Cara Ganti Password Facebook (FB) Agar Terhindar dari Peretasan

Oleh: iswarta bima - 21 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pengguna disarankan mengganti password FB (Facebook) secara berkala atau rutin agar terhindar dari ancaman peretas.
tirto.id - Facebook (FB) merupakan layanan jejaring sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Perkembangan zaman dan munculnya smartphone berbasis Android, turut memengaruhi ekosistem Facebook.

Pengguna Facebook kini banyak beralih ke aplikasi yang bisa diunduh di Play Store. Facebook Android pun laris manis dan memiliki jumlah instalasi lebih dari satu miliar kali.

Seiring waktu, fungsi Facebook pun juga berubah, semula hanya sebagai media komunikasi, kini untuk keperluan bisnis. Menjaga akun Facebook dari ancaman peretas pun cukup penting khususnya terkait kata sandi. Pasalnya, password yang lemah beresiko tinggi kena retas.

Melansir Smallseotools.com, salah satu cara menghindari peretasan yakni dengan mengganti kata sandi secara berkala. Pemilihan kata sandi yang rumit pun juga bisa menjadi penghalang para peretas. Gunakan kata sandi alfanumerik yakni kombinasi angka dan simbol khusus dengan huruf besar dan kecil.


Selain itu, agar keamaan akun Facebook lebih terjamin, jangan memilih password yang sama di Facebook dengan kata sandi di layanan lain, misalnya email. Karena hal ini sama saja memudahkan peretas yang ingin mencuri data dan informasi, melansir Technorms.

Adapun cara mengganti kata sandi Facebook di Android terbilang mudah dan simpel. Meski begitu, tidak sedikit pengguna yang masih bingung mereset atau memutakhirkan password Facebook-nya.

Berikut langkah-langkah untuk mengganti kata sandi di aplikasi Facebook Android:

  1. Buka aplikasi Facebook Android
  2. Ketuk ikon tiga garis yang ada pada sisi kanan atas layar
  3. Dalam menu Pengaturan & Privasi pilih Pengaturan
  4. Cari Keamanan dan Login
  5. Dalam menu Login pilih Pilih Ubah Kata Sandi
  6. Setelah itu akan muncul tiga instruksi untuk menuliskan: (1) kata sandi saat ini, (2) kata sandi baru, dan (3) Tulis ulang kata sandi baru
  7. Lakukan instruksi itu dan pilih Simpan Perubahan jika sudah selesai

Terkait mengganti kata sandi Facebook secara berkala, tak ada aturan baku terkait itu, yang jelas, makin sering sangat dianjurkan. Umumnya mengubah password dilakukan sebulan atau dua pekan sekali.

Selain itu, mengganti kata sandi Facebook juga dianjurkan jika muncul aktivitas mencurigakan. Facebook biasanya akan mengirim email bila itu terjadi dan meminta pengguna segera mengganti password-nya saat itu juga.


Baca juga artikel terkait MEDIA SOSIAL atau tulisan menarik lainnya iswarta bima
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: iswarta bima
Penulis: iswarta bima
Editor: Ibnu Azis
DarkLight