Cara Dowload Foto dan Video di Status WhastApp (WA) Tanpa Aplikasi

Kontributor: iswarta bima - 8 Agu 2019 18:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara ambil video status WA termasuk foto tak membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga.
tirto.id - Cara ambil atau download status di WhatsApp (WA), baik itu foto maupun video sebenarnya tak membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Sebab, aplikasi tambahan terkadang membuat ponsel menjadi lambat, khususnya di perangkat dengan kapasitas RAM terbatas.

Status WhatsApp secara default hanya diaktifkan antara dua pengguna yang masing-masing memiliki rincian kontak di buku alamat. Jika tak menyimpan nomor ponsel orang lain di kontak, maka mereka tak dapat melihat update status yang diunggah, Makeuseof melasir, Kamis (8/8/2019).

Permasalahannya, status itu hanya bisa dilihat dan tidak secara otomatis tersimpan di galeri. Hal ini berbeda jika membuka gambar maupun video melalui pesan pribadi atau grup, yang otomatis akan tersimpan otomatis di galeri ponsel.


Berikut ini cara menyimpan foto atau video di status WA tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

  1. Cari status kontak yang ingin di-download dan buka status itu
  2. Buka aplikasi File Manager. Sebagai informasi, aplikasi ini umumnya pre-installed atau bawaan di smartphone
  3. Cari folder WhatsApp di dalam aplikasi File Manager
  4. Pilih folder Media
  5. Pilih folder Statuses
  6. Foto dan gambar status teman yang sudah dilihat akan tersimpan di folder Statuses
  7. Salin atau pindahkan ke lokasi yang diinginkan

Sebagai catatan, merek smartphone tertentu terkadang hanya menampilkan beberapa folder. Hal ini dikarenakan ada file tersembunyi di media penyimpanan internal. Untuk mengatasinya, aktifkan opsi 'show hidden files' terlebih dahulu di File Manager.

Fitur Status semula hanya untuk membagikan teks saja. Pada 2017, WhatsApp memutakhirkan fitur ini dengan kemampuan berbagi foto, gambar GIF, video, tautan, atau bahkan video, India Today melansir. Adapun pembaruan status itu akan hilang dalam waktu 24 jam setelah diunggah.

Sekilas, fitur Status di WhatsApp mirip dengan Stories di Instagram. Ini tak mengherankan lantaran WhatsApp dan Instagram dimiliki oleh perusahaan sama, Facebook, yang mengakuisisinya secara berturut-turut pada 2012 dan 2014.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya iswarta bima
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: iswarta bima
Penulis: iswarta bima

Fotografer:Ibnu Azis
DarkLight