Cara Cek Data Facebook Bocor

Oleh: Yulaika Ramadhani - 11 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Akun-akun yang terdampak akan mendapat notifikasi bahwa mereka pernah log in ke aplikasi This Is Your Digital Life
tirto.id - Facebook mulai 9 April 2018 memberi informasi para pengguna mereka, terkait apakah data mereka aman atau telah bocor dan disalahgunakan Cambridge Analytica.

Sejumlah laman melaporkan akun-akun yang terdampak akan mendapat notifikasi bahwa mereka pernah log in ke aplikasi This Is Your Digital Life. Namun, jika akun pengguna aman, kita tidak mendapatkan pemberitahuan tersebut.

Jika kita khawatir terhadap keamanan akun Facebook, kita bisa mengunjungi Help Centre atau Pusat Bantuan Facebook, dengan memilih menu tanda tanya di bagian atas Facebook.

Selanjutnya, ketik Cambridge Analytica di kolom pencarian Help Centre. Setelah muncul, pilih see more kemudian klik pilihan pertanyaan mengenai apakah informasi Anda dibagikan ke organisasi tersebut.

Sebagaimana dilaporkan Antara, jika kita menemukan bahwa akun kita aman dan tidak terdampak, makan akan muncul pemberitahuan "berdasarkan rekaman kami yang ada, Anda maupun teman Anda tidak pernah masuk ke This Is Your Digital Life."

Hasilnya, informasi Facebook Anda tidak dibagikan ke Cambridge Analytica melalui This Is Your Digital Life.

NPR juga melaporkan kasus lainnya, akun yang tidak terdampak, namun di Facebook pernah log in, maka informasi yang bocor pada Cambridge Analytica di antaranya adalah laman yang disukai, ulang tahun, dan kota tempat tinggal.


Masih di laman Help Centre, Facebook juga memberi tawaran kita untuk meninjau ulang informasi yang dibagikan ke aplikasi dan situs, jika kita pernah menggunakan akun Facebook untuk masuk ke akun lain, misalnya situs game atau situs belanja.

Jika kita tidak ingin aplikasi atau situs tersebut mendapatkan informasi, kita bisa menghapusnya di menu pilihan Apps and Websites. Menu Apps and Websites juga bisa diakses melalui setting, klik tanda panah di menu atas.

Terkait pengaturan iklan, di setting, kita bisa pilih menu Ad Preferences. Di sana, kita bisa melihat iklan apa saja yang pernah masuk ke akun. Kita bisa menghapus jika tidak mau.

Untuk pengaturan privasi, kita bisa mengatur informasi apa saja yang akan muncul di lini masa Facebook. Kita bisa menggunakan View As untuk melihat seperti apa tampilan akun Facebook kita jika dilihat melalui akun teman.


Baca juga artikel terkait SKANDAL FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight