Cara Donasi untuk Musisi Lewat Fitur Spotify COVID-19 Music Relief

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 26 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Para pendengar musik bisa melakukan donasi untuk musikus lewat aplikasi Spotify COVID-19 Music Relief.
tirto.id - Aplikasi musik streaming Spotify mengajak para penikmat musik dunia lakukan donasi untuk para musisi dengan fitur Spotify COVID-19 Music Relief.

Sejak pandemi virus corona, banyak para seniman dan musikus yang harus menunda berbagai tur yang telah diagendakan. Akibatnya, tidak sedikit dari mereka yang kehilangan sumber pendapatan utama.

Salah satunya adalah para musisi Inggris yang kehilangan £13,9 juta atau setara dengan Rp247 miliar (kurs 17.837) akibat penyebaran pandemi virus corona COVID-19.

Spotify COVID-19 Music Relief diluncurkan sejak Rabu (25/3/2020) yang merekomendasikan organisasi terverifikasi untuk menawarkan bantuan finansial kepada para komunitas musik yang paling membutuhkan di seluruh dunia.

Beberapa organisasi tersebut antara lain adalah MusiCares, PRS Foundation, dan Help Musicians. Namun, pihak Spotify juga berharap lebih banyak mitra dari berbagai belahan dunia yang dapat bergabung dalam melakukan penggalangan dana tersebut.

Spotify akan memberikan sumbangan kepada berbagai organisasi tersebut untuk kemudian diberikan kepada para musisi yang membutuhkan. Di sisi lain, data jumlah sumbangan akan diunggah dan dicocokkan melalui laman Spotify COVID-19 Music Relief, dari dolar per dolar, hingga mencapai 10 juta dolar AS.


Jika Anda tertarik untuk melakukannya, berikut adalah langkah yang dapat ditempuh untuk berdonasi membantu musisi favorit Anda atau para musisi yang membutuhkan:

  1. Buka halaman www.covid19musicrelief.byspotify.com/en-us.
  2. Selanjutnya, klik ‘Get Started’ dan gulir ke bawah.
  3. Klik tombol donasi pada organisasi yang ingin Anda dukung.
  4. Donasi akan dilakukan langsung kepada organisasi tersebut melalui situs mereka yang telah terkoneksi dengan Spotify.
  5. Spotify akan mencocokkan donasi yang Anda berikan dengan organisasi yang terdaftar dalam dolar, hingga terkumpul donasi sejumlah 10 juta dolar AS.

Fitur Baru dari Spotify Creator Tools dan Spotify untuk Artis

Tidak hanya itu, Spotify juga akan meluncurkan fitur yang memungkinkan artis melakukan penggalangan dana langsung dari penggemar. Spotify akan memberikan kesempatan bagi para musisi untuk mengarahkan penggemar lakukan donasi sesuai pilihan mereka di halaman profil artis Spotify.

Hal ini akan memberikan kemampuan para musisi untuk menautkan halaman penggalangan dana yang terverifikasi untuk diri mereka sendiri, artis lain yang membutuhkan, atau berbagai hal lain. Fitur ini akan menjadi fitur opsional bagi para artis sehingga tidak akan ada perubahan pada profil mereka jika para artis memilih tidak berpartisipasi.

Sementara itu, beberapa Spotify Creator Tools seperti marketplace musik SoundBetter akan membagikan bagian pendapatannya, dan platform rekaman audio berbasis cloud, Soundtrap juga menawarkan uji coba gratis bagi para pendidik. Anchor juga akan membebaskan biaya pada fitur dukungan pendengarnya.


Baca juga artikel terkait SPOTIFY atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight