Cara Cek Akreditasi Perguruan Tinggi dan Prodi di banpt.or.id

Penulis: Ibnu Azis - 13 Jan 2022 16:59 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Agar cara cek akreditasi perguruan tinggi dan prodi di banpt.or.id lebih akurat, ada 2 tips yang perlu calon mahasiswa baru cermati. Berikut panduannya.
tirto.id - Cara cek akreditasi perguruan tinggi dan prodi di banpt.or.id perlu siswa ketahui mengingat penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 akan segera dibuka.

Akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan oleh badan yang berwenang. Pengakuan diberikan setelah lembaga pendidikan dinilai memenuhi syarat.

Soal akreditasi perguruan tinggi dan prodi (program studi) di Indonesia yang berwenang memberikan pengakuan adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau disingkat BAN-PT.

Dikutip dari situs web resminya, BAN-PT memiliki visi menjadi lembaga akreditasi perguruan tinggi yang independen, kredibel, dan akuntabel, serta diakui pada tataran global.

BAN-PT juga memiliki sejumlah misi, yakni membangun budaya mutu di pendidikan tinggi; mengembangkan sistem akreditasi sebagai pelaksanaan penjaminan mutu eksternal; melaksanakan akreditasi secara, efisien, handal, serta akurat; dan Mengembangkan lembaga akreditasi mandiri yang bermutu.


Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi dan Prodi?


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 5 Tahun 2020 menjelaskan lebih detail soal akreditasi prodi dan perguruan tinggi.

Akreditasi prodi adalah penilaian untuk menentukan kelayakan sebuah prodi. Demikian pula akreditasi perguruan tinggi, digunakan untuk menilai kelayakan lembaga pendidikan tinggi.

Ada dua tujuan pemberlakuan akreditasi kepada lembaga pendidikan, yaitu:

  • Menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi
  • Menjamin mutu prodi dan perguruan tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat


Mengapa Perlu Mengetahui Akreditasi Perguruan Tinggi dan Prodi?


Terdapat sejumlah alasan mengapa akreditasi adalah hal yang penting dipertimbangkan calon mahasiswa baru saat mencari tempat kuliah.

Dengan mengetahui akreditasi perguruan tinggi yang dituju, calon mahasiswa dapat mengetahui mutu dari lembaga pendidikan tersebut, termasuk semua komponen yang ada di dalamnya, macam dosen, fasilitas belajar, kualitas sarana dan prasarana, hingga rekam jejak alumni.

Selain itu, dengan ada akreditasi, pemerintah bisa menetapkan standardisasi dan menjamin mutu lulusan suatu lembaga pendidikan tinggi.


Cara Cek Akreditasi di banpt.or.id


Kewenangan BAN-PT untuk menentukan akreditasi prodi maupun perguruan tinggi diatur dalam Permendikbud Nomor 28 Tahun 2005. Proses akreditasi memiliki sejumlah alur yang melibatkan tiga pihak, yakni perguruan tinggi, BAN-PT, dan asesor.

BAN-PT secara rutin memutakhirkan data akreditasi perguruan tinggi dan prodi. Sebab, umumnya lembaga pendidikan melakukan proses akreditasi ke BAN-PT setiap lima tahun sekali. Jika lewat, status akreditasi bakal kadaluarsa.

Berikut cara cek akreditasi perguruan tinggi dan prodi di banpt.or.id:

  1. Kunjungi situs BAN-PT di sini
  2. Pada menu “Data Akreditasi” pilih sub-menu “Pencarian Data Akreditasi (Histori)”
  3. Pada laman berikutnya muncul kolom bertuliskan “Perguruan Tinggi” lalu isi nama perguruan tinggi yang dituju
  4. Lalu, data akan otomatis menunjukkan akreditasi perguruan tinggi tersebut
  5. Masih pada laman yang sama, juga muncul kolom “Program Studi” lalu isi prodi yang dituju. Data akan menunjukkan akreditasinya
  6. Bila masih ingin mencari akreditasi perguruan tinggi lainnya, hapus nama perguruan tinggi atau prodi yang sebelumnya dituliskan, lalu ganti dengan yang lain

Jika ingin mencermati akreditasi perguruan tinggi maupun prodi secara umum, bisa dengan memilih menu “Institusi (Terkini)” atau “Program Studi (Terkini)”. Lalu, bakal muncul tabel yang berisi daftar prodi dan perguruan tinggi di Indonesia beserta nilai akreditasinya.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2022 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Yantina Debora

DarkLight