Cara Jawab Pertanyaan Kapan Nikah dengan Elegan Saat Lebaran 2022

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari - 27 Apr 2022 10:20 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sebelum menjawab pertanyaan kapan nikah, tak ada salahnya Anda mulai menarik nafas terlebih dahulu agar suasana hati tetap baik.
tirto.id - Kapan nikah menjadi pertanyaan yang sering kali merusak mood atau suasana hati saat berkumpul bersama keluarga besar pada momen Lebaran.

Tak jarang pertanyaan yang keluar dari mulut tante, sepupu, paman atau bibi itu menjadi momok bagi mereka yang masih jomblo atau memutuskan untuk tidak menikah. Lantas bagaimana sebaiknya kita menjawab pertanyaan tersebut dengan elegan dan tak merusak suasana hati kita.

Sebelum menjawab pertanyaan kapan nikah, tak ada salahnya Anda mulai menarik nafas terlebih dahulu agar suasana hati tetap baik.

Kemudian, berikut beberapa tips atau cara menjawab pertanyaan kapan nikah yang sering kali ditanyakan saat kumpul bersama keluarga besar pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022.

1. Mintalah kontribusi

Anda bisa menjawab pertanyaan kapan nikah dengan kalimat “Aku akan menikah setelah tante menandatangani cek kosong untukku"

Dilansir dari laman India Times, pernikahan itu mahal dan jika mereka benar-benar mengkhawatirkan pernikahan Anda, jangan berpikir dua kali untuk meminta kontribusi yang cukup besar.

Jika mereka mencoba melarikan diri dari Anda, datangi mereka lagi dan ulangi permintaan Anda. Hingga mereka tak lagi bisa mengulang pertanyaan yang sama untuk Anda.

2. Jawab dengan teka teki

Dilansir dari laman Pop Xo jika pertanyaan kapan menikah keluar dari tante atau paman yang umurnya sudah cukup tua cobalah menjawab dengan kalimat "Ya, aku mungkin akan menikah saat Matahari terbit dari selatan dan Jupiter serta Neptunus berada pada sudut 35,7 derajat terhadap satu sama lain, jadi kapan itu akan terjadi? Kalau Paman bisa menjawab maka aku mungkin akan mempertimbangkan untuk menikah".

3. Jawab dengan gurauan

Jawaban lain yang bisa Anda berikan saat ditanya kapan akan menikah mungkin bisa dengan guraian “Oh, tunanganku tinggal di bawah air. Jadi aku belum bisa menikah sekarang”.

Jika Anda belum pernah melihat Shape of Water, cobalah untuk melihatnya. Katakan pada paman atau saudaramu yang usil bahwa kekasihmu adalah makhluk laut, dan tidak bisa bertahan hidup di permukaan, jangan lupa saat Anda mengatakan hal ini sempatkan untuk tersenyum kemudian pergilah untuk berbincang dengan saudara yang lain atau ambillah cemilan yang sedikit jauh dari tempat duduk Anda.

4. Libatkan binatang kesayangan Anda

Mendengar pertanyaan kapan nikah sering kali memang membuat jengah. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menampik pertanyaan katakanlah "Aku berencana menikah dalam waktu dekat, tetapi dengan kucing kesayanganku".

Jawaban ini mungkin akan terkesan konyol tapi saat orang mendengar jawaban Anda ini bisa saja membuatnya merasa tak enak hati dan tak akan lagi menanyakan pertanyaan kapan nikah kepada Anda.

5. Jawab dengan tanggal yang tak masuk akal

Jawaban lain yang bisa Anda berikan adalah "Aku berencana menikah tahun depan, tepatnya tanggal 30 Februari" lalu tersenyumlah. Jawaban ini mungkin terkesan serius dan meyakinkan, padahal tak akan pernah ada tanggal 30 Februari.


Baca juga artikel terkait KAPAN NIKAH atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight