Cara Daftar Ulang Peserta Lulus SNMPTN 2019 Universitas Brawijaya

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Daftar ulang bagi siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019 di Universitas Brawijaya Malang, bisa dilakukan mulai 25 Maret 2019 hingga 5 April 2019.
tirto.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019, hari ini, Jumat 22 Maret 2019 pukul 13.00 WIB.

Proses yang harus dilakukan bagi calon mahasiswa yang diterima adalah pendaftaran atau registrasi ulang.

Bagi calon mahasiswa Universitas Brawijaya, pendaftaran ulang secara online dilakukan mulai tanggal 25 Maret 2019 hingga 5 April 2019.

Berikut adalah syarat dan ketentuan Daftar Ulang bagi siswa yang dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa di Universitas Brawijaya.
  1. Pemberkasan secara online dengan login ke laman https://admisi.ub.ac.id mulai tanggal 25 Maret s/d 5 April 2019 dengan cara:
    1. Lakukan pembuatan akun baru dengan menggunakan alamat email yang valid. Tautan verifikasi akan dikirimkan melalui email.
    2. Login pada aplikasi admisi.ub.ac.id dan lakukan verifikasi pemberkasan SNMPTN dengan memasukkan Nama, No Pendaftaran, dan Tanggal Lahir sesuai dengan pendaftaran SNMPTN.
  2. Isilah seluruh isian berkas pada laman https://admisi.ub.ac.id secara benar, akurat, dan jujur.
  3. Setelah mengisi seluruh isian berkas, UNGGAH foto diri dan Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna dengan penjelasan sebagai berikut:
    1. Foto diri dengan ketentuan :
      1. Laki -laki (jas hitam, baju putih, dasi hitam, background merah, ukuran (4×6))
      2. Perempuan (jas hitam, baju putih, dasi hitam, background merah, ukuran ( 4×6))
      3. Perempuan berjilbab (jilbab warna putih, background merah, jas hitam tanpa dasi, ukuran (4×6))
      4. Ukuran berkas : 50 KB – 2 MB
    2. Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna WAJIB bagi prodi tertentu sesuai daftar Prodi yang mensyaratkan mahasiswa tidak buta warna.
  4. Bagi Calon Mahasiswa yang lolos SNMPTN pada program studi di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kedokteran Hewan WAJIB
    1. Membawa surat keterangan bebas narkoba dan NAFSA dari Rumahsakit Pemerintah/Instansi yang berwenang;
    2. Mengikuti tes Kesehatan dan Psikotes pada tanggal 27-29 Maret 2019, di rumah sakit atau poliklinik yang ditunjuk oleh UB, pembagian jadwal lihat pada laman https://selma.ub.ac.id, dengan biaya tes kesehatan ditanggung sendiri oleh Calon Mahasiswa.
    3. Jika tidak hadir pada saat test kesehatan dan psikotest (poin 4.b) pada tanggal yang telah ditentukan maka dianggap mengundurkan diri dari UB
  5. Kemudian CETAK surat pernyataan dan surat keterangan berikut:
    1. Surat Pernyataan Kebenaran Pengisian Data
    2. Surat Keterangan Penghasilan Penanggung Biaya Pendidikan
  6. Scan dan Unggah berkas diatas (poin 5) setelah ditandatangani di atas materai sebagai tanda Anda telah melakukan pemberkasan online.
  7. Setelah calon mahasiswa menyelesaikan proses pada poin 1 hingga 6, selanjutnya:
    1. Wajib mengirimkan FOTOCOPY Rapor mulai semester 1-5 yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah dan Portofolio Asli (bagi yang diterima di Senirupa) paling lambat tanggal 12 April 2019 (Cap Pos) ke:
      Bagian Akademik, Rektorat Lantai II,
      Universitas Brawijaya,
      Jl Veteran, Malang 65145
    2. Melihat pengumuman penetapan UKT Proporsional dengan login ke situs https://admisi.ub.ac.id pada 12 April 2019 dan melihat informasi UKT di Dashboard.
    3. Membayar biaya UKT yang telah ditetapkan dengan tata cara yang akan diumumkan kemudian pada laman http://selma.ub.ac.id.
  8. Lain-lain :
    • Setiap calon mahasiswa yang tidak dapat memenuhi ketentuan pengumuman ini dinyatakan mengundurkan diri sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya ;
    • Jika ada pengumuman atau perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian melalui laman http://selma.ub.ac.id ;
    • Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan pada form berikut
Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Ravik Karsidi menyatakan terdapat 92.331 siswa yang lulus seleksi SNMPTN 2019.

"Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia adalah sebanyak 92.331 siswa," katanya dalam konferensi pers Pengumuman Hasil SNMPTN di Jakarta, Jumat (22/3/2019).


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight