Pengumuman SNMPTN 2019: Jadwal dan Ketentuan Daftar Ulang di UNHAS

Oleh: Yulaika Ramadhani - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal dan ketentuan registrasi ulang calon mahasiswa di Unhas
tirto.id - Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) disampaikan hari ini, 22 Maret 2019 pukul 13.00 WIB.

Proses yang harus dilakukan bagi calon mahasiswa yang diterima adalah pendaftaran atau registrasi ulang. Khusus untuk calon mahasiswa Universitas Hasanuddin, pengisian formulir pendaftaran ulang secara online dilakukan di laman http://unhas.ac.id/pmb dari tanggal 08 hingga 5 April 2019.

Sementara itu, Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Dwia Aries. Tina Pulubuhu menyatakan ketentuan registrasi ulang calon mahasiswa dalam siaran pers yang diterima pada Jumat (22/3/2019).

Berikut jadwal dan ketentuan registrasi ulang calon mahasiswa di Unhas:
  1. Mengisi formulir pendaftaran ulang secara Online di http://unhas.ac.id/pmb tanggal 08–15 April 2019;
  2. Mengikuti Verifikasi Tahap I (Verifikasi rapor, prestasi akademik lain) di Gedung Registrasi Unhas Kampus Tamalanrea sesuai jadwal masing-masing calon di laman http://unhas.ac.id/pmb/ (terlampir di surat panggilan) dengan membawa kelengkapan seperti pada Poin Tahap I Lampiran-3;
  3. Jika lolos verifikasi Tahap I, maka Saudara harus mengikuti Verifikasi UKT di Gedung Registrasi Unhas Kampus Tamalanrea sesuai jadwal masing-masing calon di laman http://unhas.ac.id/pmb/ (terlampir di surat panggilan) dengan membawa kelengkapan seperti pada Lampiran-4;
  4. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Verifikasi Tahap I dan Tahap II membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) di bank BTN (seluruh cabang) dengan membawa Slip Pembayaran (didownload di laman http://unhas.ac.id/pmb/) pada tanggal 12 - 22 Juni 2019 dengan rincian seperti pada Lampiran-1.
  5. Mendaftarkan diri di Gedung Registrasi Unhas Kampus Tamalanrea sesuai jadwal masing-masing calon di laman http://unhas.ac.id/pmb/ (terlampir di surat panggilan) dengan membawa kelengkapan seperti pada Lampiran-3 (Tahap III);
  6. Pada saat Verifikasi Tahap III, calon penerima Beasiswa Bidikmisi diharuskan membawa kelengkapan seperti yang tertera pada Lampiran-4 untuk diverifikasi oleh Tim Verifikasi;
  7. Mengikuti pemeriksaan kesehatan saat mendaftar (poin 5), yang dilakukan oleh Tim Kesehatan Universitas Hasanuddin;
  8. Berpakaian rapi dan sopan (tidak mengenakan kaus oblong), baju putih lengan panjang, celana kain hitam untuk laki-laki, rok panjang hitam untuk wanita dan memakai sepatu;
"Jika Saudara tidak hadir tepat waktu atau tidak dapat memenuhi ketentuan-ketentuan di atas, maka hak Saudara sebagai calon mahasiswa baru Universitas Hasanuddin tahun akademik 2019/2020 dinyatakan gugur," kata Dwie Aries.


Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Ravik Karsidi menyatakan terdapat 92.331 siswa yang lulus seleksi SNMPTN 2019.

"Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia adalah sebanyak 92.331 siswa," katanya dalam konferensi pers Pengumuman Hasil SNMPTN di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi jumlah pendaftar SNMPTN 2019 yaitu sebanyak 478.608 siswa. Sementara, dari jumlah total tersebut, yang dinyatakan lulus bidikmisi adalah sebanyak 26.217.Ketua
"Peserta lulus SNMPTN 2019 wajib hadir pada saat registrasi (daftar ulang) pada waktu dan tempat sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN," ujar Ravik.

Ia menegaskan, pengumuman registrasi ulang peserta lulus SNMPTN 2019 bisa dicek melalui website masing-masing PTN tujuan.

"Kehadiran pada saat registrasi menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPT 2019 sebagai proses mahasiswa di PTN tujuan," kata Ravik.

Ravik melanjutkan, peserta lulus SNMPTN 2019 akan dinyatakan diterima di PTN dengan syarat memenuhi beberapa ketentuan.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH