pembersih. Hal ini dikarenakan mencuci sepatu menggunakan mesin pembersih berisiko merusak lapisan dan bahan penyusun sepatu tersebut.

Lantas bagaimana cara membersihkan dan mengembalikan warna pada sepatu berwarna putih? Laman Real Simple menuliskan beberapa tips yang dapat Anda terapkan bagi sepatu dengan bahan kulit, kanvas, dan suede yang berwarna putih

Cara Membersihkan Sepatu Berwarna Putih Berbahan Kulit

Material kulit adalah bahan yang mudah untuk dibersihkan karena ia tidak menyerap air sebanyak bahan-bahan lainnya. Membersihkannya juga tidak terlalu rumit. Langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pembersihan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah handuk, sabun ivory, potongan kain, dan spons pembersih serbaguna. Kemudian, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

1. Singkirkan kotoran di permukaan sepatu

Basahi handuk yang sudah disiapkan, kemudian peras airnya. Gunakan handuk yang lembab tersebut untuk mengelap kotoran di permukaan sepatu.

Setelah kotoran tersingkir, biarkan sepatu Anda mengering setidaknya dalam waktu 10 menit.

2. Bersihkan sol sepatunya

Basahi spons pembersih serbaguna, direkomendasikan yang bermerk Mr. Clean Magic Eraser. Kemudian, gosok sol sepatu menggunakan spons tersebut hingga noda membandel di sol sepatu menghilang.

3. Gosok sepatu dengan sabun

Basahi potongan kain yang sudah disiapkan sebelumnya, dan bubuhi dengan sabun ivory. Dengan gerakan lembut, gosok permukaan atas sepatu hingga warnanya cerah kembali. Lap juga sisa-sisa air yang tertinggal di sepatu dengan kain.

Setelah melakukan langkah ini, biarkan sepatu Anda mengering setidaknya dalam waktu 10 menit.

Pembersihan sepatu dengan cara seperti ini dilakukan sesuai tingkat kekotoran sepatu Anda. Jika masih tersisa noda membandel, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas beberapa kali hingga warna sepatu Anda kembali putih seperti semula.

Cara membersihkan sepatu berwarna putih berbahan kanvas

Membersihkan noda dan kotoran di sepatu berbahan kanvas lebih sulit daripada sepatu berbahan kulit. Namun, dengan sedikit usaha, Anda dapat mengembalikan warnanya cerah kembali.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Baking soda dan cuka putih adalah dua bahan penting untuk membersihkan sepatu putih berbahan kanvas. Selanjutnya, Anda dapat menerapkan langkah-langkah berikut:

1. Campurkan baking soda dan cuka putih

Tuangkan baking soda sebanyak satu sendok makan, lalu campurkan dengan dua sendok makan cuka putih ke dalam secangkir air panas. Kemudian, aduk hingga merata.

2. Gosok sepatu dengan kain atau sikat gigi

Gunakan carikan kain atau sikat gigi beserta odol untuk menggosok kotoran di sepatu Anda. Selain itu, tambahkan juga campuran baking soda dan cuka yang sudah disiapkan untuk menggosok permukaan sepatu.

Campuran baking soda ini akan mengering dengan cepat. Karenanya, setelah yakin permukaan sepatu bersih, singkirkan sisa-sisa pasta gigi yang menempel di sepatu. Lalu, biarkan sepatu Anda mengering setidaknya dalam durasi 10 menit.

Cara membersihkan sepatu berwarna putih berbahan suede

Membersihkan sepatu berbahan suede agak lebih rumit dari sepatu berbahan lainnya karena ia rentan terpapar noda dan mudah kotor. Karenanya, jika diperhatikan biasanya sepatu berbahan suede jarang menjadi cerah warnanya kendati sudah dibersihkan.

Namun, beberapa tips di bawah ini dapat Anda lakukan untuk mengembalikan warna putih sepatu berbahan suede Anda.

1. Siapkan bahan-bahan diperlukan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan sepatu berbahan suede adalah kain lembut, penghapus pensil, cuka putih, dan penggosok suede.

2. Lap permukaan sepatu suede Anda

Mulailah dengan mengelap permukaan sepatu suede Anda untuk menghilangkan bagian-bagian lembabnya. Kemudian, gosok dengan lembut kotoran yang ada dengan penghapus pensil.

3. Keringkan dengan handuk

Tempatkan handuk di lokasi kotoran dan noda di sepatu suede Anda. Pastikan untuk tidak menggosok kotoran tersebut untuk mencegah nodanya tidak menyebar ke bagian lain sepatu. Kemudian, singkirkan sisa-sisa kotoran yang tersisa.

4. Gosok lembut dengan cuka putih

Basahi kain lembut dengan cuka putih, lalu gosok sisa-sisa noda yang ada di sepatu suede Anda. Jika sudah bersih, keringkan sepatu Anda setidaknya dalam durasi 10 menit.

Kemudian, gosok lagi bagian luar sepatu menggunakan penggosok suede untuk mengembalikan tekstur beludrunya.


Baca juga artikel terkait CARA MEMBERSIHKAN SEPATU atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight