Menuju konten utama

Cara Daftar Ulang SPAN PTKIN IAIN Lhokseumawe 2023 dan Syaratnya

Berikut tata cara daftar ulang SPAN PTKIN IAIN Lhokseumawe 2023 beserta syaratnya dan nilai biaya kuliah atau UKT. 

Cara Daftar Ulang SPAN PTKIN IAIN Lhokseumawe 2023 dan Syaratnya
SPAN PTKIN. foto/span_umptkin

tirto.id - Cara daftar ulang SPAN PTKIN IAIN Lhokseumawe 2023 bisa dilakukan dengan mengunggah data dan berkas persyaratan di laman spmb.iainlhokseumawe.ac.id.

Pendaftaran ulang calon mahasiswa IAIN Lhokseumawe dari jalur SPAN PTKIN 2023 tersebut wajib dilakukan selama tanggal 10 April sampai 15 Mei 2023.

"Peserta yang tidak melakukan registrasi [daftar ulang] dalam batas waktu yang telah ditentukan, [akan] dinyatakan mengundurkan diri," demikian pengumuman di situs PMB IAIN Lhokseumawe.

Proses daftar ulang juga mesti didahului dengan pembayaran biaya kuliah IAIN Lhokseumawe yang berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk semester 1 (semester awal).

Pembayaran UKT IAIN Lhokseumawe bisa dilakukan melalui Rekening BSI Cabang Lhokseumawe, atas nama: BPN 089 IAIN LHOKSEUMAWE, dengan nomor rekening: 8908908956.

Ketentuannya yang perlu diperhatikan adalah di Slip Pembayaran UKT termuat Nama Mahasiswa, NISN, dan Nama Program Studi (prodi yang menerima mahasiswa).

Tahun ini IAIN Lhokseumawe menerima calon mahasiswa dari jalur SPAN-PTKIN sebanyak 1.840 orang. Mereka tersebar di 4 fakultas.

Rinciannya ialah di Fakultas Syariah (FASYA) sebanyak 360 mahasiswa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (828 mahasiswa), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (282 mahasiswa), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (370 mahasiswa).

Syarat Daftar Ulang SPAN PTKIN IAIN Lhokseumawe

Sebelum melakukan registrasi pendaftaran ulang di IAIN Lhokseumawe, para mahasiswa baru dari jalur SPAN PTKIN 2023 perlu menyiapkan sejumlah berkas dokumen persyaratan.

Berkas-berkas itu wajib diunggah dalam proses registrasi online untuk pendaftaran ulang. Berikut daftar dokumen yang perlu disiakan untuk daftar ulang SPAN PTKIN IAIN Lhokseumawe:

  • Surat Keterangan Lulus dari Sekolah/Madrasah yang dilegalisir;
  • Surat Pernyataan Menaati Peraturan dengan tanda tangan di atas materai Rp10.000, sesuai format yang ditentukan (Link Format Surat);
  • Kartu Keluarga (KK);
  • Slip Bukti Setoran UKT;
  • Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua dari Kepala Desa/Lurah;
  • Kartu KIP (jika ada);
  • Kartu PKH (jika ada);
  • SK Jabatan Terakhir (Bagi Orang Tua/Wali yang PNS/TNI/POLRI);
  • Pas Foto ukuran 3x4 layar merah terbaru.

Semua berkas di atas harus dikirim dalam bentuk format PDF atau JPEG (hasil scan atau foto) dan diunggah saat registrasi online di laman spmb.iainlhokseumawe.ac.id.

Ukuran file maksimal 2 MB. Penamaan file berkas-berkas persyaratan itu pun wajib mencantumkan NISN mahasiswa baru dan jenis dokumen, dengan contoh berikut:

  • 004518222SLIPUKT
  • 004518222KK
  • 004518222KTP
  • 004518222KIP
  • 004518222Pernyataan
  • 004518222PKH

Dalam proses registrasi online, calon mahasiswa juga perlu mengisi data: Nama, NIK, NISN, Data Orang Tua, Penghasilan Orang Tua yang Sebenarnya, dan Kartu KIP/PKH (jika mempunyai).

Selain berkas-berkas di atas, calon mahasiswa baru juga bisa menyiapkan dokumen untuk syarat daftar KIP Kuliah 2023. Pendaftaran KIP Kuliah hanya bisa dilakukan oleh mahasiswa baru dengan status sebagai pemegang atau peserta KIP/PKH/KKS/KJP.

Mendaftar KIP Kuliah amat bermanfaat meringankan biaya kuliah. Sebab, mahasiswa pemilik KIP-K dapat menjalani kuliah gratis sekaligus menerima bantuan biaya hidup berupa uang saku bulanan.

Berkas syarat daftar KIP Kuliah 2023 yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  • Form surat pernyataan Pakta Integritas yang ditandatangani dengan materai Rp10.000
  • Hasil scan KIP/PKH/KKS/KJP
  • Hasil scan Kartu Peserta SPAN PTKIN
  • Hasil scan Kartu Keluarga
  • Hasil scan sertifikat/piagam/penghargaan prestasi non-akademik
  • Hasil scan Slip Pembayaran UKT
  • Surat Keterangan Ranking dari Sekolah
  • Surat keterangan kematian dari RS atau pemerintah, jika orang tua sudah meninggal.

Biaya Kuliah IAIN Lhokseumawe

Sebelum melakukan pendaftaran ulang, calon mahasiswa baru perlu melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk biaya kuliah semester 1 di IAIN Lhokseumawe

Pembayaran UKT IAIN Lhokseumawe bisa dilakukan melalui Rekening BSI Cabang Lhokseumawe, atas nama: BPN 089 IAIN LHOKSEUMAWE, dengan nomor rekening: 8908908956.

Berikut daftar besaran UKT IAIN Lhokseumawe yang harus dibayarkan calon mahasiswa baru dari jalur SPAN PTKIN 2023.

1. Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum

  • Jurusan Hukum Keluarga Islam: Rp1.400.000
  • Jurusan Hukum Ekonomi Syariah: Rp1.400.000
  • Jurusan Hukum Tata Negara: Rp1.400.000
  • Jurusan Ilmu Falak Rp1.400.000:

2. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

  • Jurusan Pendidikan Agama Islam: Rp1.800.000
  • Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Rp1.600.000
  • Jurusan Pendidikan Bahasa Arab: Rp1.600.000
  • Jurusan Tadris Matematika: Rp1.600.000
  • Jurusan Tadris Bahasa Indonesia: Rp1.600.000
  • Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah: Rp1.600.000
  • Jurusan Manajemen Pendidikan Islam: Rp1.600.000
  • Jurusan Tadris Bahasa Inggris: Rp1.600.000

3. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah

  • Jurusan Bimbingan Konseling Islam: Rp1.500.000
  • Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam: Rp1.500.000
  • Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir: Rp1.400.000

4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

  • Jurusan Ekonomi Syariah: Rp1.800.000
  • Jurusan Perbankan Syariah: Rp1.600.000
  • Jurusan Akuntansi Syariah: Rp1.600.000

Cara Daftar Ulang SPAN PTKIN IAIN Lhokseumawe 2023

Cara daftar ulang SPAN PTKIN IAIN Lhokseumawe yang harus dilakukan secara online tidak terlalu sulit. Calon mahasiswa baru dari jalur SPAN PTKIN 2023 hanya mesti melakukan sejumlah langkah yang sudah ada keterangannya dalam sistem.

Tata cara pendaftaran ulang SPAN PTKIN IAIN Lhokseumawe 2023 adalah dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Login untuk daftar ulang

Buka laman web spmb.iainlhokseumawe.ac.id/login. Lalu, ketik nomor NISN di kolom ID Pendaftar, dan tanggal lahir di kolom PIN. Kemudian, klik LOGIN.

2. Mengisi Biodata

Isi data biodata mahasiswa secara valid dan benar sesuai kolom yang muncul. Cek juga data yang sudah tercantum, dan lakukan perbaikan apabila ada kesalahan. Jika sudah terisi semua klik tombol "SIMPAN DAN LANJUTKAN."

3. Mengunggah Berkas

Proses ini dimulai dengan mengunggah berkas Pas Foto, Bukti Pembayaran UKT, dan berkas-berkas persyaratan yang lain. Kolom data persyaratan dengan tanda bintang wajib untuk diisi dengan unggah berkas.

Perlu diingat, penamaan file berkas-berkas persyaratan itu wajib mencantumkan NISN mahasiswa baru dan jenis dokumen, dengan contoh:

004518222SLIPUKT

004518222KK

004518222KTP

004518222KIP

004518222Pernyataan

004518222PKH

4. Mengisi Data KIP-Kuliah

Tahap ini khusus dilakukan oleh calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar sebagai penerima KIP-Kuliah. Mereka yang dapat mendaftar adalah pemegang KIP/PKH/KKS/KJP.

Jika calon mahasiswa baru bukan pemegang KIP/PKH/KKS/KJP, klik tombol "Lewati Tahap Ini." Adapun jika berstatus jadi pemegang KIP/PKH/KKS/KJP, bisa klik "Daftar KIP Kuliah" dan kemudian mengunggah berkas.

Untuk berkas syarat KIP Kuliah, penamaannya juga menggunakan NISN dan jenis file. Jika sudah selesai Upload Cheklist Persetujuannya dan Simpan.

Berkas persyaratan daftar KIP Kuliah harus diunggah secara lengkap. Jika calon mahasiswa baru tidak bisa melengkapi berkas persyaratan tersebut, pilih klik tombol "Batal Mengikuti KIP Kuliah."

5. Pengumpulan Data

Di tahap ini, calon mahasiswa baru diminta memastikasn berkas unggahan sudah lengkap dan benar. Sebaiknya periksalah lagi data dan berkas dengan klik tombol "PERIKSA KEMBALI," kemudian lakukan perbaikan jika ada kesalahan.

Perlu diingat, setelah tanggal 16 Mei 2023, semua data mahasiswa baru akan dianggap benar dan tidak bisa diubah lagi jika ada kesalahan.

Jika sudah yakin dengan kebenaran data dan berkas, klik ceklist kotaj persetujuan, dan klik tombol "KUMPULKAN DATA."

6. Cek Hasil Seleksi

Di tahap ini laman akan menampilkan status calon mahasiswa baru yang lulus seleksi SPAN PTKIN 2023 beserta informasi prodi/jurusan yang menerimanya. Setelah cek data, klik kotak tanda persetujuan, dan klik tombol "LANJUTKAN."

7. Unggah Berkas Daftar Ulang

Pada tahap ini, mahasiswa baru diminta melengkapi unggahan berkas persyaratan daftar ulang di IAIN Lhokseumawe. Jika sudah mengunggah semua berkas yang diminta, klik tombol "SIMPAN" dan proses daftar ulang selesai.

Informasi selengkapnya bisa dicek melalui laman resmi IAIN Lhokseumawe, atau link ini.

Baca juga artikel terkait DAFTAR ULANG atau tulisan lainnya dari Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Penulis: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Editor: Addi M Idhom