Cara Cek Prakiraan Cuaca dari BMKG Sebelum Mudik Lebaran 2022

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari - 28 Apr 2022 11:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memantau prakiraan cuaca dari BMKG sebelum mudik Lebaran 2022, mulai dari web resmi hingga aplikasi BMKG.
tirto.id - Puncak arus mudik Lebaran 2022 diprediksi akan terjadi pada 29 dan 30 April 2022 sedangkan arus balik Lebaran 2022 akan terjadi pada 7-8 Mei 2022.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa prakiraan cuaca di sejumlah daerah pada 29 April mendatang diprediksi akan mengalami hujan.

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan hujan disertai angin di pelabuhan Merak pada Rabu (27/4/2022) ramai menjadi perbincangan warganet di sosial media Twitter.

Sehingga penting untuk memantau dan mengetahui prakiraan cuaca sebelum mudik Lebaran 2022 agar perjalanan lebih nyaman dan aman.

Cara cek prakiraan cuaca resmi dari BMKG



Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memantau prakiraan cuaca dari BMKG, yaitu.

1. Cek laman resmi BMKG

Guna memantau prakiraan cuaca yang akan terjadi pada pagi, siang hingga malam hari saat Anda berencana untuk mudik Lebaran 2022, tak ada salahnya untuk mengunjungi laman resmi BMKG.

Caranya adalah buka link https://www.bmkg.go.id/ kemudian pada bagian atas pilih Cuaca lalu klik pada tulisan Prakiraan Cuaca Indonesia.

Setelah itu akan muncul prakiraan cuaca di beberapa kota besar yang ada di Indonesia, seperti Jakarta, Jogja, Surabaya, Makassar hingga Kota Jayapura.

Anda juga bisa melihat lebih detail tentang prakiraan cuaca di kota atau kabupaten yang ada di 34 provinsi di Indonesia dengan memilih "Provinsi Lainnya" yang ada di bagian bawah laman berikut ini.

2. Download aplikasi BMKG

Prakiraan cuaca resmi dari BMKG juga bisa diakses melalui aplikasi resmi Info BMKG. Info BMKG adalah sebuah aplikasi mobile yang berbasis Android dan iOs yang menyajikan informasi mengenai cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Bagi Anda pengguna Android, berikut link download aplikasi Info BMKG.

Bagi Anda pengguna iOs, berikut link download aplikasi Info BMKG.

3. Pantau twitter resmi BMKG

Prakiraan cuaca hingga update info soal peringatan dini terkait cuaca ekstrem bisa Anda akses melalui akun Twitter resmi BMKG di https://twitter.com/InfoHumasBMKG dan https://twitter.com/infoBMKG.


Baca juga artikel terkait LEBARAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight