Ketentuan Daftar Ulang di UI Usai Lolos SNMPTN 2019

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Calon mahasiswa baru yang lolos SNMPTN 2019 diwajibkan hadir dan tidak dapat diwakilkan saat daftar ulang.
tirto.id - Siswa yang dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 harus melakukan daftar ulang di masing-masing PTN. Verifikasi dokumen dan/atau pendaftaran ulang dilakukan sesuai dengan ketentuan tiap PTN.

"Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN," tulis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di situs web resminya.

Mahasiswa UI yang akan melakukan daftar ulang, perlu membawa kelengkapan pendaftaran sebagai berikut.
  1. Kartu Tanda Peserta SNMPTN tahun akademik 2019.
  2. Rapor asli dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi.
  3. Surat Keterangan Kepala Sekolah, jika ada kesalahan data diri pada saat pendaftaran online SNMPTN.
Calon mahasiswa baru diwajibkan hadir dan tidak dapat diwakilkan. Daftar ulang dilakukan di Balairung UI, Kampus UI, Depok. Jadwal daftar ulang dan verifikasi dokumen bagi tiap siswa berbeda-beda, kisaran pada 25-28 Maret 2019.

Untuk mengetahui jadwal dan jam daftar ulang, siswa diminta untuk memasukkan nomor ujian pada laman penerimaan.ui.ac.id, kemudian pilih jalur SNMPTN.

Calon mahasiswa baru dianggap mengundurkan diri apabila tidak mengikuti proses verifikasi rapor.

Ketua LTMPT Ravik Karsidipeserta lulus SNMPTN 2019 akan dinyatakan diterima di PTN dengan syarat memenuhi beberapa ketentuan.

Pertama, lolos verifikasi data akademik (rapor) dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) dan persyaratan lain yang ditentukan PTN tempat peserta SNMPTN diterima.

Kedua Peserta Bidikmisi harus lolos verifikasi terhadap data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen atau kunjungan ke alamat tempat tinggal peserta.

"Bagi peserta SNMPTN yang terlah dinyatakan lulus, tidak diperbolehkan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019," ujar Ravik.

Sementara siswa yang gagal atau tidak lulus SNMPTN 2019 masih mendapat kesempatan untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I yang akan ditutup pada minggu 24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB.

Sedangkan pendaftaran UTBK Gelombang II dibuka mulai Senin 25 Maret 2019 pukul 22.00 WIB

"Siswa pendaftar Bidikmisi yang tidak lulus Snmptn 2019, apabila mengikuti UTBK tidak dikenakan biaya pendaftaran," ujar Ravik.

Cek hasil SNMPTN 2019 pada aplikasi berikut:

Baca juga artikel terkait SNMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight